Saat lebaran adalah saat-saat yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang. Ya, saat itulah bagi mereka yang bekerja memiliki kesempatan untuk rehat beberapa hari. Biasanya momen tersebut dimanfaatkan mereka yang selalu sibuk dengan perkerjaan untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Tidak hanya berkumpul dengan keluarga, mereka pun biasanya menghabiskan waktu untuk berlibur mengunjungi suatu tempat. Kegiatan tersebut bisa sejenak melepaskan stress yang mendera sehari-hari plus mendapatkan momen berkualitas bersama sanak family. Tak heran kiranya pada saat lebaran banyak sekali obyek-obyek wisata yang dibanjiri oleh wisatawan. Kebanyakan wisatawan tersebut datang bersama keluarga ataupun teman-teman satu daerah yang sudah jarang bertemu.

Di setiap daerah tentunya memiliki tempat dan obyek wisata yang berbeda satu sama lain. Ada daerah yang menyuguhkan panorama laut dan di lain daerah menunjukan wisata pegunungan yang asri. Wisatawan saat lebaran tidak hanya berlibur untuk menikmati wisata alam, tetapi juga wisata kuliner, pendidikan, maupun sejarah. Berbagai objek wisata menawarkan keindahan dan keunggulan dari obyek wisatanya masing-masing. Dan berikut ini tempat-tempat rekrasi yang biasa dikunjungi saat libur lebaran tiba.

Tempat-Tempat Rekreasi Asik untuk Libur Lebaran

Pantai
Pantai adalah obyek wisata yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Sebagai Negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pantai yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. Sebagian diantara belum terkenal dan beberapa bahkan sudah tersohor hingga mancanegara. Masyarakat berlibur ke pantai untuk menikmati kesejukan udara pantai dan kalau bisa berenang di pantai. Jika tidak, mereka juga bisa sekadar untuk bermain-main dengan anak-anak dan keluarga di atas pasir pantai. Beberapa pantai terkenal di Indonesia yang biasanya menjadi destinasi favorit saat lebaran adalah Pantai Ancol di Jakarta, pantai Anyer di Banten, pantai Pangandaran di Jawa Barat, pantai Parangtritis di Yogyakarta, pantai Kuta di Bali dan banyak lagi pantai-pantai yang tersebar di setiap daerah di Nusantara.

Tempat Rekreasi
Pantai Pok Tunggal Gunungkidul Yogyakarta

Pegunungan
Selain Negara kepulauan dengan deretan pantai yang indah, Indonesia juga terkenal dengan pesona gunung-gunungnya yang sangat menawan. Masyarakat sering memanfaatkan liburan ke daerah pegunungan saat liburan. Banyak yang bisa dilakukan di daerah pegungungan. Udaranya yang sejuk membuat masyarakat sangat suka berlibur di obyek wisata pegunungan. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki gunung yang menjadi obyek wisata favorit masyarakat. Misalnya saja di Jawa Barat ada Puncak Bogor dan Gunung Tangkuban Perahu di Kab. Bandung. Sementara itu di Jawa Tengah ada daerah Dieng dengan pesona dataran tingginya yang mempesona ataupun obyek wisata di daerah gunung lawu seperti telaga Sarangan dan air terjun Tawangmangu. Daerah pegunungan memang memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Di Jawa Timur, kawasan Bromo Tengger Semeru adalah obyek wisata yang selalu ramai jika lebaran tiba. Selain itu, masih banyak pula daerah di luar pulau Jawa yang memiliki pesona pegunungan yang elok.

Tempat Rekreasi
Gunung Bromo Jawa Timur

Kebun Binatang
Selain obyek wisata alam, masyarakat juga senang untuk pergi mengunjungi wisata alternatif seperti kebun binatang. Mengunjungi kebun binatang sangat cocok dilakukan bersama keluarga dan terutama anak-anak saat lebaran. Anda bisa sekalian memberi pelajaran kepada anak tentang nama-nama hewan yang ada di kebun binatang. Wisata kebun binatang sendiri tidak sulit ditemui karena hampir di setiap daerah sudah memiliki kebun binatang sendiri, misalya saja Ragunan di Jakarta. Kebun binatang di Ragunan setiap lebaran selalu ramai dikunjungi oleh warga Jakarta dan sekitarnya yang tidak mudik. Saat itu, jumlah pengunjung dapat meningkat hingga 5 kali lipat dari hari biasanya. Selain di Jakarta, beberapa obyek wisata kabun binatang lain adalah, Taman Safari di Bogor, Kebun Binatang Gembira Loka di Yogya, kebun binatang Surabaya di Surabaya dan masih banyak lagi.

