Membeli dress batik untuk berbagai keperluan pesta sangatlah penting. Batik sebagai pakaian tradisional Indonesia sekarang tidak hanya digunakan oleh orang tua saja. Bahkan anak muda pun sudah mau menggunakan batik. Tak heran sekarang banyak model batik yang terlihat segar dan stylish, sehingga anak muda tidak risih untuk memakainya. Batikpun bisa dipakai ke pesta maupun acara formal lainnya. Tentunya, untuk pergi ke sebuah acara resmi yang dihadiri banyak orang, anda harus tampil maksinal. Bagaimana agar dress batik yang anda kenakan membuat anda tampil cantik dan elegan, tapi di sisi lain tetap mempertahankan nilai-nilai ke-Indonesiaannya? Berikut kami berikan tips untuk membeli dress batik agar anda bisa tampil maksimal di pesta ataupun acara resmi lainnya.

Tips Membeli Dress Batik untuk ke Pesta

Sesuaikan Batik dengan Nuansa Pesta

Tips Membeli Dress Batik untuk ke Pesta

Setiap acara resmi baik itu pesta maupun pertemuan formal pasti mempunya tema tersendiri. Setiap acara punya tema yang berbeda dengan yang lainnya. Ada pesta pernikahan yang tentunya berbeda dengan gala dinner ataupun pertemuan resmi kenegaraan atau perusahaan tempat anda bekerja. Semuanya mempunyai tema. Jika anda sudah tau tema acara yang akan anda hadiri tersebut, maka pilihlah dress batik sesuai tema. Membeli dress batik yang dikenakan saat pesta pernikahan harus berbeda dengan yang anda kenakan saat menghadiri gala dinner, dsb.

Memilih Motif yang Tepat

Tips Membeli Dress Batik untuk ke Pesta

Di Indonesia, jenis dan motif batik sangat beragam. Setiap daerah mempunyai batik dengan motif yang dan cirri khas yang berbeda. Misalnya saja batik Pekalongan dengan batik Palembang, tentu kedua-duanya memiliki pola dan motif yang berbeda. Setiap motif memiliki nuansa yang berbeda saat dikenakan oleh pemiliknya. Motif batik yang geometris dan terlihat urut seperti motif batik Truntum ataupun Jlamprang, sangat cocok untuk dikenakan di acara resmi. Sementara itu, untuk pesta yang agak sedikit santai, anda bisa mengenakan dress batik dengan motif flora fauna. Motif ceria itu akan membuat anda tampil bersinar.

Bahan Dress Batik

Sebagai pakaian yang mulai digandrungi oleh masyarakat tua maupun muda, batik tampil dengan beberapa pilihan bahan. Pilihan bahan itu biasanya disesuaikan dengan jenis acara ataupun ‘tingkat keresmian’ sebuah acara. Jika akan menghadiri pesta yang formal, ada baiknya memilih kain batik yang terbuat dari sutra. Itu akan membuat anda tampil elegan dan mewah. Sementara itu, untuk acara agak santai, bahan katun akan menjadi pilihan tepat. Terutama sifat katun yang adem dan menyerap keringat akan sangat nyaman digunakan delam waktu lama.

Warna Batik

Tips Membeli Dress Batik untuk ke Pesta

Warna juga ikut berperan dalam menentukan modis tidaknya saat anda mengenakan batik di acara pesta. Tipikal kulit orang Indonesia berbeda satu sama lain. Ada kulit gelap, sawo matang, dan putih. Semua warna kulit tentu saja punya eksotismenya masing-masing. Jika anda kulitnya sawo matang (khas kulit orang Indonesia) maka segala jenis warna mungkin bisa cocok. Tapi jika kulit anda putih, usahakan jangan memakai dress dengan warna cerah agar penampilan anda tidak terlalu mencolok. Bagi yang punya kulit gelap, pakailah dress batik dengan warna cerah agar anda tidak terlihat kusam.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kain Batik Tradisional yang Baik

Tempat Berbelanja

Tidak jarang orang mempersiapkan dress batik untuk pesta, hanya beberapa hari sebelum hari H. Ini tentu cukup beresiko karena anda hanya punya sedikit waktu untuk memilih kain batik mana yang sesuai. Saran kami jika ingin membeli dress batik tapi tidak punya waktu, anda bisa gunakan fasilitas online. Shop Dress online juga menyediakan pilihan beragam untuk dress batik pesta anda.

Comments

comments