Jangan dikira handphone zaman dahulu sudah tidak ada gunanya lagi. Masih banyak hal yang bisa kita lakukan dengan handphone tua asalkan kita tahu caranya. Tentu saja hal ini hanya bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi khusus dan proses kalibrasi yang agak rumit, namun hasilnya pasti akan mencengangkan. Syarat yang paling utama jika kamu ingin melakukan hal ini pada laptopmu adalah bahwa laptopmu dan handphone yang akan kamu gunakan memiliki koneksi Bluetooth. Syarat yang cukup mudah bukan? Mungkin hal ini kurang dianggap penting oleh banyak orang sehingga banyak orang yang kurang peduli dengan hal ini, namun cara ini membuktikan bahwa tidak semua handphone kuno kamu sudah tidak ada gunanya lagi.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk bisa melakukan hal ini. Hal ini bisa jadi hal yang menyenangkan dan tentu saja ekonomis. Daripada membeli remote komputer baru dengan harga ratusan ribu, handphone kunomu bisa menjadi remote yang cukup baik. Langkah yang harus kamu tempuh antara lain adalah:

1. Download Aplikasi
Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa melakukan kontrol jarak pada laptopmu dengan menggunakan handphone berbasis java adalah dengan menginstal aplikasi Phone Remote Control 5.2 di laptop kamu. Cara penginstalanya cukup mudah, jadi kamu tidak perlu khawatir dengan hal itu.

2. Instalasi Di Laptop
Setelah aplikasi telah terbuka, silahkan klik bagian “Install Phone Client” di bagian kiri bawah. Buka folder “Version 5.2” di Drive C bagian program file lalu salin file “prc.jad” paste file “prc.jar”  tersebut di HP jadul yang akan kamu gunakan. Dalam hal ini gunakanlah kabel data karena akan lebih akurat. Setelah itu nyalakan Bluetooth di laptop kamu supaya kamu bisa melakukan pairing ke handphone jadul yang akan kamu gunakan. Caranya memang agak sedikit rumit, namun nanti hasil yang akan kamu dapatkan juga akan sangat maksimal.

3. Instalasi di Handphone
Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat handphone jadul kamu menjadi remote untuk laptop adalah dengan menginstall aplikasi Phone Remote Control di HP. Buka file “prc.jad” atau “prc.jar” yang tadi sudah di-copy dan secara otomatis aplikasi tersebut akan terinstall di handphone jadulmu. Setelah terisntall, buka aplikasi tersebut dan pilih panel “search Bluetooth” untuk mencari Bluetooth laptopmu.

Setelah ketemu, koneksikan kedua Bluetooth. Setelah itu akan ada pilihan di handphonemu tentang jenis remote yang kamu inginkan. Pilihan ini bebas tergantung apa yang kamu butuhkan. Setelah kamu selesai memilih jenis remote, handphone jadulmu akan menampilkan tampilan laptop dimana kamu bisa mengendalikanya dengan tombol di handphone jadulmu.

Cara yang agak rumit memang, namun setelah semuanya selesai, handphone jadulmu yang kamu kira sudah tidak sudah ada gunanya lagi bisa menjadi alat canggih yang sangat keren layaknya smartphone masakini.

Comments

comments