Dalam kehidupan sehari-hari kita tak bisa lepas dari yang namanya parfum. Wewangian itu sangat penting untuk menunjang penampilan baik untuk fashion pria maupun fashion wanita. Banyak sekali jenis parfum yang ada saat ini, dari mulai yang harganya puluhan ribu hingga puluhan juta. Memang kualitas parfum tidak bisa hanya dilihat tampakannya seperti kita memilih baju. Apalagi jika kita membeli parfum isi ulang, kita tak pernah tahu parfum itu asli atau palsu. Kita biasanya langsung tergiur jika ada promo terbaru yang ditawarkan suatu produk, tanpa melihat kualitasnya. Nah, untuk menghindari penipuan yang mungkin menimpa anda, berikut tips yang berguna dalam membeli pafrum isi ulang yang asli:

Membeli Parfum Isi Ulang untuk Keperluan Fashion

1. Lihat Botolnya

Parfum Isi Ulang

Jika dalam melihat kualitas orang, cover atau bungkus itu tidak penting, lain halnya dalam membeli sesuatu, misalnya parfum isi ulang. Pertama kali anda harus melihat botolnya. Jika kemasan botol itu sudah banyak yang lecet, maka parfun itu diragukan kualitasnya. Parfum yang asli harusnya memiliki botol yang masih mulus. Kedua adalah tutupnya. Parfum yang masih benar-benar baru akan sulit dibuka tutupnya. Berbeda dengan kemasan yang sudah pernah dibuka sebelumnya. Yang terakhir adalah semprotan parfumnya. Parfum baru yang asli baru akan keluar jika dipencet 2 atau 3 kali. Jika anda membeli parfum untuk pelengkap kemeja batik anda, lalu memencetnya sekali dan langsung keluar, maka parfum itu diragukan keasliannya.

2. Lihat Cairannya

Biasanya orang tidak terlalu memperdulikan cairan parfum. Ketika mereka sudah menemukan aroma yang mereka cari, maka sudah langsung membelinya. Tahukan anda perbedaan parfum asli dan palsu jika dilihat dari cairannya? Biasanya parfum asli memiliki cairan yang bening tak ada kotoran atau partikel kecil apapun. Sedangkan cairan parfum tiruan memiliki endapan di bawah botol seperti partikel-partikel kecil. Memang sulit untuk melihatnya. Anda bisa menggunakan lampu terang atau senter untuk mengeceknya.

3. Mengocok Parfum

Cara lain untuk memastikan keaslian sebuah parfum adalah dengan cara mengocoknya. Cobalah mengocok parfum itu 3-5 detik lalu biarkan. Pasti akan timbul buih-buih setelahnya. Nah, jika buihnya menghilang dalam waktu kurang dari 10 detik, maka bisa dipastikan parfum itu asli. Sebaliknya, jika lebih dari itu, anda bisa pertanyakan lagi, apakah itu asli atau tidak. Mudah bukan?

4. Menyemprotkan ke Kulit

Parfum Isi Ulang

Anda bisa menyemprotkan parfum isi ulang yang ingin dibeli ke kulit anda untuk memastikan keaslian parfum.  Dimana-mana biasanya ketika mau membeli parfum anda bisa mencoba testernya. Perbedaan parfum isi ulang asli dan palsu adalah sensasi yang ditimbilkannya. Jika anda merasakan sensasi dingin yang sangat pada kulit anda, maka bisa dipastikan parfum itu tidak asli. Kebanyakan parfum tiruan mengandung alkohol yang lebih banyak daripada benih parfumnya. Parfum yang asli jika disemprotkan ke kulit hanya akan menimbulkan sensasi dingin yang biasa.

Baca Juga: 5 Parfum Original Dengan Botol Unik dan Aneh

5. Harga

Kita tahu parfum yang asli dengan kualitas tinggi tidak murah. Apalagi merk-merk terkenal yang dipakai artis Hollywood misalnya, harga aslinya yang bisa mencapai jutaan rupiah. Jika anda mendapati parfum semacam itu dengan harga hanya puluhan ribu rupiah saja, bisa dipastikan parfum itu KW alias tiruan. Memang perlu berkorban sedikit uang untuk mendapatkan sesuatu yang berkualitas. Orang jawa bilang ono rego ono rupo artinya ‘ada harga, ada kualitas yang didapat’.

Nah, cukup mudah bukan untuk membedakan mana parfum yang asli dengan yang tidak. Anda tidak perlu melakukan penelitian ilmiah di laboratorium untuk memastikan keasliannya.

Comments

comments