Ada banyak sekali promo wisata murah yang bisa kita temukan di internet, namun kebanyakan promo wisata tersebut adalah paket untuk bepergian seorang diri. Berwisata seorang diri sering kali menjadi momok bagi banyak orang dan dianggap sebagai aktivitas yang aneh karena kebanyakan orang Indonesia percaya bahwa traveling akan lebih menyenangkan saat dilakukan bersama-sama. Memang benar traveling bersama-sama memang sangat menyenangkan, namun bukan berarti traveling seorang diri tidak bisa terasa menyenangkan juga. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat bepergian seorang diri. Salah satunya adalah Anda bisa pergi kemana saja dan tidak akan ada yang tidak setuju dengan destinasi yang Anda pilih.

Solo Traveling

Meskipun demikian, traveling seorang diri bisa sangat tidak menyenangkan atau bahkan mungkin berbahaya bagi orang-orang yang tidak tahu apa yang mereka lakukan. Ada beberapa hal dalam solo traveling yang harus sangat diperhatikan dan hal-hal itu antara lain adalah:
1. Riset Lokasi Wisata
Traveling seorang diri tentu saja akan berbeda dengan traveling beramai-ramai. Oleh karena itu sangatlah penting untuk melakukan riset tempat tujuan terlebih dahulu. Selain tentang dimana tempat-tempat yang cocok untuk solo traveler, Anda juga harus faham benar plus minus lokasi yang akan Anda tuju. Lebih detail lagi, pelajari modus-modus penipuan yang sering terjadi di tempat tujuan wisata Anda karena kalau sampai ada apa-apa Anda harus menghadapinya seorang diri dan dalam konteks itu, persiapan yang matang sangatlah penting. Dalam solo traveling, Anda harus benar-benar faham siapa yang harus Anda percaya dan siapa yang tidak.
2. Penyimpanan Dokumen Penting
Dalam solo traveling, usahakan selalu menyimpan dokumen penting seperti KTP atau Paspor di tempat yang aman namun masih bisa ditemukan oleh orang lain. Bukan berarti kita berharap yang terburuk, namun hanya berjaga-jaga jika terjadi sesuatu maka orang lain yang mencari bisa menemukan paspor atau KTP Anda.
3. Pakaian
Pakaian adalah salah satu bagian yang cukup tricky dalam solo traveling. Usahakan jangan terlalu banyak membawa pakaian karena hal itu akan sangat merepotkan Anda. Bawa pakaian secukupnya dan kalau perlu yang Anda tidak terlalu sayang kalau pakaian yang Anda bawa terpaksa harus dibuang. Selain itu usahakan menggunakan pakaian yang tidak terlalu nyentrik dan mencolok karena hal itu tidak penting dan justru akan memancing kejahatan.
4. Kontak Darurat dan Obat-obatan
Usahakan selalu membawa buku kecil atau kartu nama berisi kontak darurat orang yang bisa dihubungi kalau terjadi sesuatu. Jangn lupa bawa obat-obatan pribadi karena kadang membeli obat di tempat wisata bisa jadi sangat berbahaya.

Solo Traveling

Hal-hal diatas adalah hal-hal sederhana yang sangat penting tidak hanya untuk membuat traveling Anda nyaman tapi juga aman. Perhatikan hal diatas, maka solo traveling bisa jadi sebuah aktivitas yang amat sangat menyenangkan.

Comments

comments