Tips Bikin Gajian Gak Cepat Ludes di Awal Bulan | PriceArea.com
Home > Tips & Trik > Tips Bikin Gajian Gak Cepat Ludes di Awal Bulan

Tips Bikin Gajian Gak Cepat Ludes di Awal Bulan

Momen awal bulan sering kali menjadi waktu yang sangat di tunggu-tunggu terutama untuk para karyawan, bagaimana tidak setiap awal bulan biasanya kita akan menerima gajian yang sudah lama kita nanti-nantikan. Namun, terkadang minimnya pengontrolan keuangan dalam diri sendiri membuat kita khilaf untuk menghabiskan uang tanpa memikirkan kebutuhan lainnya. Alhasil uang gajian di awal bulan langsung ludes tak tersisa.

Pastinya tidak kebayang rasanya di awal bulan tetapi sudah tidak ada pegangan uang, apalagi banyak kebutuhan yang menghantui mu dan statusmu sebagai anak kos yang merantau, jika hal ini dibiarkan terus menerus tentu saja tidak baik untuk diri sendiri. Apakah kamu pernah mengalami hal ini? Jika iya sebaiknya perbaiki dari sekarang. Nah, agar kebiasaan buruk ini tidak terjadi berualang-ulang berikut tips yang bisa kamu ikuti.

Menghitung kebutuhan dengan bijak

Langkah awal dalam mengamankan gajian di awal bulan adalah dengan menghitung kebutuhan yang benar-benar penting seperti membayar uang sewa kos, makan untuk satu bulan, uang transportasi dan kebutuhan lain yang dirasa penting untuk kelanjutan hidup. Jika kamu sudah menghitung dengan bijak tak menutup kemungkinan gaji yang kamu terima tidak habis begitu saja.

Buatlah aturan main dalam mengontrol keuangan, misalnya dengan menyisihkan uang untuk akhir bulan dengan tujuan agar uang tidak mudah habis. Selain itu jika biasanya kamu suka ngemil sebaiknya kurangi kebiasan tersebut agar lebih menghemat. Jadi selain menghitung kebutuhan dengan bijak kamu juga harus pintar-pintar mengontrol keamanan uang tersebut kamu belanjakan.

Jangan biasakan berhutang

Kebiasaan ini bisa jadi boomerang bagi kamu sendiri. Apa jadinya jika uang yang kamu terima hanya untuk menutupi hutang oleh karena itu sebaiknya hindari kebiasaan berhutang kepada orang lain. Jika ingin membeli sesuatu berlatihlah untuk menabung sehingga kamu bisa membelinya secara lunas tanpa harus berhutang atau menyicil.

Kebiasaan berhutang hanya akan merugikan kamu, selain menjadi kurang baik di mata teman-teman mu, berhutang juga bisa memicu dirimu menjadi pribadi yang glamor dan kecanduan untuk terus berhutang meskipun hanya untuk membeli suatu barang.

Bijak dalam berbelanja dan jangan ikuti emosi

Biasanya di awal bulan kamu akan berbelanja untuk kebutuhan bulananan seperti perlengkapan mandi, kebutuhan dapur dan lainnya. Belanjalah sesuai kebutuhan namun masih dalam kontrol emosi, artinya tidak mudah tergiur apalagi jika menjumpai berbagai promo tempat – tempat pembelanjaan, jika memang tidak terlalu penting sebaiknya jangan di beli karena hanya akan merusak sistem keuangan yang sudah kamu rancang. Jangan ikuti emosi saat berbelanja tetapi ikuti sesuai kemampuan yang ada.

Berinvestasi atau menabung

keduanya bisa menjadi alat bantu agar kamu lebih hemat seperti berinvestasi dengan membeli emas atau menukar uang dengan uang mata asing, investasi seperti ini bisa dibilang cukup menggiurkan dan meskipun tidak menguntungkan setidaknya uang gajian mu aman karena tidak habis begitu saja. Cara praktis lainnya adalah kamu bisa menabung uang di berbagai bank yang kamu anggap bisa diandalkan, tetapi ingat sebaiknya hanya sekedar menabung bukan untuk mempermudah kamu berbelanja dengan begitu uang yang kamu sisihkan tidak mudah habis.

Baca Lainnya: BASAH BASAH BASAH KEHUJANAN ? YA GA MASALAH

Itu dia langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk meminimalisir pengeluaran terutama di awal bulan. Seperti pepatah “rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya” pastinya kamu ingin jadi orang yang pandai dan kaya bukan? Mulailah belajar dengan mengontrol keuangan mu sendiri agar lebih hemat dan tidak bergantung pada orang lain.

Summary
Description
Itu dia langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk meminimalisir pengeluaran terutama di awal bulan. Seperti pepatah “rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya” pastinya kamu ingin jadi orang yang pandai dan kaya bukan? Mulailah belajar dengan mengontrol keuangan mu sendiri agar lebih hemat dan tidak bergantung pada orang lain.
Author

Comments

comments

Read previous post:
Jual Strap Bag Yang Bikin Trendy

Harga Jual Strap Bag. Promo Strap Bag murah , gratis ongkir dan barang original. Strap bag atau tali tas menjadi...

Close