Perkembangan teknologi ponsel dalam skala global mengakibatkan persaingan ketat antara vendor-vendor yang memproduksi perangkat smartphone ataupun komponen yang dipakainya. Nah, salah satu perakit komponen ponsel pintar terkemuka asal Tiongkok, MediaTek, belum lama ini melakukan manuver luar biasa dengan merilis Smartphone Berprosesor 10 Inti. Ya, 10 inti atau dalam bahasa teknologinya Deca-core. Prosesor ini diklaim sebagai prosesor mobile tercanggih saat ini. Prosesor yang dinamai Helio X20 oleh MediaTek ini merupakan prosesor yang memiliki 10 inti pertama di dunia.

Smartphone Berprosesor 10 Inti

Bisa dibayangkan kecepatan dan efisiensi yang dihasilkan oleh prosesor dengan 10 inti ini jika dengan prosesor 8 inti saja sudah sedemikian luar biasa. Pertanyaan selanjutnya adalah ponsel pintar mana yang beruntung ‘kebagian jatah’ untuk menyuntikkan prosesor ini ke dalamnya? Tak disangka, bukan brand besar dan terkenal, ponsel yang beruntung menggunakan MediaTek Helio X20 adalah Elephone dengan serinya Elephone P9000. Bukan merupakan vendor ponsel terkenal di dunia, namun, Elephone P9000 bisa diklaim sebagai smartphone pertama di dunia yang mempelopori penggunaan prosesor 10 inti. Meskipun belum rilis secara resmi, namun ponsel ini cukup menarik perhatian masyarakat pecinta gadget, terutama di negeri asalnya Tiongkok. Mau tahu lebih jauh mengenai Smartphone pertama di dunia yang menggunakan prosesor 10 inti ini? Simak ulasan kami di bawah ini.

Smartphone Berprosesor 10 Inti dengan Performa Beringas

Desain
Meskipun belum secara jelas terlihat penampakannya, desain Smartphone berprosesor 10 inti disebut-sebut bakal lebih elegan dari seri-seri sebelumnya. Dengan layar 5,5 inci, hampir seluruh muka ponsel tertutup oleh layar touchscreen sehingga membuat ponsel terlihat sangat modern. Di bagian muka, hanya bagian atas untuk kamera, LED flash dan speaker, serta bagian bawah untuk fungsi operasional, yang tidak tertutup oleh touchscreen dari Elephone P9000 ini. Desainnya pun tipis sehingga sangat pas di genggaman. Untuk detail ukurannya, sejauh ini belum ada rilis resmi dari pihak Elephone.

Smartphone Berprosesor 10 Inti

Penyimpanan
Terdapat memori atau penyimpanan yang cukup longgar di smartphone Elephone P9000. Internal memori yang dimiliki mencapai 32GB yang sangat besar untuk menyimpan aplikasi-aplikas besar sekalipun. Anda juga bisa menyimpan file foto, video, hingga ribuan dokumen di dalam memori internal yang tersedia. Jika terasa kurang, tersedia pula slot untuk MicroSD untuk eksternal memori hingga 128GB. Kapasitas tersebut mungkin lebih dari cukup untuk hanya sebuah mobile phone. Untuk menunjang kecepatan transfer data, RAM 4GB disediakan oleh Elephone P9000 ini.

Layar
Seperti sudah diketahui, Elephone P9000 ini menggunakan layar IPS LCD capacitive touchscreen berukuran 5,5 inci. Layarnya dilengkapi dengan fitur Full HD dengan resolusi 1920 x 1080 piksel atau memiliki kerapatan piksel sebesar 403 ppi. Dengan layar yang cukup lebar akan membuat pemakai mendapatkan pengalaman bermain game yang memuaskan. Selain itu, layar 5,5 inci juga cukup ideal untuk melakukan browsing internet. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil itulah layar Smartphone berprosesor 10 inti yang dimiliki Elephone P9000 sehingga nyaman untuk dibawa kemana-mana.

Kamera
Elephone P9000 tampaknya tidak mau bermain-main dengan kamera. Keseriusan mereka terbukti dengan penggunaan kamera ber-resolusi tinggi untuk bagian belakang maupun depan. Kamera belakang Elephone P9000 menggunakan lensa 20,7 MP dengan LED flash dan Autofocus. Ukuran lensa tersebut terbilang luar biasa untuk sebuah smartphone karena biasanya lensa di atas 20 MP digunakan untuk kamera fotografi professional. Hal ini mencerminkan keseriusan Elephone untuk urusan kamera. Sementara untuk kamera depan menggunakan lensa sebesar 8 MP. Untuk yang hobi selfie dan fotografi tentu Smartphone berprosesor 10 inti ini akan sangat sempurna buat anda.

