[adsense]Kali ini pricearea.com akan berbagi tips untuk memilih dan menggunakan GPS, karena terkadang ada banyak orang salah untuk menentukan pilihan mengenai GPS dan menggunakannya. Berikut penjelasan dari cara memilih dan menggunakan GPS.

  1. Tentukan tujuan untuk apa Anda membeli GPS ini, karena GPS memiliki peruntukannya masing-masing, yaitu, darat, laut, udara, dan tracking dan Survey Equipment Supplies, setelah itu baru Anda menentukan merek yang akan Anda pilih.
  2. Pertimbangkan mengenai harga, memang jika Anda memiliki uang yang banyak dan berlebih tidak ada salah nya untuk tidak mempertimbangkan harga namun jika sebaliknya lebih baik Anda mencari GPS yang sesuai dengan tujuan pada point 1 diatas, artinya Anda harus benar-benar membeli GPS yang sesuai dengan tujuan/ peruntukannya.
  3. Berfikir untuk ditaruh dimana GPS yang Anda beli ini juga sangat penting, misalnya Anda membutuhkan GPS untuk pemetaan perjalanan darat. Anda harus menentukan, GPS itu akan Anda gunakan di mobil, sepeda motor, atau sepeda karena Setiap GPS untuk setiap jenis kendaraan itu memiliki karakternya masing-masing.
  4. Jika GPS itu akan Anda taruh di mobil, pilih yang memiliki layar lebar, pasalnya jika dengan kondisi layar yang lebar dapat lebih nyaman untuk dilihat.
  5. Jika kaca mobil Anda berbahan dasar metal, sebaiknya Anda melengkapi peranti ini dengan antena luar. Soalnya, sinyal GPS tidak bisa menembus kaca film yang berbahan dasar logam.
  6. Ketika GPS itu akan ditaruh di sepeda maupun sepeda motor, sebaiknya ‚ pilih yang anti-air. Pasalnya pada kendaraan roda dua, sangat rentan terhadap hujan.
  7. Setel GPS sebelum kendaraan berjalan. Akan berbahaya bila Anda melakukan keduanya pada saat yang bersamaan. Klik GPS Survey Equipment dan Survey Equipment Supplies.
  8. Lebih baik menyimpan GPS saat kendaraan parkir di tempat umum.
  9. Anda yang suka menjelajahi daerah baru, pilihlah GPS yang memiliki fitur track log.

10.‚  Bandingkan harga dan bonus-bonus yang diberikan oleh penyedia GPS. Dengan harga sama, biasanya penjual memberikan bonus berupa memory card dengan kapasitas yang berbeda.

11.‚  Pastikan berapa besar berapa besar memori dapat diisi dengan peta baru. Peta terus berkembang dan membutuhkan kapasitas memori yang lebih besar.

12.‚  Pilih GPS yang memiliki slot untuk ekspansi memori (GPS Equipment).

13.‚  Pastikan untuk menggunakan GPS (GPS Survey Equipment) yang memang cocok untuk keperluan tersebut. Kebutuhan yang sangat membutuhkan akurasi tinggi ini tidak akan terpenuhi oleh ponsel ber-GPS.

14.‚  Cari GPS yang kokoh.

15.‚  Ketika membeli GPS Equipment, sebaiknya pilih yang memiliki peta dasar Pasifik. Disitu akan tertera wilayah Indonesia. Sebaiknya Anda memperhatikan hal ini, lebih-lebih bila membeli GPS dari luar negeri.

16.‚  Jangan lupa untuk mengecek masa garansi. Biasanya penjual memberikan garansi hingga setahun.

17.‚  Jika Anda ingin menjajal-jajal dulu dengan PDA plus bluetooth GPS sebelum beli yang 100% GPS, tak masalah. Hasilnya cukup memuaskan. Kendati GPS PDA tak sesempurna GPS sungguhan.

18.‚  Terus mengikuti perkembangan peta.[adsense2]

Comments

comments