Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang cukup populer hingga ke manca negara. Di Indonesia sendiri kain batik dahulu hanya dikenakan oleh para petinggi negara atau raja –raja namun di era jaman sekarang kain batik sudah bisa kita nikmati sedemikian rupa, baik dibuat menjadi kemeja batik, sandal  batik, sarung batik, tas batik dan sebagainya. Kain batik sendiri dibagi menjadi dua yakni batik tulis dan batik cap perbedaannya hanya pada proses pembuatan saja . Jenis batik sendiri ada banyak sekali di Indonesia bahkan setiap kota memiliki ciri khas nya masing – masing baik dari Pekalongan, Cirebon, Bali, Jakarta, Solo, Jepara, Jogja, Tasik dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini hari batik selalu diperingati di Indonesia tepatnya setiap tanggal  2 Oktober. Nah, jika kamu sudah tahu sejarah kain batik kini kita akan membahas bagaimana sih cara merawatnya agar  tetap awet dan tidak cepat pudar,  karena ternyata masalah ini sudah ada sejak jaman nenek moyang kita lho. Lantas bagaimana cara merawat kain batik agar tahan lama di era modern seperti sekarang ini? Nah, berikut ini tips bikin kain batik tetap awet yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

 

1. Cuci Batik Dengan Tangan

Dengan menggunakan mesin cuci kita bisa lebih praktis dan cepat mencuci baju, namun sebaiknya jangan lakukan cara ini jika baju batik mu ingin tetap awet dan tahan lama. Cara kerja mesin cuci yang memutar dan mengaduk pakaian dapat menyebabkan serat pada kain tertarik sehingga mengerut dan jika dibiarkan terus-menerus tentu saja kain batik mu akan cepat rusak. Langkah yang aman sebaiknya cucilah dengan cara dikucek secara perlahan. Selain mesin cuci sebaiknya hindari penggunaan sikat, karena menyikat kain juga bisa merusak serat dan menyebabkan warna kain cepat pudar.

 

2.Gunakan Sabun Khusus Batik

Meski banyak produk sabun cuci yang bisa kita pilih namun tidak semua sabun cuci baik untuk kain batik, karena kandungan kimia pada sabun dapat merusak serat kain dan membuat warna batik mudah pudar. Maka dari itu sebaiknya gunakan sabun khusus batik, biasanya sabun jenis ini memiliki aroma yang ramah dan tidak menyengat karena bersifat alami, kandungan kimianya lebih rendah dari sabun lainnya sehingga lebih ramah dan membuat warna batik tak mudah pudar. Saat ini sudah banyak dijual di berbagai supermarket maupun toko online.

 

3. Hindari Terkena Sinar Matahari Langsung Saat Menjemur

Tips selanjutnya yang bisa harus kamu lakukan adalah menjemur kain batik  di tempat yang teduh. Hindari penjemuran dibawah terik matahari langsung karena hal ini dapat menyebabkan warna batik cepat pudar. Cara amannya kamu bisa menjemur di dalam rumah dan cukup dengan diangin-anginkan.

 

4. Lapisi Kain Tebal Ketika Menyetrika Kain Batik

Saat menyetrika kain batik sebaiknya tambahkan alas setrika dengan kain yang sedikit tebal agar lebih mudah saat menggosok kain batik. Kain tebal juga berfungsi menyerap suhu panas pada setrika sehingga warna dan serat kain batik tetap terjaga ketahanan nya. Jangan lupa atur suhu setrika sesuai ketebalan kain batik.

 

5. Hati-hati Menggunakan Pewangi Atau Parfum

Jenis pewangi atau parfum banyak sekali ada yang cara pemakaiannya di semprot ada pula yang dioleskan langsung ke baju. Nah, penggunaan parfum pada batik tidak sembarangan pasalnya zat kimia pada parfum bisa saja meninggalkan noda sehingga kain batik mudah luntur. Jika ingin menyemprotkan parfum pada baju batik sebaiknya lapisi dulu dengan kertas tipis seperti koran atau tisu, hindari terkena kain batik secara langsung.

 

6. Simpan di Tempat yang Kering

Tips yang terakhir kamu bisa menyimpan kain batik di tempat yang kering. Jangan simpan ke dalam lemari pakaian yang lembab, agar lebih aman gunakan plastik baju untuk membungkusnya. Langkah ini bisa mencegah batik terkena jamur dan juga membuat kain lebih awet serta tidak mudah luntur.

Baca Lainnya: Produk Batik Spesial Di Hari Batik Nasional

Dengan rutin melakukan tujuh cara diatas dapat dipastikan kain batikmu bisa bertahan lebih lama. Yang terpenting dalam hal ini adalah bagaimana cara kamu merawat baju dengan baik. Berbagai langkah ini juga berlaku untuk pakaian kamu yang lainnya. Yuk rawat baju batik kamu dengan baik agar awet dan tahan lama. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Summary
PriceArea
Article Name
PriceArea
Description
Tips merawat kain batik agar tahan lama dan tidak cepat pudar bisa kamu lakukan dengan mudah salah satunya menggunakan sabun batik khusus dan tidak menggunakan mesin cuci serta menjemurnya di tempat teduh.

Comments

comments