Konektivitas
Beberapa fitur konektifitas standar terpasang di ponsel Elephone P9000 ini, termasuk Bluetooth dan microUSB. Untuk koneksi seluler dan internet, smartphone asal Tiongkok menggunakan konektifitas Dual SIM yang akan beroperasi di jaringan 3G HSDPA dan 4G LTE. Ada pula fasilitas jaringan internet tanpa kabel alias Wi-Fi bagi pengguna yang berkebutuhan internet sehari-harinya. Ponsel ini juga bisa digunakan untuk Wi-Fi Hotspot. Untuk melacak denah dan lokasi, tersedia pula GPS/GLONASS seperti di ponsel-ponsel lainnya.

Dapur Pacu
Inilah yang paling ditunggu-tunggu dari dapur pacu Elephone P9000. Dengan lebih dulu memproklamirkan akan menggunakan prosesor 10 inti MediaTek, praktis semua orang sangat penasaran akan peforma smartphone satu ini. Memang, nantinya Elephone P9000 akan menggunakan prosesor 10 core yang terbagi dalam 3 bagian (4 Dual core ARM Cortex A72 2,5 GHz, 4 Quad core ARM Cortex A53 2,0 GHz dan 2 Quad core ARM Cortex A53 1,4 GHz. Seperti kita tahu, chipset yang akan digunakan adalah MediaTek Helio X20. Prosesor tersebut akan didukung oleh kinerja RAM 4GB serta GPU Mali T800 yang akan membuat tampilan grafis di layar jadi makin tajam.

Smartphone Berprosesor 10 Inti

Baterai
Smartphone berprosesor 10 inti ini menggunakan baterai tipe Li-ion rechargeable dengan kapasitas 3100 mAh. Kapasitas baterai tersebut terbilang sedang untuk ponsel kelas premium yang bakal hadir dengan prosesor 10 inti. Biasanya ponsel premium memiliki kapasitas baterai di atas 3500 mAh. Namun, hal tersebut bisa ‘diakali’ dengan sempurna. Prosesor deca-core memiliki tingkat efisiensi yang lebih tinggi dari prosesor manapun. Konon, prosesor 10 inti pertama di dunia tersebut dapat menghemat daya baterai hingga 30%. Jika benar adanya, berarti pengguna tidak perlu khawatir dengan kapasitas baterai yang ‘hanya’ 3100 mAh itu.

Operating System
Elephone P9000 adalah smartphone berbasis Android. Sistem operasi yang digunakan oleh smartphone asal Tiongkok ini adalah Android v5.1 Lollipop yang merupakan versi terbaru keluaran OS si robot hijau. Dengan OS terbaru dari Android semua aplikasi terbaru yang ada di Playstore akan bisa dijalankan alias compatible. Pun dengan kemungkinan munculnya beberapa aplikasi baru dimasa datang yang masih akan sesuai dengan OS Android v5.1 Lollipop ini.

Baca Juga: Lenovo A7000, Ponsel Hebat Harga Merakyat

Harga
Secara resmi, harga smartphone Elephone P9000 belum dirilis. Namun, dari banyak kabar yang beredar, harga yang akan dipatok oleh vendor sekitar US$ 500 atau sekitar Rp. 6,6 jutaan. Harga tersebut bisa saja akan berubah tergantung dengan kurs mata uang global, termasuk rupiah terhadap dollar. Jika tidak ada kenaikan secara signifikan, harga tersebut di atas bisa dibilang murah mengingat spesifikasi yang ditawarkan sangat ‘wah’. Jika dengan dibandingkan dengan vendor besar seperti Samsung dan Sony, dengan harga yang sama kita akan mendapat spek yang lebih rendah.

Kita akan lihat bagaimana kiprah ponsel yang diklaim sebagai pelopor smartphone berprosesor 10 inti ini. Apakah gegap gempita pemberitaannya akan mendongkrak penjualan ponsel atau tidak? Kita bisa lihat buktinya mulai bulan Oktober mendatang karena rencananya ponsel Elephone P9000 ini baru akan resmi dirilis pada bulan Oktober 2015. Kemungkinan ponsel akan terlebih dahulu dipasarkan di Negara asalnya, Tiongkok, sebelum penjualannya menyebar ke Negara lain dan mudah-mudahan Indonesia.

Comments

comments