Lini perekam video Samsung bertambah dengan hadirnya si mungil HMX T10. Diperuntukkan bagi pengguna yang membutuhkan kemudahan, kepraktisan namun tetap mengunggulkan kualitas, T10 yang memiliki keunggulan sebagai Full HD Memory Cam ini selain tampil dengan desain unik juga dibenami fitur-fitur terkini. Simak selengkapnya dalam uji Samsung HMX T10 camcorder HD murah berkualitas.

Uji Samsung HMX T10 Camcorder HD Murah Berkualitas
Front side Samsung Camcorder HMX T10

Lensa miring

Bahan plastik glossy dipadu bahan karet di sisi kanan membuat piranti ini nyaman di tangan dan tidak menjadi licin meskipun tangan berkeringat. Yang unik, T10 didesain dengan lensa miring 20 deajat ke atas yang juga pernah ada di beberapa camcorder Samsung sebelumnya.

Desain miring tersebut bisa membuat Anda adi lebih nyaman dan memberikan hasil sorotan yang pas. Dengan kemiringan yang secara alami menyesuaikan dengan bentuk pergelangan tangan, selain akan mengurangi ketegangan dan tangan menjadi tidak pegal, juga membuat pandangan Anda ke layar LCD semakin baik.

Camcorder ini menyediakan tombol joystick di bagian atas untuk melakukan zooming, serta tombol shutter saat Anda mau memfungsikan fitur still image atau memotret. Di bagian belakang disediakan tombol mode untuk mengubah dari fitur video recorder, camera digital atau melihat hasil rekaman dan foto. Lampu indikator biru akan menempati posisi dimana mode tersebut dipilih, sekaligus akan berkedip-kedip saat masuk pada mode standby.

Selain pengaturan di bagian luar, T10 yang dilengkapi dengan panel sentuh LCD 2.7 inchi juga menyediakan berbagai pengaturan langsung dari layar -termasuk memilih mode-mode dan efek apa yang akan digunakan saat merekam atau memotret. Tentu saja panel bisa Anda putar 360 derajat yang berguna saat Anda ingin melakukan perekaman diri sendiri.

Di samping panel juga disediakan tombol keras untuk melakukan pengaturan manual seperti menu, zooming dan record. Sedang di sisi dalam bodi berderet 3 tombol utama untuk tombol power, full screen dan SMART Auto. Camcorder otomatis akan menyala begitu panel layar dibuka dan akan masuk ke mode standby jika Anda menutup panel tanpa mematikan power.

Sensor lebih sensitif

Camcorder ini menggunakan sistematika penyimpanan memory card berupa SD Card dan ditenagai baterai lithium ion yang bisa diisi ulang. Dengan lensa Schneider Krueznach Varioplan HD dan sensor CMOS 1/4.1” 5M Pixel BSI (Back Side Illuminated), Anda bisa merekam secara professional karena BSI sensor memberikan sensitifitas dua kali lipat dibanding sensor CMOS biasa. Dengan sensor tersebut selain bisa mengurangi noise dan distorsi, juga bisa memberikan detail video yang tajam dan alami bahkan masih bisa untuk mengambil foto dalam kondisi low-light.

T10 menyediakan hingga 10x optical zoom dengan OIS (Optical Image Stabilizer) sehingga gambar yang dihasilkan tetap mulus tanpa guncangan. Fitur Smart OIS yang disempurnakan di T10 menjamin stabilitas setiap saat, karena dengan minute lens shifts akan memberikan kompensasi untuk getaran tangan dan gerakan tubuh, sehingga gambar yang disajikan tetap sempurna. Jika Anda mau merekam dengan meletakkan camcorder di atas tripod, disediakan port untuk menancapkan tripod di bawahnya.

Di sisi kanan bodi, di bagian yang terbuat dari karet disediakan port-port konektor yang ditutup klep karet serupa dengan bodi. Disediakan port miniUSB jika Anda mau menghubungkan T10 ke PC, port HDMI jika mau menonton hasilnya langsung ke layar HDTV, juga port AV untuk audio video. Tepat di sisinya terdapat klep terpisah yang menyimpan port merah untuk DC-in, sehingga selain dengan baterai, Anda bisa menggunakan listrik sebagai power sekaligus mengisi baterai di dalamnya.

