Salah satu kebutuhan yang penting untuk anak adalah bermain. Memang anak-anak pun wajib belajar agar dapat berguna untuk hidupnya kelak. Namun, keduanya harus seimbang, tidak bisa main terus ataupun belajar terus. Mengajak anak untuk bertamasya atau rekreasi adalah cara paling pas untuk menghilangkan rasa bosan dan lelah yang menimpa anak. Setelah belajar di sekolah setiap hari, sesekali menyempatkan berekreasi adalah hal yang perlu. Nah, salah satu momen paling pas untuk pergi rekreasi adalah libur panjang, seperti libur lebaran ini. Saat libur panjang, anak akan punya banyak waktu untuk bertamasya tanpa takut terhalang deadline masuk sekolah.

2014022415070111448

Banyak sekali tempat wisata dan rekreasi yang dapat dikunjungi saat liburan. Tapi, tidak semuanya tempat rekreasi cukup representatif untuk anak. Paling tidak kita bisa membedakan mana tempat rekreasi yang baik untuk anak dan mana yang tidak. Tempat-tempat rekreasi yang baik untuk anak seharusnya mengandung unsur yang mendidik. Jadi, anak tidak hanya bermain tetapi juga bisa belajar banyak hal. Nah, konsep belajar sambil bermain itulah sebenarnya yang paling sempurna untuk anak-anak. Belajar akan menjadi menyenangkan dan anak-anak pun akan dengan senang hati menimba ilmu di tempat-tempat rekreasi seperti itu. Di Indonesia, dimana sajakah terdapat tempat rekreasi dengan konsep bermain sambil belajar? Simak ulasan berikut ini untuk informasi lebih jelasnya.

1. Wisata Kebun Binatang
Dari tahun ke tahun, kebun binatang tidak pernah sepi peminat. Pengunjungnya tetap saja ramai, terutama saat-saat liburan. Tempat rekreasi ini sangat pas untuk anak-anak. Mereka bisa melihat binatang yang mungkin hanya mereka lihat di TV dan gadget secara langsung di depan mata. Mereka juga bisa belajar mengerti tingkah laku binatang jika di berada di alam, mengetahui apa makanannya, dan bahkan mendengar secara langsung bagaimana bunyinya. Di kebun binatang mereka juga bisa mempelajari nama-nama satwa sekaligus nama latinnya yang sering dibahas di sekolah. Dengan begitu, tidak hanya berekreasi, mereka pun akan banyak belajar dari kebun binatang.

Di Indonesia, jumlah kebun binatang sangat banyak. Hampir di setiap daerah baik di Jawa atau pulau lainnya ada kebun binatang. Sebagai contoh ada Kebun Binatang Ragunan di Jakarta, Kebun Binatang Bandung di ITB Bandung, kebun binatang Gembira Loka di Yogyakarta, dan lain-lain. Sebagai tambahan, seringkali kebun binatang juga hanya mempertontonkan jenis satwa tertentu berdasarkan jenisnya. Misalkan kebun binatang reptile, kebun binatang primate, dan kebun binatang burung.

2. Wisata Suaka Margasatwa
Satu lagi tempat rekreasi yang paling pas untuk anak adalah suaka margasatwa. Tempat ini sangat cocok untuk liburan bermain sambil belajar. Banyak yang bisa dinikmati di tempat rekreasi seperti ini. Keindahan alam dan kesegaran udaranya akan menghilangkan stress karena belajar. Anak-anak pun bisa bermain di alam terbuka sehingga melatih fisik mereka. Beberapa suaka margasatwa pun menyediakan arena bermain outdoor yang bisa dimanfaatkan. Bermain outdoor akan melatih ketangkasan sekaligus keberanian untuk anak.

Selain wahana bermain, anak-anak bisa banyak belajar dari tempat wisata suaka margasatwa. Di sana anak akan melihat secara langsung kehidupan liar binatang dan tumbuh-tumbuhan. Mereka bisa belajar nama-nama tumbuhan dan hewan liar yang ada di tempat tersebut dan bagaimana mereka hidup. Dengan mengunjungi suaka margasatwa, anda juga bisa melatih dan mengajarkan anak untuk menjaga dan merawat alam sekitar agar tetap lestari. Suaka margasatwa terdapat di banyak tempat di Indonesia dari sabang sampai merauke. Beberapa suaka margasatwa yang terkenal ada hutan mangrove di Muara Angke, Jakarta, Taman Nasional Perlindungan Gajah Way Kambas di Lampung, adapula Taman Safari di Bogor, Jawa Barat dan masih banyak lagi.

