Pixel facebook
Home > Tips & Trik > Tips Belanja > Tips Aman Belanja Online

Tips Aman Belanja Online

banner

Semakin banyaknya situs-situs jual beli online yang menawarkan berbagai barang dan jasa, sebenarnya memberikan kebingungan tersendiri bagi para calon pembeli. Mengingat banyaknya pihak yang menjajakan dagangan mereka secara online, dengan rupa dan kualitas yang beragam, membuat kita sebagai calon pembeli kebingungan untuk menentukan pilihan. Apalagi dengan maraknya jual beli online, terkadang dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menjual barang palsu atau yang kualitasnya buruk. Untuk itu beberapa tips berikut ini bisa anda coba, agar anda bisa berbelanja online dengan aman, nyaman dan tanpa penyesalan.

1. Pilihlah Situs-situs Belanja Online yang Sudah Memiliki Nama Terpecaya
Sekarang ini memang sudah banyak bermunculan berbagai situs ecommerce yang menjual berbagai kebutuhan. Namun situs-situs belanja online yang sudah memiliki nama yang sudah besar atau banyak dikenal tidaklah banyak. Biasanya situs-situs belanja online yang sudah memiliki nama berani memberikan jaminan barang-barang yang dijual memiliki kualitas yang baik dan orsinil, karena setiap penjual yang bergabung di situs ini pastinya telah melalui tahap verifikasi yang ketat, untuk menjamin kualitas dagangan mereka. Jadi anda tidak perlu takut merasa tertipu atau kecewa saat berbelanja.

2. Pilih Penjual yang Telah Memiliki Reputasi Bagus
Biasanya dapat dilihat dari testimoni para pembeli yang pernah belanja barang di tempatnya. Tidak hanya itu, penjual online yang yang memiliki reputasi baik biasanya memiliki tanda khusus atau tingkatan khusus yang menyatakan bahwa penjual ini memiliki reputasi penjualan yang baik. Penjual yang baik juga biasanya tidak takut untuk mencantumkan nomor telepon atau lokasi keberadaan mereka. Jadi jika anda menemukan penjual yang memiliki reputasi belanja tinggi dan banyak testimoni baik, anda sudah tidak perlu ragu lagi untuk berbelanja kepada mereka.

3. Jangan Tergiur dengan Harga Murah
Banyak penjual online yang berlomba-lomba memberikan harga murah untuk produk dagangannya. Namun jangan sampai anda mudah tergiur akan harga murah ini. Tidak jarang barang yang dijual murah itu memiliki kualitas yang kurang terjamin. Teliti dulu barang yang dijual, dan jangan lupa baca testimoni dari orang yang pernah membeli barang dari penjual itu. Jangan percaya juga dengan godaan barang berharga murah namun mengharuskan anda untuk menuju situs-situs yang tidak anda kenal, karena hal ini bisa saja menjebak anda.

4. Lakukan Komparasi Harga
Walaupun pada poin sebelumnya telah dianjurkan untuk tidak tergiur dengan barang yang murah, namun tetap saja kita akan mencari penjual yang menjual barang yang kita cari dengan harga yang termurah, walaupun tidak murahan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan komparasi harga. Dimana anda mencoba membandingkan harga barang dari situs yang satu dengan situs yang lain. Komparasi harga ini bertujuan agar anda bisa menemukan barang dengan harga yang paling murah dari antara yang lain namun dengan kualitas dan benefit yang paling baik.

5. Pilih Metode Pembayaran yang Paling Aman
Dalam proses pembayaran pilihlah metode pembayaran yang paling aman dan terpercaya. Beberapa situs ecommerce besar biasanya sudah memiliki beragam metode pembayaran yang bisa anda pilih sesuai dengan kenyamanan anda. Sehingga anda bisa memilih ingin menggunakan metode pembayaran yang menurut anda paling aman dan memudahkan anda. Tidak hanya itu, pastikan juga anda menyimpan bukti pembayaran anda untuk digunakan sebagai alat bantu ketika terjadi masalah atau kendala pada pembelian barang anda. Untuk lebih aman, anda bisa belanja online disitus-situs yang pembayarannya tidak langsung ke si penjual, melainkan melalui pihak ke tiga, supaya anda bisa terhindar dari penipuan atau pun masalah lainnya.

Summary
Article Name
Tips Aman Belanja Online
Description
Banyak orang yang beranggapan belanja online dapat menipu, terlebih jika harga yang menggiurkan alhasil orang cenderung kurang berminat untuk belanja online, padahal disisi lain aktivitas belanja online jauh lebih efektif ketimbang berbelanja langsung di toko - toko di jalanan. Nah untuk menambah rasa percaya diri sebaiknya simak beberapa tips ini
Author
PriceArea
PriceArea.com
PriceArea adalah situs banding harga dan mesin pencari belanja yang mewakili toko online di Indonesia dengan mudah, cepat dan akurat. Di halaman Artikel kami, temukan ulasan menarik seputar E-Commerce di Indonesia dan juga berbagai tips dan ulasan produk yang bermanfaat untuk kegiatan belanja Anda. Ikuti kami di media sosial: Google Plus Facebook Twitter Instagram
PriceArea.com
PriceArea.com

Comments

comments

Read previous post:
Jual Kertas Angpao Semarak Imlek Di Tahun Ayam

Angpao pada tahun baru Imlek mempunyai istilah khusus yaitu "Ya Sui", yang artinya hadiah yang diberikan untuk anak-anak berkaitan dengan...

Close