Kulkas adalah sebuah produk elektronik yang sangat membutuhkan perawatan berkala. Salah satu masalah yang sering muncul adalah bunga es. Selain sangat mengganggu, bunga es juga bisa merusak kulkas secara permanen. Oleh karena itu, orang-orang yang memiliki lemari es harus tahu cara-cara praktis dan tepat untuk menghilangkan masalah ini. Sebenarnya tidaklah sulit untuk membersihkan bunga es dan pastinya sudah ada banyak orang yang tahu tentang hal ini. Informasi tentang hal ini bisa dengan mudah kamu temukan di situs-situs tips atau bahkan Toko online yang menjual barang-barang elektronik. Bagi kamu yang belum tahu, tipsnya adalah sebagai berikut.

Refrigerator full of food
Refrigerator full of food

1. Matikan Lemari Pendingin
Langkah awal yang harus diambil dalam membersihkan bunga es adalah mematikan lemari pendingin. Semua kulkas memiliki tombol khusus untuk lemari pendingin. Matikan dulu bagian ini sebelum memulai proses pembersihan.

2. Keluarkan Isi lemari Pendingin
Langkah selanjutnya adalah dengan mengeluarkan seluruh isi lemari pendingin. Langkah ini sangat diperlukan karena bila tidak dikeluarkan, selain sangat mengganggu prosess pembersihan, barang yang ada di dalam juga bisa rusak karena karena naiknya suhu.

3. Cairkan Es Secara Manual
Bisa saja kamu menunggu es itu mencari dengan sendirinya namun hal itu bisa memakan waktu cukup lama. Untuk memabantu mempercepat proses pencairan, kamu bisa menggunakan pengering rambut. Cara ini sangat praktis dan cepat. Selain itu cara ini juga tidak akan merusak kualitas lemari es kamu. Saat melakukan proses ini, jangan lupa untuk mencari saluran pembuangan di dalam freezer karena biasanya kebanyakan lemari es modern memiliki saluran pembuangan air khusus yang memang disiapkan untuk saat-saat seperti ini. Lindungi bagian luar lemari es dengan kain atau apapun yang bisa menyerap air dan jangan sampai terjadi kubangan di luar lemari es.

4. Keringkan Sisa Air
Setelah es sudah mencari semua, gunakan handuk atau Kanebo untuk mengeringkan bagian dalam kulkas. Hal ini sangat penting dilakukan karena proses yang sudah dilewati akan sia-sia saja kalau bagian dalam kulkas masih basah saat dihidupkan. Bunga es akan segera terbentuk kembali dan kamu harus mengulangi proses ini dari awal. Jadi jangan lupa untuk membuat lemari es benar-benar kering sebelum kamu menghidupkan kemabli kulkas kamu. Banyak orang yang melupakan hal ini dan akhirnya justru harus mengulang proses pembersihan dalam jangka waktu dekat.

5. Periksa Segel
Hal ini juga sering dilupakan oleh para pemiliki kulkas karena merasa bahwa hal ini tidak masuk dalam langkah pembersihan. Sebenarnya hal ini sangat penting karena dengan melakukan cek ini pada saat pembersihan, kamu bisa dengan jelas melihat bagian-bagian kulkas yang tadinya tertutup es. Dengan melakukan pengecakan ini, kamu bisa mengetahui kerusakan segel dan kerusakan lainya secara dini.

Comments

comments