Ketika Anda beli proyektor, tentu Anda ingin segera memasangnya di ruangan pilihan Anda – dan tentunya hal ini cukup menyulitkan, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali membeli proyektor. Dalam memasang proyektor di dalam ruangan memiliki beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan gambar dengan proyeksi terbaik. Berikut beberapa tips cepat untuk memasang proyektor baru Anda.

Memasang Proyektor
Memasang Proyektor

Ukuran layar dan lokasi

Ukuran layar dan lokasi merupakan bagian terpenting yang saling berkaitan ketika Anda ingin menempatkan proyektor. Jika Anda ingin mendapatkan ukuran layar yang sesuai dengan keiinginan, maka Anda perlu meletakan proyektor dengan posisi yang tepat agar Anda bisa mendapatkan gambar dengan resolusi yang tajam. Misalnya, Anda telah memutuskan untuk menempatkan proyektor Anda pada meja, rak, atau bracket yang dipasang di langit-langit, maka cara termudah untuk menentukan ukuran layar adalah menempatkan proyektor di tempat yang ingin Anda pasang dan proyeksikan gambar ke layar tersebut. Gunakan alat pengaturan, seperti zoom, pergeseran lensa – lens shifting, dan sebagainya untuk membantu Anda mendapatkan ukuran layar yang sesuai dan resolusi yang tajam.

Anda juga perlu memperhatikan jarak tembak (throw ratio) yang dimiliki oleh proyektor yang Anda beli. Jika Anda memiliki proyektor short throw, maka Anda bisa mendapatkan layar dengan ukuran yang besar, hanya dengan jarak yang sangat pendek. Perlu diingat, untuk mendapatkan gambar dengan kecerahan yang optimal pada layar yang besar, maka cahaya yang dikeluarkan oleh proyektor akan semakin besar.

Penempatan gambar yang tepat

Jika proyektor Anda memiliki perbesaran (zoom) yang besar dan lens shifting horizontal/ vertikal yang baik, maka Anda akan memiliki fleksibelitas untuk mendapatkan posisi gambar yang sempurna. Namun, jika proyektor Anda tidak memiliki fitur-fitur tersebut, maka Anda perlu mengatur posisi proyektor agar tidak terlalu tinggi, terlalu rendah, atau terlalu jauh dari layar. Anda juga dapat menggunakan digital correction keystone untuk memperbaiki kualitas gambar yang terdistorsi.

Anda bisa dengan mudah mendapatkan gambar yang tepat dan fokus dengan fitur zoom/ focus yang dimiliki proyektor Anda. Anda dapat menggunakan fitur ini secara manual dengan bantuan seorang teman Anda di proyektor dan Anda di dekat layar. Bahkan, dengan bantuan remote control Anda dapat melakukan penyesuaian ini seorang diri. Anda dapat berdiri di dekat layar untuk memperhatikan penempatan gambar yang tepat.

Pengaturan kabel

Tentu ketika Anda ingin memasang proyektor di dalam ruangan, Anda membutuhkan listrik untuk menyalakan proyektor tersebut. Anda perlu memikirkan dengan baik seberapa jauh proyektor Anda ingin diletakan dari stop kontak. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan pengaturan kabel jika Anda ingin memasangnya pada langit-langit. Perlu diperhatikan, semakin jauh jarak proyektor Anda, maka semakin panjang kabel video yang Anda butuhkan dan tentunya harganya juga akan semakin mahal. Jika proyektor Anda diletakan dengan jarak yang jauh, maka Anda akan membutuhkan alat perpajangan HDMI atau pilihan HDMI nirkabel.

Kalibrasi gambar

Jika Anda menginginkan gambar sempurna yang sesuai dengan sistem Anda, maka Anda dapat menyewa jasa kalibrasi ISF atau THX profesional yang akan membantu Anda mendapatkan gambar yang sempurna dengan jarak pandang Anda. Anda juga dapat mencari beberapa tips-tips dari internet untuk membantu Anda mendapatkan gambar yang sempurna dengan menyesuaikan kontrol terhadap tingkat kecerahan, kontras, dan ketajaman. Jika proyektor Anda memiliki beberapa pengaturan memori, maka Anda dapat menyimpan setiap penyesuaian pada tiap-tiap ruangan yang berbeda dan menikmati pengalaman menonton dengan proyektor yang terbaik dalam berbagai kondisi.

Dalam membeli proyektor, jangan lupa untuk memperhatikan fitur-fitur yang dimiliki oleh proyektor tersebut. Semakin tinggi spesifikasi proyektor tersebut, maka akan semakin memudahkan Anda dalam mengatur proyektor tersebut di tempat-tempat yang Anda inginkan. Anda juga perlu membeli proyektor sesuai dengan kebutuhan ruangan Anda, seperti proyektor dengan tingkat kecerahan yang tinggi untuk ruangan yang terang, proyektor short throw untuk ruangan sempit, proyektor home theater jika Anda menginginkan bioskop di rumah Anda, dan sebagainya.

Baca juga bagaimana cara memilih proyektor yang kompatible dengan laptop Anda.

Sumber: Dealharga.com

Comments

comments