Tempat Rekreasi
Atraksi Gajah Tiup Harmonika di Gembira Loka Zoo Yogyakarta

Taman Rekreasi
Obyek wisata selanjutnya yang sering menjadi tempat kunjungan masyarakat saat lebaran adalah taman rekreasi. Biasanya, taman rekreasi banyak dikunjungi oleh anak muda meskipun tidak jarang keluarga dan anak-anak juga mengunjungi saat lebaran. Wisata ini menjadi alternative bagi mereka yang sudah biasa ke pantai, naik gunung, atau sudah sering ke kebun binatang. Ada banyak yang bisa dilakukan di taman rekreasi seperti menikmati aneka wahana permainan yang tersedia. Kegiatan di sana bisa sangat menantang adrenalin sehingga sejenak dapat menghilangkan stress yang menumpuk. Tempat taman rekreasi yang sering dikunjung masyarakat saat lebaran misalnya Dunia Fantasi di Ancol, Jakarta. Terdapat banyak sekali wahana permainan yang bisa anda coba untuk menghabiskan waktu selama seharian di sana. Di daerah lain pun juga memiliki taman rekreasi dengan tema yang berbeda-beda, misalnya di Yogya ada Taman Pintar, di Malang, Jawa Timur ada Jatim Park, di Bandung ada Trans Studio Bandung dan masih banyak lagi.

Tempat Rekreasi
Jawa Timur Park 2 Malang

Water Park
Dewasa ini, tempat rekreasi Water Park banyak diminati masyarakat untuk menghabiskan masa liburannya saat lebaran. Pergi ke water park bisa dilakukan berbarengan dengan keluarga. Biasanya anak-anak akan sangat menyukai rekreasi water park ini. Bagi anda yang memiliki anak yang masih kecil bisa sekalian melatihnya berenang. Jika tidak anda bisa menikmati berbagai wahana permainan air yang tersedia. Beruntungnya hampir di setiap daerah sudah memiliki wisata water park ini. Tidak hanya di kota-kota besar, bahkan juga di kota/kabupaten. Biasanya saat lebaran tempat rekreasi ini padat dikunjungi oleh wisatawan dan tak jarang harus mengantri di loket karcis. Namun hal tersebut tidak menghalangi masyarakat untuk berlibur ke wisata water park.

Tempat Rekreasi
Pandawa Water World Solo

Museum
Museum adalah tempat rekreasi selanjutnya yang biasa dikunjungi oleh wisatawan saat lebaran. Berkunjung ke museum lebih kepada wisata sejarah dan pendidikan. Hal tersebut sangat cocok untuk mengajari anak anda mengenai sejarah karena di museum menyimpan benda-benda bersejarah yang biasa mereka dengar di sekolah saat pelajaran. Museum sendiri banyak jenisnya tergantung fungsi museum saat dibuat. Di Jakarta yang terkenal adalah museum nasional dan museum Fatahilah. Keduanya bisa dijadikan alternatif untuk dikunjungi saat lebaran. Selain itu, di daerah lain pun terdapat museum yang tak kalah penting, misalnya museum Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, museum kereta api di Ambarawa, Museum Sampoerna di Surabaya, Museum manusia purba di Sangiran, Sragen, Museum Batik di Solo, dan masih banyak lagi sebagainya.

Tempat Rekreasi
Museum Kereta Api Ambarawa

Tempat-Tempat Bersejarah
Indonesia adalah negeri yang penuh sejarah. Kebesaran Nusantara bisa dilihat dari peninggalan sejarahnya. Anda bisa menjadikan tempat-tempat peninggalan sejarah ini sebagai tempat rekreasi keluarga saat libur lebaran tiba. Di Indonesia tidak sulit untuk menemukan tempat yang bersejarah. Hampir di setiap daerah memiliki tempat yang bersejarah masing-masing. Misalnya saja Jakarta punya Kota Tua, Semarang Punya Lawang Sewu, di Magelang ada Candi Borobudur, di Yogyakarta ada Candi Prambanan, dan masih banyak lagi tempat-tempat bersejarah yang ada Indonesia yang luas ini.

Tempat Rekreasi
Candi Prambanan Klaten Jawa Tengah

Baca Juga: BAHAYA, 12 Tempat Wisata di Indonesia ini Jangan Pernah Anda Kunjungi

Tempat rekreasi di atas sangat cocok jika anda kunjungi ketika libur lebaran tiba. Bersama keluarga dan kerabat dekat, tentu saja hal ini akan menjadi liburan yang sangat menyenangkan dan tidak terlupakan. Namun perlu diingat, jika anda mengunjungi tempat wisata di atas, jangan sampai mengotori apalagi merusak tempat wisata tersebut. Masih banyak orang yang ingin menikmati keindahan tempat wisata yang menjadi andalan di berbagai daerah di seluruh penjuru Nusantara. Selamat liburan ya guys.

Comments

comments