Ternyata Pasir Bikin Daya Tahan Baterai Handphone Tiga Kali Lebih Kuat. Ini Buktinya!
Ilustrasi Pasir Pantai

Baterai merupakan salah satu komponen penting yang menjadi sumber listrik atau nyawa dari sebuah gadget salah satunya adalah pada handphone. Jika tidak ada battery atau battery mengalami kelemahan daya, maka Anda juga pasti tahu apa yang akan terjadi. Bahan material yang digunakan pada sebuah baterai handphone saat ini adalah graphite. Sebagaimana yang telah banyak diketahui, pada baterai terdapat grafit yang merupakan bahan standar untuk anode. Namun, muncul kabar bahwa ditemukannya bahan sebagai material pengganti anode yakni pasir.

Ditemukannya pasir yang akan digunakan sebagai bahan pengganti grafit oleh ilmuwan di University of California dan Bourns College of Enginering. Ketika itu Zachary Favors, salah satu ilmuwan, sedang berselancar di pantai yang terdapat di AS. Yang namanya pantai, tentu sangat erat kaitannya dengan pasir. Dengan secara kebetulan, tiba-tiba Favors mengambil pasir dan mengamati betapa banyak kandungan kuarsa yang terdapat di pasir. Lantas, Zahchary Favors membawa pasir tersebut ke laboratorium Universitas California Ricerside.

Setelah diteliti, ternyata pasir tersebut dapat digunakan untuk menjadi bahan anode (bahan baterai lithium ion). Dengan melalui beberapa tahap agar si pasir ini menjadi bahan yang sempurna, yakni dengan beberapa proses pengerjaan. Bukan hanya melalui beberapa proses penegrjaan, tetapi pasir pilihan tersebut juga ditambahkan dengan beberapa campuran bahan material lain seperti garam, magnesium dan silikon murni yang dapat meningkatkan kinerja baterai pada handphone misalnya.

Melalui proses, sebelum menuju langkah pemurnian, pasir pantai tersebut digiling terlebih dahulu dalam skala nanometer. Setelah selesai, barulah dilakukan langkah sebagai pemurnian. Jika telah melewati langkah tersebut, maka pasir akan mengalami perubahan warna yakni dari coklat menjadi putih cerah, warna tersebut hampir mirip dengan warna dan tekstur gula bubuk. Kemudian ilmuwan menggiling pula campuran pasir berupa garam dan magnesium, kedua bahan tersebut biasanya terdapat pada air laut, langkah selanjutnya adalah dilakukannya pemurnian sehingga mendapatkan hasil berupa serbuk (bubuk). Untuk tahap berikutnya, bubuk ini kemudian dipanaskan.

Perpaduan antara beberapa bahan ini yang kemudian akan menjadi bahan sebagai pengganti grafit, atau sebagai bahan yang akan digunakan untuk material battery lithium ion atau baterai handphone. Sebelum menjadi sempurna, tentunya masih akan melewati beberapa proses kerja dan penelitian pada tahap selanjutnya sampai dengan selesai dan mengdapatkan hasil yang sempurna.

ernyata Pasir Bikin Daya Tahan Baterai Handphone Tiga Kali Lebih Kuat. Ini Buktinya!
Ilustrasi Baterai Handphone

Setelah semua bahan tersebut dicampur dan dimasukkan ke dalam baterai lithium ion dengan melalui beberapa proses kerja yang cukup lama, akhirnya para ilmuwan berada dalam titik keberhasilan dengan mendapatkan hasil yang sempurna. Kini baterai lithium ion diklaim memiliki battery life tiga kali lipat lebih lama dibanding baterai lithium ion biasa. Namun sayangnya, battery hasil penemuan ini belum diperjual belikan. Akan tetapi, jika Anda ingin mencari baterai handphone untuk mengganti baterai yang ada karena adanya keluhan, Anda dapat mencari jual baterai handphone di PriceArea.

Sebagai referensi lainnya untuk Anda jika inign mencari aksesoris handphone, Anda juga dapat kunjungi pricearea.com sebagai mesin pencari untuk referensi Anda.

Comments

comments