Rasanya, sudah segala cara Anda lakukan untuk membujuk anak supaya mau makan sayuran. Mulai dari membuat makanan bayi dengan cara menyembunyikan potongan tomat di dalam sandwich, mencampur aneka sayur ke dalam telur dadar, hingga membuat nugget sayur. Tapi, si kecil selalu menemukan cara untuk menyingkirkan sayuran tersebut.

Trik Merayu Si Kecil Agar Mau Makan Sayuran
Bayi-Makan-Sayuran

 

Jangan berkecil hati! Menurut ahli nutrisi dr. Laila Hamid, MKK, CFN, anak menjadi picky eater atau dengan kata lain tak ingin makan yang mengandung sayur karena kurang diperkenalkan dengan aneka jenis makanan bayi jenis sayuran sejak dini. Akibatnya, lidah mereka tidak terbiasa dengan berbagai rasa makanan, dan tidak berani atau tidak mau menyantap jenis makanan, termasuk buah dan sayuran.

Yang pasti, jangan biarkan kondisi ini berlangsung terus-menerus. Anda tetap harus berusaha melakukan modifikasi menu favorit si kecil dengan makanan bayi lain yang lebih sehat. Jurus-jurus berikut mungkin bisa Anda coba untuk merayu si kecil, berikut ulasannya;

Kado Sayuran Dalam Mangkuk Kertas Bermotif

Cara pertama ini bisa Anda lakukan yakni dengan cara meletakkan berbagai sayuran (irisan wortel, kacang polong, jagung pipil, potongan buncis) yang telah diberi bumbu di dalam kertas roti atau mangkuk kertas bermotif. Panggang atau kukus selama 8-10 menit. Sajikan di atas meja makan, dan ajak si kecil untuk membukanya. Anak-anak biasanya suka membuka kado, kan?

Sajikan Sayuran dalam Piring atau Gelas Mini

Menghabiskan sayur dalam mangkuk kecil tentu akan terasa lebih ringan dibanding harus menghabiskannya dalam mangkuk besar. Jadi, jika ingin si kecil menghabiskan 1 porsi sayuran, bagilah sayuran tersebut ke dalam 2 atau 3 piring kecil. Trik ini juga bisa diterapkan untuk jus buah. Tuangkan jus buah ke dalam beberapa gelas kecil lalu berikan dengan sabar hingga habis seluruhnya.

Tusuk ala Sate

Potongan buah yang dibuat ala sate, dan disajikan bersama dengan potongan keju dan sayur, pasti lebih menarik perhatian dibandingkan jika Anda hanya meletakkannya di atas piring. Lihat saja, semua makanan sehat itu pasti akan dengan cepat berpindah ke mulut si kecil.

Berpura-pura Makan di Restoran

Anak-anak selalu menyukai momen makan di restoran, karena ia bebas memilih makanan apapun yang disukainya. Jadi, katakan padanya bahwa Anda akan membuat suasana ruang makan menjadi seperti di restoran. Tata piring makan anak bergambar tokoh kartun favorit anak di atas taplak meja cantik, redupkan lampu, dan nyalakan lilin. Cahaya yang remang-remang akan menyukseskan upaya Anda menyembunyikan sayuran di dalam makanan si kecil. Ups!

Sedotan Seru

Ini adalah trik terakhir yang tak kalah menarik, lupakan sedotan sederhana berwarna putih. Kali ini, saatnya beralih ke sedotan berulir, warna-warni, bahkan sedotan aneka rasa yang bisa mengubah cairan apapun yang lewat di dalamnya menjadi lebih enak. Gunakan ketika Anda memberinya jus buah atau sayuran.

Trik Merayu Si Kecil Agar Mau Makan Sayuran
Tak-Gemar-Makan-Sayuran

Sumber : Bilna.com

Comments

comments