Uji Samsung HMX T10 Camcorder HD Murah Berkualitas
Side View Camcorder Samsung HMX T10

On the test

Dalam uji samsung HMX T10 camcorder HD murah berkualitas tentu harus dijajal, dan tipe ini masuk dalam kategori camcorder murah, ketika menggunakan kamera ini, merekam terasa sangat nyaman dan mudah dengan Samsung T10 ini karena bentuknya yang mungil dan enteng. Meskipun tanpa tali tangan yang menempel, sebagai pegangan disediakan tali lanyard yang terpisah dan bisa Anda pasang jika diperlukan.

Dengan kualitas full HD hingga 1920 x 1080, hasil rekaman terlihat bagus layaknya menggunakan camcorder professional dengan hasil yang sangat halus dan detail warna nyaris sempurna saat diputar di layar TV Full HD. Jika mau menurunkan resolusi, Anda bisa memilih resolusi di bawahnya, yakni di HD 720/50p dan SD 576/50p. Dengan speaker di bawah lensa, sound yang terekam terdengar jernih dan jelas meskipun jaraknya agak jauh.

T10 tidak memiliki lampu flash. Namun rekaman gambar dan hasil foto terlihat terang meskipun digunakan di dalam ruangan. Untuk memaksimalkan perekaman, Anda bisa memilih scene yang tepat seperti saat Anda merekam misalnya scene sports, portrait, spotlight, beach/snow, food, candle light atau indoor. Jika bingung atau ingin mendapatkan hasil apa adanya, cukup putar auto di menu tersebut.

Dan untuk menghadirkan berbagai efek dalam rekaman -langsung tanpa harus mengedit di komputer, Anda bisa memilih pengaturan WB seperti auto, daylight, cloudy, fluor, tungsten, juga custom bw. Untuk melakukan focus pun Anda bisa memilih auto, manual, atau touchpoint. Saat digunakan untuk memotret, T10 tidak terlalu mengecewakan karena sudah memiliki resolusi 4.7 MP. Anda bisa memilih resolusi 4.7M dengan maksimal ukuran 2880 x 1620 piksel atau 2M dengan ukuran 1920 x 1080 piksel.

Sepsifikasi Harga Samsung HMX T10

  • SENSOR : 1/4.1” CMOS 5 MP, BSI sensor, Smart OIS, Image Stabilizer
  • LENSA : Schneider Krueznach Varioplan HD, f=2.75-27.5mm, F:1.8
  • MOVIE : Full HD 1920 x 1080 (HD 1080/50i), HD 720/50p, SD 576/50p
  • STILL IMAGE : JPEG at 4.7M (2880×1620) / 2M (1920×1080) Resolution
  • ZOOM : 10x optical, 100x digital
  • LCD MONITOR : 2.7” Touchscreen LCD 230K Pixels
  • FEATURES : HDMI port, miniUSB, built-in speaker and mic, ACC format, wind filter, back light compensation
  • STORAGE : SD/SDHC Card
  • POWER : Rechargeable Lithium Ion Battery BP125A 1250mAh
  • PLAY TIME : 110min(NTSC), 120min(PAL)
  • DIMENSI : 5.43 x 3.83 x 11.78 cm / 195 gr
  • PRICE : 1.950.000 IDR
Uji Samsung HMX T10 Camcorder HD Murah Berkualitas
Backside Samsung HMX T10 Camcorder

Kesimpulan

Samsung HMX T10 memang jeli memahami kebutuhan konsumennya. Dengan camcorder mungil ini, Anda bisa mendapatkan hasil layaknya professional dengan hasil rekaman berkualitas tinggi. Tanpa perlu berusah payah membuat pengaturan, Anda bisa menjalankan fitur auto dan memilih scene mode sehingga hasilnya jadi lebih maksimal. Untuk mendapatkan informasi harga update tentang perekam video ini bisa Anda lakukan langsung melalui http://www.pricearea.com/result/samsung+hmx+t10.

Sayang camcorder ini tidak didesain dengan penutup lensa sehingga Anda harus menjaganya agar tidak kotor atau tergores. Demikian hasil uji samsung HMX T10 camcorder HD murah berkualitas. Semoga bermanfaat.

Comments

comments