Kamu tidak sengaja menghapus file penting di handphone Android kamu? Jangan galau dulu. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan file yang telah tidak sengaja kamu hapus tadi. Cara ini berlaku untuk semua merk smartphone yang berbasis android.

recovery

Kamu dapat mengembalikan file atau data yang telah terhapus tadi dengan mudah. Hal ini biasanya dilakukan untuk file yang belum lama dihapus. Untuk file yang telah lama terhapus akan lebih sulit untuk dilacak karena jejaknya sudah tertimpa dengan jejak-jejak baru. Simak cara mengembalikan file yang telah terhapus berikut ini.

1. Mengembalikan file yang terhapus tanpa Root (PC)

Aplikasi yang akan digunakan ini sangatlah umum digunakan untuk berbagai macam platform. Tentunya hal ini tidak membutuhkan akses Root terlebih dahulu. Kamu hanya perlu install aplikasi ini di computer bebasis Windows. setelah terinstal dengan benar, maka langkah berikutbnya adalah sebagai berikut:

a. Hubungkan memori ponsel dengan computer melalui kabel data atau menggunakan card reader.
b. Pastikan juga memori telah terdeteksi oleh aplikasi ini
c. Pilihlah jenis file yang akan kamu kembalikan. Tekan all file jika kamu ingin mengembalikan semua file ke memori kamu, tentunya hal ini akan membuat proses pencarian bertambah lama.
d. Pilih lokasi mana yang akan menjadi tempat untuk menaruh file yang hilang tadi
e. Recuva akan mencari file yang hilang tersebut secara otomatis. Semakin besar kapasitas memorimu, maka semakin lama proses pencarian.
f. Simpan file yang sudah direcovery tersebut ke dalam hardisk computer kamu untuk menghindari konflik.

2. Mengembalikan file yang terhapus di Android dengan menggunakan aplikasi

Cara kedua ini dapat dilakukan di dalam handphone android itu sendiri. Kamu hanya tinggal unduh dan jalankan aplikasi DiskDigger undelete di playstore. Untuk melakukan cara ini kamu juga perlu akses root di Android kamu. Perlu kamu ketahui untuk aplikasi DiskDigger undelete versi free hanya dapat mencari dan mengembalikan file bertipe foto atau video saja. Bila kamu ingin mengembalikan file diluar jenis tersebut, maka kamu harus mengupgradenya ke versi pro dengan cara membayar.

Comments

comments