IOS-8.2
IOS-8.2 | http://applestage.com/

Perilisan MacBook terbaru beberapa hari lalu rupanya sekaligus dipakai untuk merilis OS terbaru gadget Apple, iOS 8.2. Pembaruan ini membawa cukup banyak perbaikan yang mendatangkan respons positif lumayan baik. Meski begitu, tak sedikit pula yang mengeluhkan masalah baterai yang boros.

Permasalahan tersebut memang kerap terdengar pasca Apple merilis update iOS. Hanya saja, isu ini tak selalu disebabkan oleh iOS. Terkadang aplikasi yang menjadi biang keroknya. Sebagai langkah penjagaan, Anda bisa mengikuti trik mengakali borosnya baterai iOS 8.2 dari kami:

APLIKASI

Setelah memperbarui iOS, ada baiknya Anda mengecek aplikasi pihak ketiga karena memiliki kecenderungan penyebab borosnya baterai. Semakin banyak aplikasi yang digunakan, maka akan berimbas pada daya baterai. Kadang ada pula aplikasi yang mengandung bug yang membuat baterai boros.

Jadi untuk memperbaiki masalah baterai iOS 8.2, sebaiknya amati terlebih dulu aplikasi pihak ketiga di perangkat Apple Anda karena bisa jadi potensi masalah ada di sana. Caranya buka Setting > General > Usage > Battery Usage. Lihat aplikasi apa yang banyak menyedot baterai.

Ketika menemukan aplikasi yang tampaknya menguras baterai, batasi penggunaannya saat jauh dari sumber listrik. Hentikan juga aktivitasnya dibackground atau bisa juga menghapusnya dari iDevice.

 

AIRPLANE MODE

Saat berada di kawasan bersinyal jelek dan tidak stabil, ada baiknya menonaktifkan koneksi data. Bila perlu beralih ke mode AirPlane, sebab ponsel akan terus menerus melakukan pencarian sinyal. Kondisi ini membuat baterai akan terkuras lebih cepat.

 

MATIKAN ICLOUD KEYCHAIN

Beberapa pengguna iPhone menyarankan untuk menonaktifkan iCloud Keychain untuk menghemat baterai. Menurut mereka, banyak pemakai iPhone tidak menggunakan dan membutuhkan iCloud Keychain. Jadi tidak ada salahnya menonaktifkannya bila ada dampak postifnya. Untuk menonaktifkan iCloud Keychain, buka Settings > iCloud > Keychain, geser ke posisi Off.

 

BATASI BACKGROUND APP

Penyegaran backgroud aplikasi memberikan pembaruan data, tetapi berimbas pada daya baterai yang ikut menyusut. Untuk itu sangat direkomensikan untuk membatasinya, apalagi banyak pengguna tidak begitu membutuhkannya.

Anda bisa menonaktikan sekaligus atau memilih aplikasi mana yang diperbolehkan melakukan penyegaran di latar belakang. Untuk melakukan pembatasan, buka Settings > General > Background App Refresh, geser ke posisi Off pada Backgroud App Refresh, atau di aplikasi yang tidak diinginkan.

 

AUTO BRIGHTNESS

Baik iPhone maupun iPad memiliki sensor yang mampu menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi di mana pengguna berada. Namun masalahnya sensor ini juga menjadi penyebab borosnya penggunaan baterai. Sebaiknya beralih ke mode manual.

Untuk menonaktifkan Auto Brightness, buka Settings > Display & Brightness > Auto Brightness > Off. Setelah beralih ke posisi manual, Anda bisa mengubah tingkat kecerahan lewat Control Center.

 

RESTART

Jika Anda melihat baterai tidak normal dan merasakan panas di bagian bodi, lakukan reset pada perangkat. Anda pun bisa melakukan resetting iDevice dengan menekan tombol Home dan Power bersamaan dan tahan selama 10 detik. Cara ini tidak akan menghilangkan data apapun tapi dapat membantu me-restore ke kondisi awal.

 

RESET ALL SETTING

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah me-reset semua pengaturan. Cara ini perlu dilakukan bila Anda melihat angka penggunaan dan standby baterai di Setings sama. Cara mereset dapat dilakukan dengan membuka Settings > General > Reset > Reset All Settings. Proses reset akan berlangsung lebih kurang 5 menit dan tidak akan menghapus data satu pun.

 

DOWNGRADE KE IOS 8.1.3

Jika saat menggunakan iOS 8.1.3 Anda merasakan baterai lebih hemat, Anda bisa melakukan downgrade dari iOS 8.2 ke versi 8.1.3. Hanya saja metode ini terbatas waktunya, karena Apple kerap menutup izin downgrade.

Ingin tahu harga handphone terbaru? Ketahui hanya di toko HP online di PriceArea yang menyediakan ragam pilihan smartphone dari berbagai merek. Lengkapi juga handphone Anda dengan aksesoris yang bisa didapat di casing handphone online.

Comments

comments