3. Taman bermain
Jika tidak ingin pergi jauh-jauh untuk berekreasi, di dalam kota pun ada tempat rekreasi yang pas untuk anak. Taman bermainlah tempatnya. Sebenarnya tidak hanya bermain, di tempat-tempat itu anak juga bisa belajar dan malahan itu yang pokok. Taman bermain hampir di setiap kota ada. Selain menyediakan arena bermain, tempat-tempat tersebut juga biasanya menyediakan wahana untuk belajar. Di setiap kota mungkin berbeda-beda nama dan jenis wahananya. Namun, konsepnya sama yaitu membuat anak menikmati belajar sambil bermain.

Jika anda ada di Bandung, ada namanya Taman Lalu Lintas. Anda bisa mengajarkan pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas kepada anak sekaligus mendidik mereka agar taat lalu lintas sejak dini. Di Yogyakarta ada Taman Pintar. Tempat rekreasi tersebut berisi wahana bermain sekaligus belajar untuk anak sangat lengkap. Di Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah tempat yang pas untuk mengetahui Indonesia beserta ragam budaya yang ada di dalamnya. Masih banyak lagi tempat-tempat serupa di kota-kota di Indonesia.

4. Museum
Ada yang bilang bahwa pergi ke museum zaman sekarang sudah ketinggalan zaman. Agaknya pernyataan tersebut adalah keliru. Justru pergi ke museum sangat penting terutama bagi mereka yang ingin belajar, sejarah atau apapun. Museum menyajikan banyak sekali pengetahuan tentang hal-hal tertentu yang belum tentu anak-anak dapat di sekolah mereka. Di sana terdapat benda-benda bersejarah yang penting untuk pengetahuan sejarah mereka sehingga lebih mengenal masa lalu nenek moyang mereka. Sebagai tempat rekreasi, museum adalah pilihan yang tepat. Semua orang bisa berkunjung ke museum kapanpun. Ditambah lagi tidak perlu biaya yang mahal.

Di Indonesia, hampir di setiap daerah terdapat museum. Museum-museum itu menawarkan konten pembelajaran yang berbeda tergantung tema dari museum tersebut. Di Jakarta kita mengenal ada Museum Fatahillah dan Museum Bank Indonesia, di Bandung ada Geologi. Ada pula museum kereta api di Ambarawa, museum lukis Affandi di Yogya, museum manusia purba di Sangiran, Sragen, dan masih banyak lagi museum yang bisa anda jadikan tujuan rekreasi bersama buah hati tercinta.

5. Tempat dan Bangunan Bersejarah
Indonesia adalah bangsa yang kaya akan peninggalan masa lalu yang mengagumkan. Ada baiknya mengajak anak untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Selain berekreasi, mengunjungi Tempat dan Bangunan Bersejarah akan mengajarkan kepada anak untuk menghargai orang-orang pendahulu mereka dan bagaimana mereka wajib untuk merawatnya. Jika ingin menemukan tempat dan bangunan bersejarah di Indonesia cukup mudah karena setiap daerah hampir memiliki Tempat dan Bangunan Bersejarahnya masing-masing.

Di Jakarta, Monas dan Kota tua adalah tempat bersejarah yang cukup populer di Jakarta. Mengunjungi tempat dan bangunan bersejarah pun bisa dilakukan ke luar daerah. Misalnya jika kita ke Yogyakarta, ada Tamansari dan Candi Prambanan atau sedikit ke utara, di Magelang ada Candi Hindu terbesar di dunia, Borobudur. Di Semarang ada tempat bersejarah Lawang Sewu yang dulunya adalah kantor pemerintah Hindia-Belanda. Di Padang ada jam yang sangat tua dan bersejarah yaitu Jam Gadang yang dibangun pada tahun 1826, serta masih banyak lagi tempat dan bangunan bersejarah di Indonesia.

Beberapa tempat wisata diatas sudah pasti dapat menunjang pengentahuan anak, akan budaya serta kekayaan alam, bagi orang tua yang ingin selalu mengajak buah hatinya berwisata pintar namun tetap hemat, mungkin dapat lihat daftar promo terlebih dahulu di PriceArea.com dimana terdapat berbagai Toko online yang menawarkan traveling hingga liburan murah khususnya untuk Anda dan keluarga.

Comments

comments