Penggunaan baterai isi ulang kini lebih banyak digunakan dibandingkan dengan baterai satu kali ganti, pasalnya baterai isi ulang bisa lebih hemat dibandingkan dengan baterai satu kali ganti.

Memang tergantung dari jenis dan buatannya, namun rata-rata baterai NiMH bisa diisi ulang 500-1000 kali.

Adapun sekilas tips yang akan pricearea.com share agar baterai NiMH dapat digunakan selama mungkin.

ƒ¼‚ ‚ ‚ ‚ ‚  Disarankan ketika pertama kali Anda mendapatkan baterai NiMH baru, agar langsung diisi ulang (charge) sampai penuh sebelum pemakaian untuk pertama kali, walaupun pada indikator baterai pada ponsel misalnya, baterai tersebut menunjukkan dalam keadaan penuh.

ƒ¼‚ ‚ ‚ ‚ ‚  Isi ulang dilakukan setelah anda memakainya (bukan terus-terusan diisi ulang). Walaupun sebagian alat isi ulang baterai mempunyai fitur untuk “pengosongan” (discharge), sebaiknya fitur ini jangan digunakan sampai baterai NiMH tersebut sudah diisi ulang secara nornal (tanpa discharge) sebanyak 10 kali atau lebih.

ƒ¼‚ ‚ ‚ ‚ ‚  Jangan menjatuhkan baterai NiMH ke lantai atau tempat yang keras.

ƒ¼‚ ‚ ‚ ‚ ‚  Jangan memasukkan baterai NiMH ke tas ataupun kantung celana tanpa penutup karena hubungan pendek (korslet) bisa saja terjadi bila bersentuhan dengan benda besi seperti uang logam, kunci dan lainnya.

ƒ¼‚ ‚ ‚ ‚ ‚  Pastikan bahwa baterai NiMH yang anda beli dapat menghindarkan masalah “Overcharging” atau terlalu lama diisi ulang karena masalah ini adalah salah satu penyebab sering rusaknya baterai NiMH.

ƒ¼‚ ‚ ‚ ‚ ‚  Jika baterai NiMH akan tidak digunakan dalam waktu yang lama, setidaknya anda harus melakukan isi ulang minimal seminggu sekali.

Dalam kondisi suhu normal, baterai NiMH akan kehilangan daya sekitar 1% per harinya dan semakin tinggi atau rendah suhunya maka kehilangan daya tersebut akan semakin besar.

Adapun kelebihan dari baterai NiMH ini antara lain adalah semakin sering digunakan maka baterai dapat bertahan lebih lama.

Jika baterai NiMH akan tidak digunakan dalam waktu yang lama, setidaknya anda harus melakukan isi ulang minimal seminggu sekali.

Comments

comments