Keaslian batu akik menjadi sangat penting untuk diketahui. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kerugian yang diakibatkan oleh kecerobohan dalam pembelian batu akik. Seiring dengan perkembangan tren yang paling baru di Indonesia, cara dan teknik mengetahui keaslian batu akik ini semakin dicari banyak orang. Kebanyakan dari mereka menginginkan untuk dapat menggunakan batu akik yang asli dan juga memiliki nilai historis maunpun seni di dalam batu akik tersebut.

Berbagai kalangan dapat dengan mudah mendapatkan batu akik ini di berbagai tempat. Hal ini dikarenakan mulai tersebar luasnya penjualan batu akik di Indonesia. Selain itu, ternyata batu akik ini juga tidak hanya dipakai oleh orang tua saja, namun semua kalangan dapat memakainya. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa semua pantas untuk mengenakan batu akik ini sebagai aksesoris fashion pria yang dapat meningkatkan kepercayaan diri kita.

Cek Keaslian Batu Akik-mu

Seiring maraknya batu akik ini, banyak juga kalangan yang menjual batu akik imitasi. Untuk meminimalisir hal tersebut, ada cara mudah untuk mengetahui keaslian batu akik yang kita miliki. Caranya sangatlah mudah. Kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke laboratorium untuk hanya sekedar mengetahui keaslian batu tersebut. Yang harus kamu lakukan adalah dengan menggunakan handphone Android kamu. Tentunya smartphone yang bisa sebagai acuan adalah ponsel yang menggunakan layar sentuh kapasitif.

Cara Mendeteksi Keaslian Batu Akik dengan Smartphone

  • Menyentuhkan batu akik tersebut ke layar ponsel kita secara perlahan, jangan terlalu keras karena akan merusak batu akik dan juga menggores layar ponsel.
  • Pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel tersebut tidak terkunci.
  • Jika layar mengalami pergerakan, hal ini menandakan bahwa batu akik tersebut asli.

Penjelasan dari fenomena ini sangatlah mudah. Semua batu akik pada dasarnya merupakan batuan alami yang mengandung berbagai macam mineral di dalamnya. Tidak terkecuali mineral logam yang juga terkandung di dalamnya. Nah, material logam inilah yang memiliki sifat kapasitif, sama seperti jari kita ataupun stylus pada ponsel canggih. Tidak heran ketika disentuhkan ke permukaan layar sentuh kapasitif akan menimbulkan reaksi pada ponsel kita. Namun hal ini tidak akan terjadi pada batu akik imitasi. Kebanyakan batu imitasi ini terbuat dari zat semacam kaca atau sering disebut dengan Zircon. Material Zircon ini sifatnya tidak sama seperti mineral logam di bati akik asli yang mengandung unsur kapasitif.

Meskipun begitu, cara ini masih belum bisa dibilang akurat 100%. Ada beberapa batu akik yang tidak memiliki unsur kapasitif meskipun batu tersebut asli. Beberapa batu akik yang dapat diketahui keasliannya menggunakan cara ini adalah kecubung, sulaiman (Kalsedon Pacitan), pancawarna, dan juga opal sudan (sejenis kalimaya). Berikut ini saya sertakan juga harga dari masing-masing batu yang bereaksi dengan layar smartphone.

1. Kecubung

Batu Kecubung
Batu Kecubung

Harga Rp 100.000 s/d Rp 4.000.000 ke atas (tergantung jenis)

2. Sulaiman (Kalsedon Pacitan)

Batu Sulaiman
Batu Sulaiman

Harga Rp 30.000 s/d 2.000.000 (tergantung jenis)

3. Pancawarna

Batu Pancawarna
Batu Pancawarna

Harga Rp 100.000 s/d Rp 10.000.000 (tergantung jenis)

4. Opal Sudan (sejenis Kalimaya)

Batu Opal Sudan
Batu Opal Sudan

Harga Rp 80.000 s/d Rp 2.000.000 (tergantung jenis)

Itulah golongan batu akik yang memiliki keistimewaan dapat dites keasliannya menggunakan layar handphone. Meskipun tidak semua batu dapat dites keasliannya dengan cara sederhana ini, namun hal ini membuktikan bahwa dengan cara seperti ini, paling tidak kamu sudah dapat mengetahui keaslian batu akik tanpa harus pergi ke laboratorium untuk mengetesnya lebih lanjut.

Meskipun begitu, untuk batu-batu akik yang memiliki harga mahal atau tergolong batu mulia ada baiknya kamu mengetes keaslian batu tersebut ke laboratorium, selain lebih akurat, kamu juga akan mendapatkan sertifikat keaslian batu akik milikmu itu.

Comments

comments