Orang Indonesia pantas berbangga dengan kemampuan anak-anak negeri sendiri. Saat ini ada banyak anak Indonesia yang memiliki ide dan inovasi yang cukup hebat yang pastinya sangat pantas dibanggakan. Salah satu karya paling baru yang pantas dibanggakan adalah SkateBag yang dibuat oleh anak-anak SMA Muhamadiyah II Sidoarjo. Alat ini adalah alat transportasi jarak pendek menggunakan tenaga baterai. Nampaknya para pelajar di Jawa Timur memang cukup kreatif dengan tas mereka. Belum lama ini ada anak SD dari Surabaya yang mencipatakan tas anti maling yang juga diakui oleh banyak orang dan bahkan sudah mendapatkan beberapa investor untuk mengembangkan alat tersebut

Jadi bukan inovasi tas yang dilakukan oleh anak-anak SMA Muhamadiyah II Sidoarjo bisa dibilang adalah kelanjutan dari inovasi yang dilakukan oleh para pelajar di Jawa Timur. Sepintas memang memiliki konsep yang sama seperti Walkcar, kendaraan yang sedang trend di Negara Jepang, namun berbeda dengan buatan Indonesia karena bisa juga digunakan sebagai Tas Ransel sekolah. Dengan begitu telihat lebih praktis dan cukup canggih.

SkateBag

Tujuan Pengembangan SkateBag
Kembali pada masalah SkateBag, alat ini diciptakan sebagai alat transportasi jarak pendek yang bisa digukana di tempat-tempat seperti mall, pasar dan lainya. Alasan utama dari penciptaan alat ini adalah untuk mengurangi jumlah pengendara motor yang saat ini memang makin banyak. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini ada banyak sekali jenis motor yang ada di jalanan. Kita bisa menemukan motor matic sampai motor dua langkah yang sebenarnya sudah tidak boleh lagi digukana. Hal ini dikarenakan kurangnya alat transportasi alternatif. Dengan adanya SkateBag ini, mungkin saja jumlah pengguna kendaraan bermotor bisa sedikit dikurangi.

Spesifikasi SkateBag
Mengenai spesifikasi, SkateBag ini dibuat dengan menggunakan basis dari tas ransel kerja yang banyak kita temui di pasaran. Tas kantor model ransel memang terkenal kokoh dan memiliki ruang penyimpanan khusus laptop yang cukup untuk menyimpan baterai sebagai tenaga utama dari SkateBag ini. Di bagian belakang tas, ditambahkan papan yang bisa dilipat dan menempel pada bagian punggung si pemakainya. Selain itu, ditambahkan pula sebuah tongkat yang bisa dilipat yang disimpan di ruang depan tas yang bisa digukana sebagai penarik tas. Jadi secara fungsional, tas ini masih tetap bisa berfungsi layaknya tas ransel biasa dan juga bisa berfungsi seperti tas traveling yang bisa ditarik-tarik.

Trial SkateBag

Kendaraan Tas ini sudah mendapatkan pengakuan dari khalayak ramai dan hal itu dibuktikan dengan penghargaan INAICTA 2015 yang merupakan pengakuan terhadap inovasi yang dilakukan oleh anak-anak SMA Muhamadiyah II Sidoarjo. Dalam waktu dekat ide dari tas ini akan dipatenkan dan setelah itu, produk ini kemungkinan akan dikembangkan secara serius dan tidak menutup kemungkinan untuk diproduksi secara masal. Bukan hanya sebagai fashion, Tas canggih yang dibuat oleh anak-anak SMA Muhamadiyah II Sidoarjo benar-benar sebuah karya yang istimewa dan sangat pantas untuk dibanggakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Comments

comments