Menyetir
Menyetir | http://www.eamonndorling.co.uk/

Keselamatan merupakan bagian utama dalam berkendara. Dengan menjunjung keselamatan, pengemudi bisa melindungi diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Hingga kini, sudah banyak kasus kecelakaan mobil yang terjadi di seluruh dunia. Penyebabnya ada bermacam-macam. Pengemudi yang mahir dan sudah memiliki ‘jam terbang’ yang tinggi saja bisa mengalami kecelakaan, apalagi yang masih baru alias pemula.

Makanya, ada tips mengemudi aman untuk pemula yang wajib Anda perhatikan supaya bisa tetap aman di jalan raya:

  1. Patuhi Peraturan dan Rambu Lalu Lintas

Banyak pengemudi yang mengalami kecelakaan karena tidak mematuhi peraturan dan rambu lalu lintas. Taat aturan untuk mencegah kecelakaan adalah cara dasar yang harus dilakukan pengemudi pemula.

Disarankan, pengemudi pemula tetap fokus dan melihat kondisi sekitar. Carilah rambu jalan dan ikuti. Jika pengemudi pemula tidak mengetahui jalan yang sedang ditempuhnya, lihat papan penunjuk jalan dan ikuti petunjuk itu. Jangan sesekali memacu kendaraan di atas batas normal dan tetap jaga kecepatan yang aman agar bisa lebih berhati-hati.

 

  1. Abaikan Semua Gangguan

Ketika sedang mengemudi, supir diwajibkan untuk mengabaikan semua hal yang bisa mengalihkan perhatian berkendara. Bisa saja, musik yang sedang diputar dari dalam mobil mengalihkan perhatian sang sopir. Untuk itu, usahakan tidak menyalakan musik dengan volume terlalu keras.

Menjawab telepon pun bisa menjadi pengalih perhatian. Seharusnya, ketika sopir sudah masuk ke dalam mobil, fokus utama yang harus dilakukan adalah tetap konsentrasi mengemudi. Semua hal yang bisa mengganggu aktivitas mengemudi bisa dikerjakan belakangan. Jadi, tetap konsentrasi pada jalan dan cara mengemudi sehingga tidak terganggu saat mengemudi.

 

  1. Berhati-hati dengan Kendaraan Lain

Meski Anda sudah berhati-hati dengan cara mengemudi, perilaku pengendara lain pun menjadi faktor keselamatan di jalan. Anda tidak mungkin mengontrol perliaku pengendara lain di sekitar Anda. Berkendaralah dengan hati-hati dan waspada dengan kebiasaan mengemudi mobil di depan, belakang, dan samping Anda.

Jaga jarak aman dari kendaraan lain untuk menghindari tabrakan. Berada jauh dari kendaraan lain juga bisa membuat Anda memiliki cukup jarak dan waktu untuk mengerem kendaraan tanpa menabrak mobil di depan. Dengan menyadari perilaku orang lain di jalan, Anda dapat menghindari terjadinya kecelakaan.

 

  1. Selalu Periksa Kendaraan Anda

Keselamatan di jalan juga tergantung pada kondisi kendaraan. Disarankan untuk selalu menjaga kondisi mobil dengan rutin memeriksa komponen sebelum mengemudi. Jika sudah yakin semua komponen kendaraan bisa berfungsi dengan benar, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan di jalan dan akan memastikan keselamatan Anda.

Hal yang perlu dicek sebelum berangkat adalah kadar air radiator, kondisi ban, wiper, rem, dan beberapa komponen lain yang berpengaruh besar terhadap keselamatan perjalanan.

 

Bila sudah memahami benar tips tersebut, maka Anda sudah siap mengemudi. Belilah mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda di PriceArea. Ada banyak harga mobil baru 2015 yang bisa Anda pilih. Ada harga mobil Honda, harga Daihatsu Xenia, dan masih banyak merek lainnya.

Comments

comments