Ujian Nasional menjadi salah satu momok terbesar di benak siswa. Semua siswa mulai dari SD, SMP, hingga SMA merasa ketakutan menghadapi ujian ini. Hal ini wajar dikarenakan mental anak-anak seperti mereka masih sangat labih sehingga akan membuat mereka merasa takut akan ketidaklulusan. Ditambah lagi jika terdapat salah seorang siswa tidak lulus, seolah-olah menjadi aib keluarga. Padahal belum tentu siswa tersebut bodoh. Bisa jadi dia sedang tidak sehat atau memang mengalami kesulitan dalam proses pengerjaan ujian.

Ujian Nasional

Belajar dengan tekun dan efektif menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat ujian nasional terasa mudah. Namun setiap orang memiliki cara belajarnya masing-masing sehingga setiap individu bisa dikatakan unik karena memiliki cara belajarnya masing-masing. Oleh karenanya, tidak ada salahnya mencoba untuk cara belajar efektif berikut ini yang memang dikhususkan untuk menghadapi ujian nasional.

Cara Belajar Efektif Menjelang Ujian Nasional

Buat Suasana Belajar Senyaman Mungkin

Suasana kamar tempat kita belajar sangatlah menentukan. Jika suasana gaduh dan berantakan sudah pasti kita akan kesulitan dalam berkonsentrasi. Karena setiap orang memiliki gaya belajarnya masing-masing, ada baiknya kamu menentukan sendiri teknik belajar yang membuat kamu nyaman. Contohnya dengan menyetel musik dari komputer sebagai pengiring dalam belajar.

Pilih Waktu Belajar yang Pas

Mumpung masih punya waktu yang cukup banyak untuk menghadapi ujian nasional, ada baiknya kamu mulai memanfaatkan waktu yang kamu miliki dengan mempelajari dan juga berlatih mengerjakan soal-soal ujian nasional. Jangan biasakan menggunakan Sistem Kebut Semalam (SKS) dalam belajar. Hal ini akan membuat kamu tidak maksimal dalam menghadapi ujian. Selain itu, jika kamu belajar terlalu larut, dikhawatirkan akan menurunkan tingkat konsentrasi karena mengantuk.

[adsense2]

Comments

comments