Perawatan segala komponen kendaraan yang kami maksukd disini mobil, sangat diperlukan, terlebih komponen yang berhubungan dengan keselamatan. Misalnya salah satu komponen yang berhubungan dengan keselamatan pada mobil adalah rem.

Memang nyaman jika komponen ini bekerja baik, untuk bekerja tetap baik diperlukan perawatan berkala, kali ini pricearea.com akan berbagi tips untuk merawat rem.

Yang harus diperhatikan untuk perawatan pada rem adalah di bagian disk break dan tromol, kualitas minyak rem, saluran rem serta kanvas rem nya. Minyak rem sebaiknya rutin diganti atau diberihkan setelah kendaraan menempuh jarak 10.000 km.

Adapun perbandingan antara bagian depan dan belakang pada minyak rem adalah 2:1, dimana pada bagian depan harus mendapatkan porsi paling banyak karena paling sering digunakan untuk mengerem. Segera tambahkan dengan minyak rem jenis yang sama dan cek sistem rem apakah ada kebocoran atau tidak. Karena jika kondisi sistem rem normal, pengurangan volume minyak rem tidak akan cepat terjadi, pengurangannya hanya berjalan seiring penipisan kanvas rem. Lakukan penecekan minyak rem sekitar dua minggu sekali.

Untuk kondisi normal, penggantian minyak rem baik dilakukan setiap 2 tahun atau 40.000 km. Untuk kerja rem yang berat, misalkan sering dipakai untuk perjalanan macet, frekuensi penggunaan rem jadi tinggi. Ini bukan saja mempercepat kampas atau piringan (rem ckaram) aus. Umur pakai fluida rem jadi pendek.

Periksa bagian kanvas rem, bisa dengan melepaskan roda terlebih dahulu, perhatikan bagian disk break dan kanvas rem. Agar berfungsi dengan baik Bersihkan kanvas rem jika kotor dengan menggunakan amplas, sikat atau kuas. Berikan gemuk atau pelumas di bagian besi penahan, hati-hati jangan sampai terkena bagian sepatu rem, setelah itu pasang kembali kanvas dan kancingkan.

Untuk kendaraan dengan transmisi matic penggantian kanvas baik dilakukan setelah menempuh jarak 20-25.000 km, untuk kendaraan manual baik dilakukan setelah menempuh jarak 40.000 km dengan perawatan sistem rem berkala.

Semoga bermanfaat.

Comments

comments