Trik Fotografi – Dunia Fotografi sudah sangat berkembang dengan sangat pesat. Berkembanganya dunia fotografi diiringi dengan boomingnya kamera berjenis DSLR yang mampu menghasilkan gambar yang sangat baik. Berbagai efek artistik dapat kamu gunakan untuk menghasilkan hasil foto yang menakjubkan. Kreatifitas dan skill kamu menjadi sangat terasah jika menggunakan kamera jenis DSLR ini.

Meskipun begitu, harga kamera DSLR yang banyak dijual di pasaran masih bisa dibilang cukup menguras kantong. Selain itu desainnya yang kurang praktis juga membuat orang kemudian merasa malas membawa kamera yang berdimensi besar karena alasan kurang praktis. Seiring berkembangnya teknologi, Smartphone juga sudah dilengkapi dengan sensor kamera yang sangat powerful. Sudah banyak juga kamera Smartphone yang memiliki resolusi besar dan sekaligus dilengkapi dengan lensa dan fitur yang menarik. Salah satu smartphone yang memiliki kamera yang baik adalah Sony Xperia Z series yang sudah dilengkapi dengan resolusi maksimal hingga 20,7 MP. Di kubu Samsung juga hadir dengan Samsung Galaxy S6 dan Galaxy Note 4 dengan kamera beresolusi 16 MP yang sudah bisa dibilang sangat baik untuk proses pengambilan gambar. Ditambah lagi Apple dengan iPhone-nya yang memiliki kualitas kamera luar biasa.

Trik Fotografi

Selain ponsel-ponsel di atas, sejatinya masih banyak lagi smartphone yang memiliki kualitas kamera di atas rata-rata ponsel lainnya. Seperti di: Inilah 15 Handphone Berkemampuan Setara SLR.

Fitur-fitur yang terdapat pada smartphone flagship tersebut sudah sangat mumpuni untuk berfoto ria. Selain itu, aplikasi pengolah gambar juga sudah banyak beredar di pasaran baik gratis maupun berbayar demi membuat foto yang diambil menjadi terlihat lebih menakjubkan lagi. Berikut ini, kami sudah merangkumkan untuk kamu yang hobi berfoto ria trik untuk menghasilkan gambar professional menggunakan Smartphone kamu. Simak beberapa ulasan berikut ini.

Trik Fotografi Keren Memakai Kamera Handphone

1. Memotret Panorama

Memotret objek menggunakan mode panorama memang mengasyikkan. Kamu bisa mengambil gambar hingga 180 derajat bahkan lebih untuk mendapatkan pemandangan yang ada di sekelilingmu. Namun tidak hanya itu, kamu juga bisa berkreasi lebih dengan menggunakan fitur ini. Salah satu contohnya adalah dengan mengambil gambar seolah-olah kita memiliki banyak kembaran. Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengambil gambar panoramic seperti biasa, namun objek yang ada di depan kamera (kamu) harus mengikuti jalannya kamera. Dengan begitu, kamu akan terlihat memiliki banyak tubuh (ganda).

Trik Fotografi

Selain itu, kamu juga dapat mengambil gambar yang unik menggunakan teknik panorama ini. Ketika kamu berada di dalam mobil atau kendaraan yang sedang berjalan, kamu aktifkan mode panorama. Selanjutnya lihatlah apa yang akan terjadi. Gambar yang unik dan menakjubkan akan tercipta. Usahakan untuk melakukan teknik fotografi ini tangan tetap stabil dalam memegang Smartphone kamu.

Trik Fotografi

2. Zoom Menggunakan Teropong

Trik Fotografi

Kamera pada Smarthone pastilah kebanyakan sudah dilengkapi dengan fitur zoom. Hal ini akan membantu kamu dalam mengambil gambar dari jarak yang cukup jauh. Namun ada suatu hal yang harus dikorbankan dalam penggunaan zoom ini. Kualitas gambar menjadi menurun dan terdapat banyak noise yang dihasilkan karena penurunan kualitas tersebut. Ada baiknya kamu tidak menggunakan fitur ini jika ingin mendapatkan gambar yang memiliki kualitas baik. Namun jika terpaksa harus melakukan zooming, kamu bisa memanfaatkan teropong atau kamu dapat membeli aksesoris tambahan untuk Smartphone kamu. Dengan adanya teropong atau lensa tambahan tersebut, kamu akan mendapatkan gambar dari jarak jauh yang seolah-olah terlihat dekat.

3. Tetesan Embun untuk Foto Makro

Trik Fotografi

Selain teropong, kamu juga dapat mengandalkan tetesan air sebagai lensa tambahan untuk menghasilkan efek gambar atau foto yang menarik. Teteskan air atau embun ke lensa kamera kamu. Teknik ini perlu kehati-hatian karena untuk handphone yang tidak tahan air dapat beresiko masuk ke dalam bodi dan justru dapat merusak komponen ponsel. Untuk ponsel yang sudah dibekali sertifikasi anti air, maka hal ini tidak akan menjadi suatu masalah yang berarti.

4. Memakai Penutup Kaca Mobil Sebagai Reflektor

Trik Fotografi

Trik Fotografi

Biasanya untuk memantulkan cahaya dan menambah tingkat kecerahan pada foto, para fotografer professional menggunakan reflektor khusus untuk membuat wajah dan tubuh terlihat lebih cerah. Jika tidak ditemukan adanya reflektor untuk memantulkan cahaya, kamu bisa gunakan penutup kaca mobil yang berwarna silver atau emas sebagai reflektor. Dengan begitu, kualitas gambar yang nantinya dihasilkan akan semakin baik.

5. Manfaatkan Headset Sebagai Pengganti Tombol Shutter

Trik Fotografi

Selain berfungsi untuk mendengarkan berbagai macam lagu melalui handphone, headset ternyata juga memiliki fungsi lainnya yakni sebagai tombol shutter untuk mengambiil gambar saat kamu ingin berselfie ria. Kamu hanya perlu membuat handphone kamu ada di posisi berdiri. Letakkan ponsel di tempat yang datar untuk mempermudah pengambilan gambar. Pastikan juga bahwa headset yang kamu gunakan memiliki fungsi sebagai pengganti tombol shutter.

6. Pengambilan Gambar Bawah Air

Trik Fotografi

Tips terakhir ini tergolong yang paling beresiko dibandingkan dengan teknik lainnya. Hal ini dikarenakan oleh penggunaannya yang menuntut handphone dimasukkan ke dalam air. Namun tidak serta merta handphone tersebut dimasukkan ke dalam air begitu saja. Kamu dapat menggunakan gelas transparan untuk melindungi ponsel kamu dari air. Kamu hanya perlu memasukkan sebagian dari gelas yang ada untuk membuat efek underwater. Namun perlu hati-hati jangan sampai air tersebut masuk ke bibir gelas.

Baca Juga: Cara Mengubah Kamera Handphone Menjadi Setara SLR

Teknik-teknik fotografi di atas merupakan hasil kreasi sederhana dari penggunaan smartphone sebagai sarana pengambil gambar utamanya. Jika anda memiliki trik lainnya yang dapat digunakan dalam proses pengambilan gambar menggunakan smartphone, anda dapat menambahkannya di kolom komentar di bawah ini. Selamat bereksperimen.

Comments

comments