Mencuci mobil merupakan suatu pekerjaan yang rutin dilakukan oleh pengguna mobil. Namun pernahkah Anda berfikir apakah cara atau mengenai hal tersebut sudah dilakukan dengan tepat? Kali ini pricearea.com ingin membagi tips untuk mencuci mobil dengan tepat.

1. Sebaiknya mencuci mobil ketika mobil dalam keadaan dingin, artinya belum dipakai berjalan. Waktu yang tepat adalah pagi hari atau sore hari setelah didiamkan beberapa saat bila mobil telah dipakai untuk transportasi bekerja. Panas terik akan menyebabkan bercak bekas air di permukaan mobil. Persiapkan alat-alat seperti ember, sampo mobil, busa atau spons untuk bodi, busa‚  atau spons‚ ‚ ‚  untuk roda, sikat lembut dan lap kulit atau kanebo. Siapkan pula alat penyedot debu dan pengilap dasbor dan ban.

2. Sebelum dilakukan pencucian sebaiknya membersihkan bagian yang cukup kotor terlebih dahulu, dan biasanya ini adalah bagian bawah/kolong mobil seperti dek, bagian dalam spakbor dan bagian dalam bemper. Bagian ini paling sering terkena kotoran, seperti lumpur, tanah dan aspal. Gunakan spons untuk bagian ini.

3. Lebih baik menggunakan semprotan yang tekanan airnya dapat diatur, ini dimaksudkan agar kotoran yang menempel jadi lebih mudah lepas. Selesaikan bagian bawah lalu dilanjutkan pada bagian atas, lakukan dengan pembasahan atap, biarkan air mengalir ke seluruh bodi mobil, ambil ember dan campurkan air dengan sampo khusus mobil, lalu gunakan busa untuk mulai mencuci bagian atas mobil.

4. Lanjutkan pada bagian sisi kiri dan kanan mobil, segera bilas dengan air bersih dan pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel pada body mobil, setelah dibilas, segera keringkan dengan menggunakan kain lap kulit.

5. Gunakan facum untuk menyedot/ membersihkan kotoran pada bagian dek dan bangku serta interior lain. Usai semua, segera oleskan cairan pengilap pada dasbor dan roda.

Demikian tipsnya, semoga bermanfaat.

Produk rekomendasi untuk Anda:

Comments

comments