Lebaran adalah hari yang spesial untuk semua umat Islam, khususnya yang berada di Indonesia. Tradisi bersih-bersih rumah menjelang pun menjadi rutinitas yang seakan wajib dilakukan menjelang hari lebaran tiba. Hal ini dilakukan karena pada saat lebaran tiba, banyak tamu yang akan berdatangn ke rumah untuk bersilaturahmi, baik tetangga, kerabat, hingga keluarga yang jauh. Oleh sebab itu tak jarang orang meluangkan waktu barang sehari untuk membersihkan rumah. Pekerjaan tersebut terasa lebih berat karena dilakukan menjelang lebaran yang artinya masih dalam bulan Ramadhan.

Bersih-bersih rumah saat puasa akan lebih menantang kita untuk tahan haus dan lapar. Ditambah lagi saat itu, mereka yang memperkejakan pembantu, tidak bisa lagi meminta untuk dibantu karena mereka biasanya pulang kampung? Lalu bagaimana agar bersih-bersih rumah saat menjelang lebaran tidak menjadi beban? Nah, anda perlu tahu tips berikut ini agar kegiatan bersih-bersih anda lebih efektif dan efisien.

Membersihkan Dapur
Dapur adalah ruangan yang selalu dipakai setiap hari oleh pemilik rumah. Tiap kali dipakai, dapur akan meninggalkan bekas kotoran sisa memasak ataupun mencuci piring. Jika sisa kotoran tersebut tidak dibersihkan, maka akan segera menumpuk dan menjadi masalah baru di dapur. Kebersihan dapur sangat berpengaruh terhadap kesehatan penghuninya. Maka dari itu, meskipun tidak menjelang lebaran, membersihkan dapur juga perlu dilakukan secara rutin. Bagian dapur yang perlu sering dibersihkan adalah wastafel.

pricearea_artikel_1

Bersihkan wastafel dengan menggunakan sabun anti-bakteri sehingga dapat membersihkan secara maksimal. Selain itu, kebersihan lantai juga perlu dengan cara menyapu dan mengepelnya. Kitchen set pun akan terlihat makin kusam seiring waktu. Anda bisa membersihkannya dengan lap yang sudah dicelupkan ke cairan pembersih khusus kayu. Kalau dapur sudah bersih maka memasak pun akan menjadi kegiatan yang menyenangkan, selain juga masakan anda lebih sehat dan higienis.

Membersihkan Kamar Mandi
Kamar mandi pun salah satu ruangan yang termasuk cepat kotor dalam suatu rumah. Seperti dapur yang digunakan setiap hari oleh pemiliknya, kamar mandi pun digunakan untuk mandi sehari-hari sehingga tak bisa dipungkiri kalau kamar mandi akan cepat kotor. Pertama yang dilakukan adalah membersihkan kerak yang menempel pada dinding kamar mandi. Saat ini banyak sekali produk cairan penghilang kerak di dinding yang bahkan bisa bekerja sangat cepat. Hilangnya kerak yang menempel pada dinding kamar mandi dan kolam akan membuat runagan akan terasa sejuk dan fresh. Selain itu, tidak ada bau yang tertinggal di dalamnya.

[listingterkait judul’Rumah’]

Karena kamar mandi kemungkinan juga akan digunakan oleh banyak tamu anda, jangan sembarangan membesihkan kamar mandi. Tips yang kedua adalah membersihkan saluran air. Hal ini menjadi sangat penting mengingat ketika mandi kita akan menghabiskan banyak sekali air. Jika saluran macet, bisa-bisa air menggenang di kamar mandi. Tentunya hal ini tidak diinginakan mengingat banyak tamu yang akan datang kerumah dan kemungkinan akan menggunakan kamar mandi.

Membersihkan ruang tamu
Inilah yang paling penting untuk dibersihkan, yaitu ruang tamu. Ruangan ini adalah tempat dimana semua tamu-tamu anda berkumpul saat lebaran. Membersihkan ruang tamu tentunya bisa dilakukan dengan cepat karena mungkin anda sudah biasa melakukannya setiap hari. Akan tetapi, khusus untuk menjelang lebaran, anda harus menyiapkan perawatan khusus untuk ruang tamu ini. Jika pada hari biasa dilakukan dengan cara yang biasa dan hanya luaran saja, maka untuk kali ini harus semua aspek ruang tamu dibersihkan semaksimal mungkin.

