Pixel facebook
Home > Tips & Trik > Tips Belanja > Cegah Penipuan Online, Menggunakan e-Money

Cegah Penipuan Online, Menggunakan e-Money

Belanja online sekarang menjadi trend tersidiri di tengah derasnya arus tranformasi digital saat ini telah berdampak pada tingginya perubahan di berbagai sektor, termasuk dalam hal transaksi finansial yang saat ini menjadi pembayaran paling terpercaya yang dipergunakan oleh banyak ecommers di seluruh Dunia. Kini, produk perbankan seperti uang tunai pun turut bertransformasi menjadi e-Wallet, e-Cash, dan uang elektronik (e-Money) serta beragam bentuk uang digital lainnya.

E-money merupakan uang elektronik. Uang elektronik sejatinya merupakan jumlah uang tunai yang dimiliki seseorang, tetapi dikonversi nominalnya ke dalam bentuk elektronik, bisa berupa kartu ataupun bentuk lainnya (misal, T-Cash Tap milik Telkomsel). E-money berguna untuk pembayaran secara online, membayar tiket bus, membayar tarif tol, dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

E-money sendiri merupakan jenis alat pembayaran elektronik yang resmi dan memiliki regulasi dari Bank Indonesia. Hanya perbankan dan lembaga yang lolos seleksi saja yang bisa menerbitkan e-money. Meski begitu, kepemilikan e-money sangat mudah dan tidak rumit seperti jika kita ingin memiliki kartu kredit. Cukup hubungi penerbit e-money, membelinya dan anda sudah bisa menggunakannya untuk berbagai jenis pembayaran.

Perbankan di Indonesia seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BCA, dsb turut menerbitkan produk e-money. Bank Mandiri misalnya, ia mempunyai Mandiri Indomaret Card, GazCard, E-Toll, dan E-Cash. Seperti namanya, masing-masing memiliki kelebihan, Indomaret Card memiliki keuntungan lebih bila dipakai belanja di Indomaret, GazCard digunakan untuk membeli bahan bakar minyak di Pertaminan, serta E-Toll untuk membayar akses jalan tol. Adapun E-Cash, umumnya digunakan untuk belanja online maupun offline di merchant-merchant rekanan Mandiri E-cash, isi pulsa, hingga membeli tiket pesawat.

Lalu Bank BCA dengan produk BCA Flazz Card, serta aplikasi Sakuku yang merupakan produk e-money mereka. Bank BCA termasuk yang terdepan dalam urusan e-money ini, tercatat ada 6,4 juta keping e-money yang beredar di tahun 2014. BCA Flazz Card sangat populer dan bisa digunakan di puluhan ribu gerai rekanan Bank BCA di seluruh Indonesia. Selain itu, ketersediaan promo juga menjadi daya tarik sendiri bagi pemegang BCA Flazz Card.

Adapun BCA Sakuku, merupakan layanan e-money dari Bank BCA dalam bentuk aplikasi yang bisa diinstall di smartphone. Hanya dengan cara scan QR Code saat membayar di kasir, maka transaksi sudah bisa dilakukan.

Bank BNI memiliki produk e-money yang diberi nama BNI TapCash. Bentuk BNI TapCash hampir sama dengan BCA Flazz Card. BNI TapCash bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di minimarket seperti Alfamart, Indomaret, tiket Trans Jakarta, hingga membayar e-parking.

Beberapa perbankan lainnya juga turut menerbitkan e-money, misalnya Bank Permata dengan produk BBM Money-nya, CIMB dengan Rekening Ponselnya, serta Bank National Nobu dengan Nobu E-Money.

Perlakukan Layaknya Uang Tunai

Meskipun penggunannya mudah, e-Money harus tetap digunakan secara bijaksana dengan mempertimbangkan aspek pendapatan dan pengeluaran.

Layaknya uang tunai, penggunaan e-Money harus difokuskan pada pengeluaran sesuai pos anggaran dan kebutuhan kamu. Caranya, kamu bisa menggunakan aplikasi yang dapat membantu memantau dan mengatur pengeluaran.

Pahami Fitur dan Mekanisme e-Money

Sayangnya, tak sedikit orang yang memanfaatkan e-Money untuk melakukan berbagai penipuan online. Agar terhindar dari modus penipuan, kamu harus memahami berbagai perkembangan, fitur, dan mekanisme yang terdapat di dalam layanan e-Money.

Baca Juga >> 5 Smartphone Ini Bakal Diburu di Tahun 2018

Misalnya, jika kamu menggunakan salah satu layanan e-Money, kamu bisa mengecek informasi terkini dari layanan produk tersebut di situs resminya agar terhindar dari pencobaan penipuan dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab. E-Money tentunya harus digunakan secara cerdas agar terhindar dari kejahatan penipuan online. Walaupun menawarkan banyak keuntungan, kamu harus menggunakannya dengan bijak agar tetap terkontrol, aman, dan terhindar dari berbagai modus penipuan. Kamu bisa mendaptkan berbagai macam jenis uang elektronik dari berbagai bank hanya di pricerea.com sebagai mesin pencari belanja nomer #1 di Indonesia. Selamat berbelanja.

Summary
Article Name
Cegah Penipuan Online, Menggunakan e-Money
Description
Kamu bisa mendapatkan berbagai macam jenis uang elektronik dari berbagai bank hanya di pricerea.com sebagai mesin pencari belanja nomer #1 di Indonesia.
Author

Comments

comments

Read previous post:
Bukupedia.com Toko Buku Online Indonesia Terlengkap & Terpercaya

Promo Gratis Ongkir Buku Lokal, Aman & Terpercaya, Hanya di Bukupedia. Silahkan mencari buku yang Anda inginkan di toko buku...

Close