Saat ini banyak sekali ponsel Android murah yang bisa kita temukan di pasaran dan dengan banyaknya barang tersebut, maka persebaran handphone Android pun juga semakin luas. Meskipun demikian, banyak orang yang belum faham benar dengan handphone mereka. Masih banyak hal-hal yang sesungguhnya sangat penting namun belum diketahui oleh orang-orang yang menggunakan Smartphone. Oleh karena itu sudah sepantasnya orang-orang yang memiliki akses atu kemampuan untuk membeli Smartphone memiliki pengetahuan dasar yang mungkin saja akan sangat membantu. Contoh saja seperti penghematan paket data. Hal ini sangat sederhana dan cara-cara yang harus digunakan untuk melakukanya pun sangat sederhana, namun masih banyak orang yang tidak tahu cara melakukanya.

Paket Data Android

Ada beberapa hal bisa Anda lakukan untuk menghemat paket data yang Anda miliki dan cara-cara tersebut antara lain adalah:

1. Manfaatkan Chrome Data Saver
Bagi orang-orang yang hobi surfing dari handphone, hal ini adalah hal wajib yang harus dilakukan. Fitur pada Chrome ini mampu mengompresi seluruh traffic dan membuat beban data yang Anda keluarkan menjadi jauh lebih kecil. Masuk pada bagian “Setting” di Chrome Anda dan Anda akan dengan mudah menemukan fitur ini.

2. Matikan Sinkronisasi yang Tidak dibutuhkan
Sinkronisasi nomer telepon dan chat room atu social media sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, jadi Anda bisa saja tidak melakukan hal itu. Hal seperti ini menyedot data lumayan banyak dan dengan tidak melakukanya Anda akan bisa menghemat data cukup banyak.

3. Atur Limit Data
Hal ini memang agak rumit, namun jika Anda melakukanya, maka Anda bisa menghemat begitu banyak data. Hal ini adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan jika Anda ingin menghemat paket data yang Anda miliki.

4. Pembaharuan Aplikasi
Seringkali beberapa aplikasi yang terpasang di handphone Anda meminta update. Tentu saja Anda harus tetap melakukanya, namun jangan lakukan itu dengan paket data yang Anda miliki. Anda bisa melakukanya dengan mengkoneksikan handphone Anda dengan Wifi.

5. Kurangi Penggunaan Video Streaming
Ada beberapa aplikasi video streaming yang saat ini bisa di download dengan mudah. Namun Anda harus ingat bahwa video streaming sangat menguras data dan dengan tidak memilikinya Anda bisa menghemat banyak sekali data. Jika memang ingin melihat sesuatu yang penting dari youtube.com atau situs streaming lainya, disarankan untuk menggunakan koneksi internet dari komputer.

Smartphone Android
Smartphone Android

Baca Lainnya: 3 Aplikasi Untuk Membuat Video dari Lagu dan Foto Pada Android

Cara-cara diatas adalah cara-cara yang sebenarnya cukup sederhana, namun banyak orang yang belum tahun mengenai hal tersebut. Saat ini paket data memang jauh lebih murah daripada dulu, namun itu bukan alasan bagi Anda untuk menggunakan cara-cara khusus dalam menghemat paket data. Dengan cara-cara diatas, tanpa terasa Anda akan sangat berhemat.

Comments

comments