Caranya adalah dengan memindahkan untuk sementara semua aksesoris dan perabot di ruang tamu ke tempat yang luas, misalnya halaman. Setelah ruang tamu kosong, bersihkan lantai. Setelah itu lantai perlu dipel agar mengkilap dan wangi. Tidak hanya lantai yang menjadi perhatian, akan tetapi tembok. Biasanya banyak pernak-pernik aksesoris dan hiasan yang menempel di dinding. Ada baiknya juga anda membersihkannya dari debu yang menempel.

Setelah ruangan sudah beres, maka masukkan furniture satu-satu. Pertama harusnya karpet karena ia diletakkan paling bawah. Anda pun bisa mencucinya lebih dahulu agar senantiasa bersih. Setelah karpet, barulah sofa dan aksesoris dimasukkan ke ruang tamu. Jika dirasa sofa anda membuat gatal, segeralah cuci sofa tersebut sampai bersih. Itulah mengapa ruang tamu menjadi penting untuk dibersihkan menjelang Ramadan.

Membersihkan teras dan halaman
Keduanya merupakan ‘muka’ dari setiap rumah yang terlihat dari depan. Jika teras dan halaman rumah terlihat bersih, maka tak akan membuat orang-orang merasa segan. Membersihkan teras dan halaman bisa menghabiskan waktu seharian. Hal ini karena luas halaman biasanya lebih besar dari ruangan manapun di dalam rumah. Membersihkan teras bisa dilakukan dengan semua anggota keluarga anda. Pertama, bisa dengan menyapu lalu mengepelnya.

Lalu dengan membuang benda-benda yang tidak berguna. Tata kembali pot bunga yang berantakan agar rapi kembali. Membersihkan halaman akan menjadi kegiatan yang melelahkan. Anda harus membersihkan sampah yang berserakan lalu memotong rumput agar tidak terlalu panjang. Membersihkan area luar memang melelahkan apalagi dilakukan ketika sedang puasa.

Mengecat Ulang Tembok Rumah
Mengecat rumah kembali agar lebih tegas juga bisa dilakukan untuk menjelang lebaran. Mengecat rumah lebih baik dengan warna yang cerah agar rumah tampak lebih segar. Mengecat rumah biasa dilakukan banyak orang saat menjelang. Mereka mengaku ingin tampil berbeda saat lebaran, terutama saat banyak tamu yang datang. Dengan penampilan yang berbeda diharapkan anda pun akan mengalami perubahan yang lebih baik lagi setelah lebaran.

Membersihkan ruangan dari atas ke bawah
Tips selanjutnya untuk membersihkan rumah menjelang lebaran adalah dengan melakukannya dari atas ke bawah. Dalam prakteknya, untuk membersihkan ruang tamu misalnya, lakukanlah lebih dulu bagian langit-langit, setelah itu tembok dan baru terakhir lantai. Hal ini dilakukan agar tidak mengulang pekerjaan anda. Jika anda melakukannya terbalik (dari bawah ke atas) lantai yang sudah bersih akan kembali terkotori karena kotoran dari langit-langit dan tembok turun ke lantai. Hal ini membuat anda harus mengulang untuk menyapu dan mengepelnya lagi.

Menyimpan sementara perabot dan aksesoris
Terkadang rumah terlihat begitu penuh karena terlalu banyak perabotan dan aksesoris yang dipasang. Saat lebaran, dimanan banyak orang akan berkunjung ke rumah anda tentunya perabotan dan aksesoris itu akan semakin membuat ruangan terasa sempit. Sebaiknya saat menjelang lebaran, simpan dulu perabot dan aksesoris yang tidak terlalu penting ke dalam gudang. Hal ini dilakukan untuk menyediakan space lebih dii ruang tamu agar longgar saat tamu berdatangan. Rumah yang longgar akan terasa nyaman sehingga tamu betah berlama-lama di rumah anda.


Itulah beberapa tips jitu membersihkan rumah menjelang labaran yang bisa anda lakukan. Namun ada catatan, setiap rumah memiliki desain dan ukuran berbeda sehingga perlakuan dan membersihkannya pun bisa berbeda pula.

Comments

comments