Memilih Jaket Kulit yang baik mutlak hukumnya bagi bikers. Sebagai kelengkapan berkendara, jaket sangat penting untuk para bikers. Selain melindungi tubuh dari hantaman angin pada kecepatan tinggi, jaket juga melindungi anda dari terik matahari di siang hari dan dinginnya angin di malam hari. Untuk itu setiap berkendara, jaket tidak boleh ketinggalan, terutama jika anda melakukan perjalanan jauh. Jaket untuk para bikers pun sangat banyak macamnya, salah satunya adalah jaket kulit.

Untuk para pengendara sepeda motor, jaket kulit jelas lebih baik dari jaket jenis lain. Hal ini karena jaket kulit dapat mencegah angin masuk ke dalam tubuh anda. Selain itu, jaket yang terbuat dari kulit yang sangat nyaman digunakan; adem tidak seperti jaket kebanyakan yang terasa panas. Dari banyaknya jaket kulit yang ada di pasaran, seperti biasa, ada yang asli dengan kualitas bagus dan ada pula yang KW dengan kualitas ‘seadanya’. Untuk anda yang ingin membeli jaket kulit, berikut tips berguna untuk anda agar tidak kecewa saat membeli dan memilih jaket kulit yang sesuai untuk anda.

Tips Mudah Memilih Jaket Kulit

1. Jenis Kulit

memilih jaket kulit

Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat jaket sepeda motor adalah kulit domba dan kulit sapi. Kulit domba lebih ringan dan sangat nyaman untuk dikenakan. Selain itu, kulit sapi terlalu panas saat dipakai berbeda dengan kulit domba yang tetap dingin. Hal ini tentunya membuat harga jaket kulit dari domba lebih mahal daripada dari kulit sapi. Oleh karenanya memilih jaket kulit yang pas dan nyaman sangat ditentukan dari bahan yang digunakannya.

2. Kulit Asli atau Sintetis?

Memilih Jaket Kulit

Biasanya untuk membedakan dua jaket kulit antara asli dan sintesis cukup mudah. Hal ini karena penjual jaket biasanya akan terus terang bahwa jaket kulit yang dijualnya itu jaket dari kulit asli ataukah kulit sintesis. Biasanya harga jaket kulit sintesis lebih murah daripada kulit asli. Namun tentu saja kualitasnya tidak lebih bagus. Untuk membedakannya anda bisa memilih jaket kulit yang memiliki bau yang cukup khas. Untuk yang asli biasanya berbau kulit yang khas. Hal itu hanya untuk memastikan saja kalau-kalau ada penjual yang tidak jujur.

3. Jaket tidak Melar

Memilih Jaket Kulit

Ciri khas dari jaket kulit yang bagus adalah tidak melar namun tetap kuat. Jaket kulit yang elastis biasanya itu bukan kulit asli akan tetapi terdapat campuran bahan lain. Anda bisa saja memilih jaket kulit yang melar dengan resiko kualitas yang tidak terlalu bagus. Namun jika anda mencari yang berkualitas maka belilah yang tidak melar. Tentu saja dengan harga yang lebih mahal.

4. Semakin Sedikit Jahitan Semakin Baik

Memilih Jaket Kulit

Jaket kulit, jika semakin simple desainnya maka semakin baik. Bagian yang paling cepat rusak dari jaket kulit adalah bagian jahitannya tersebut. Hal ini karena biasanya benang jahitan tidak sekuat kulit jaketnya. Maka pilihlah jaket kulit dengan sedikit jahitan di dalamnya.

5. Tes Pembakaran

Memilih Jaket Kulit

Tentu saja bukan dengan membakar seluruh bagian jaket, tapi di titik tertentu saja. Dengan menggunakan korek api, bakarlah satu titik di jaket kulit. Jaket kulit yang asli tidak akan membekas walaupun terkena api. Sedangkan jaket yang KW, karena ada campuran bahan lain seperti plastik dan karet, biasanya akan meninggalkan bekas terbakar. Dari situ anda bisa memilih jaket kulit yang menjadi incaran anda.

Baca Juga: 4 Aksesoris Sakti Untuk Pengendara Motor

Itulah beberapa tips untuk memilih jaket kulit yang bagus. Tentu saja untuk membeli jaket kulit itu semua tergantung pada anda. Setiap orang mempunyai kemampuan finansial berbeda. Jika boleh memberi saran, jikalau anda ingin membeli jaket kulit berkualitas tapi dana terbatas, belilah jaket kulit buatan dalam negeri. Memang tidak branded, tapi bisa dipastikan kualitasnya jauh di atas jaket kulit KW. Selain itu harganya juga cukup terjangkau.

Comments

comments