Meski sudah membeli smartphone Android yang memiliki fitur canggih, terkadang kinerjanya juga tetap bisa menurun. Jangan dulu menyalahkan handphone Anda, adanya penurunan kerja tersebut bisa jadi disebabkan oleh kesalahan si pengguna. Ada kok trik mempercepat handphone Android yang bisa Anda pelajari di sini:

Smartphone-Android
Smartphone-Android

1. Selalu Update Firmware

Tujuan dari update firmware ini adalah untuk membaharui sistem dengan mengurangi dan memperbaiki bug, beberapa lag, dan keluhan-keluhan lain yang dirasakan oleh pengguna pada firmware sebelumnya. Seiring pengupdate-an yang rutin, bug dan keluhan lainnya yang memperlambat kinerja Android Anda akan semakin berkurang sehingga akan memberikan performa yang maksimal.

 2. Reset

Terkadang melakukan reset device pun diperlukan, terutama pada pengguna yang suka menginstall aplikasi-aplikasi yang ternyata tidak berguna atau tidak digunakan yang akhirnya hanya memenuhi memori ponsel. Reset tentu saja akan menghapus file-file seperti lagu, kontak, foto, dan video, termasuk aplikasi-aplikasi yang ada di dalam perangkat.

Hal ini akan membuat smartphone menjadi seperti awal tapi menjadi fresh kembali seperti baru. Namun perlu diingat, sebelum Anda melakukan reset pada smartphone Anda, alangkah baiknya untuk melakukan backup terlebih dahulu untuk file yang penting saja. Tujuannya agar dapat direstore kembali setelah melakukan reset.

[listingterkait judul=’Handphone Android’]

3. Pindahkan File ke Memori Eksternal

Coba periksa terlebih dulu sisa memori internal Anda. Biasanya, kinerja yang lambat dari Android juga dipengaruhi dari sisa memori internal Anda. Bila semakin sedikit space yang tersisa, Android Anda pun akan semakin lambat. Usahakan letakkan file-file seperti lagu, foto, video, dan lainnya pada memori eksernal. Bila sudah terlanjur, Anda bisa memindahkannya secara manual baik melalui PC, laptop, atau aplikasi-aplikasi yang ada di google play.

 4. Menggunakan Bantuan Aplikasi di Google Play

Ada beberapa alternatif aplikasi untuk mendukung dan meningkatkan kinerja smartphone Anda:

  • Antivirus

Aplikasi ini menjadi pilihan pengguna untuk dipakai, karena terkadang malware dan beberapa virus bisa mengakibatkan penurunan kinerja smartphone. Pilihlah antivirus yang Anda sukai dan bukannya malah memberatkan kinerja Android Anda.

  • Greenify

Aplikasi yang cukup berguna, dimana Anda dapat mengatur aplikasi apa saja yang tetap berjalan pada background dan tidak. Dengan begitu, penggunaan memori dapat lebih efisien dan baterai dapat bertahan lebih lama.

  • Cache Cleaner

Cache Cleaner akan membersihkan Cache dari memori smartphone Anda agar tidak menumpuk dan memenuhi memori Anda.

5. Uninstall Aplikasi yang Tak Berguna

Seperti pada ulasan diatas, aplikasi-aplikasi yang Anda rasa sudah tidak digunakan atau tidak berguna lagi, sebaiknya di-uninstall untuk memberi space lebih besar pada memori smartphone Anda. Pada dasarnya trik ini hampir sama dengan reset, tapi ini hanya sebagai salah satu alternatif apabila Anda masih memerlukan beberapa aplikasi-aplikasi lainnya.

 6. Restart Smartphone

Cara ini simpel, tapi manjur. Bila Anda merasa Smartphone Anda sedang lag, macet, atau muncul bug-bug sejenisnya, coba Anda non-aktifkan kemudian hidupkan lagi smartphone Anda. Langkah ini kadang bisa membuat smartphone bekerja lebih cepat.

 7. Root

Root merupakan salah satu alternatif lain bagi Anda yang merasa sudah expert terhadap ponsel Android. Dalam proses rooting, Anda harus tahu bahwa Anda akan kehilangan garansi smartphone (namun bila di-unroot garansi dapat kembali lagi), dan smartphone Anda bisa mati total atau istilahnya brick. Sebaiknya Anda cari terlebih dahulu bagaimana cara melakukannya dengan benar, karena proses rooting tidak selalu sama dan tergantung pada smartphone itu sendiri. Setelah Rooting, berikut langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa ponsel android Anda:

  • Overclocking

Yakni meningkatkan kemampuan processor Anda lebih dari standart yang sudah diatur. Hal ini tentu ada resikonya, selain processor lebih cepat panas dan umurnya semakin pendek, hal tersebut juga menguras baterai lebih cepat. Gunakanlah seperlunya saja, misal: bermain game.

  • Custom Rom

Anda bisa melakukan flashing atau menggunakan ROM lain yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan. Anda Juga dapat mengganti kernel yang Anda inginkan agar ponsel Android lebih terasa ringan, fresh, dan cepat.

  • Uninstall App

Anda dapat menghapus aplikasi bawaan yang terinstall di dalam smartphone Anda. Terkadang ada beberapa orang yang merasa aplikasi ini tidak berguna tapi tidak bisa menghapusnya karena merupakan aplikasi bawaan. Dengan root Anda dapat menginstall aplikasi seperti Titanium Backup untuk menghapus aplikasi bawaan smartphone yang tidak Anda inginkan.

 

Itulah beberapa trik yang bisa Anda coba untuk meningkatkan performa handphone android Anda. Penting untuk mengetahui resikonya dan selalu lakukan backup sebelum mencoba. Dapatkan handphone Android murah hanya di Pricearea. Harga handphone yang ditawarkan bervariasi, dari murah hingga mahal semuanya tersedia. Ada pula handphone harga promo yang bisa Anda dapatkan dengan lebih terjangkau lagi.

 

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Comments

comments