Teknologi Pendongkrak Peradaban Manusia – Berbicara tentang Teknologi memang suatu perbincangan yang tiada habisnya dibicarakan. Saat sekarang ini gaya hidup, kebiasaan dan kebutuhan dalam hal fashion pun semakin meningkat seiring berkembang pesatnya teknologi. Tidak heran jika ilmu pengetahuan juga  semakin pesat perkembangannya karena tunjangan revitalisasi dari konvensional ke teknologi yang lebih modern.

Fashion Technology
Fashion Technology

 

Hasilnya, Kita lebih mudah mengakses informasi dimanapun dan kapanpun kita mau. Dalam kehidupan sehari-hari bukan kebutuhan tertier lagi jika kita berbicara mengenai handphone (HP), akan tetapi HP merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi dalam memudahkan komunikasi antar sesama.

Jadi istilah kerennya “tanpa tekhnologi, rasanya hidup kita tinggal separuh saja dan rasanya sangat hambar”, tapi sebelum kita lebih jauh melangkah dan membahas mengenai era-teknologi jaman sekarang alangkah baiknya kita mengingat-ingat kembali perkembangan teknologi yang dimulai dari awal masuknya ke negeri kita Indonesia tercinta.

“Nah masih ada yang ingat televisi (TV) dengan layar 14 inch dan warna hitam putih? Dulu orang tua kita hanya bisa menikmati layar TV dengan warna hitam putih, itupun jika siaran yang dijangkaunya bisa terlihat jelas, kalau tidak mereka hanya bisa mendengarkan informasi lewat radio dan lagi-lagi jika pemancar radionya cukup kuat untuk menangkap siaran-siaran tertentu.

Televisi Kuno

 

Perkembangan dengan revitalisasi tekhnologi di negeri kita dimulai pada tahun 1976 tepatnya pada tanggal 9 juli yang ditandai dengan diluncurkannya satelit Palapa. Memang sebelum tekhnologi berkembang, cara berkomunikasipun terbilang cukup susah dengan memakan waktu yang cukup lama, pada saat itu jaringan selluler masih belum ada sehingga yang namanya telepon pada saat itu belum dikenal kalangan masyarakat.

Berkomunikasi lewat surat adalah salah satu cara yang digunakan saat itu, bisa Kita bayangkan saudara Kita di provinsi lain meninggal, mungkin suratnya baru sampai setelah seminggu, dan itu sangat lucu karena suratnya sampai beberapa hari setelah saudara Kita dimakamkan dan ternyata hal tersebut cukup menyiksa batin bagi siapapun yang berada diposisi tersebut.

Setalah peluncuran satelit Palapa, barulah akhirnya abad tekhnologi kedua di negeri kita mulai berkembang dengan hadirnya sistem komunikasi bergerak yaitu jaringan seluler GSM. Jaringan selluer GSM ini merupakan terobosan pertama teknologi yang menggunakan sistem komunikasi bergerak di negeri kita Indonesia, dan saat sekarang Kita telah menikmati berbagai fasilitas dari jaringan selluler ini, mulai dari jaringan telepon yang memudahkan komunikasi dan juga jaringan internet yang memudahkan kita mengakses berita dimana-mana.

Jadi bagi kalian yang menggunakan jasa dari GSM berterimaksihlah karena telah keluar dari abad kesusahan karena minimnya teknologi menuju abad yang lebih memudahkan kehidupan dengan hadirnya teknologi.

Setelah sedikit berkoar-koar mengenai perkembangan tekhnologi dari era sebelumnya, sekarang kita akan masuk pada pembahasan kita yang sesungguhnya yakni Era Tekhnologi – Pengaruh Tekhnologi Dalam Kehidupan.

Tidak bisa dipungkiri era modern telah membuka jendela baru bagi perkembangan masyarakat dalam mengakses berbagai informasi di berbagai belahan dunia. Jika dulu kita masih terisolasi dengan jangkaun berita dari belahan dunia lain, maka sekarang sekat yang telah memisahkan kita dengan informasi tersebut telah terdongkrak dengan hadirnya berbagai macam bentuk dan kecanggihan teknologi era modern.

Akhirnya babak baru peradaban manusia yang sesungguhnya baru dimulai setelah kecanggihan teknologi ini muncul. Jika dulu kita mengandalkan tenaga fisik untuk menyampaikan berita yang satu dan berita yang lainnya ke orang lain maka sekarang telah terjadi alih fungsi kerja otot dengan hadirnya tekhnologi yang memudahkan kita menyampaikan informasi ke orang yang kita tuju dalam sepersekian detiknya.

Jika dulu kita ingin mencari referensi buku-buku di tempat tertentu yang susah dijangkau dan terbilang tempatnya cukup jauh, maka sekarang hal tersebut bukan lagi hal yang perlu ditakutkan karena sistem kecanggihan teknologi dengan hadirnya internet akan memudahkan kita memperoleh informasi yang kita butuhkan. Seolah-olah otak manusiapun mulai dialih fungsikan dengan hadirnya sumber informasi terbaru di mesin-mesin pencarian di internet.

Siapa sangka jika perkembangan teknologi semakin membludak dan tidak ada yang mampu menahan laju perkembangan dari tekhnologi jaman sekarang ini. Bahkan sebelumnya banyak peneliti yang tidak menyangka jika perangkat internet, dan hadirnya fitur-fitur dari produk-produk tertentu bisa berkembang sepesat itu.

Ini merupakan moment yang sangat fenomenal di era-modern ini. Seolah-olah fenomena penggunaan teknologi ini adalah sesuatu yang sangat Luar biasa dan tiada tandingannya dengan fenomena-fenomena lain yang hanya berumur cukup singkat. Yah teknologi adalah gambaran peradaban manusia jaman sekarang.

Dulu saat kendaraan belum ada orang-orang harus berela-rela terkena panas matahari dan harus berjalan kaki memeras tenaga untuk mencapai tempat yang diinginkan. Namun hari ini berterimakasihlah kepada tekhnologi yang telah menghadirkan kendaraan yang tahan dari terpaan langsung sinar matahari.

Kita bisa menikmati perjalanan tanpa harus bercapek-capek mengeluarkan peluh dengan adanya mobil. Kita bisa menikmati berbagai macam fasilitas lain dari tekhnologi sekaligus bisa menikmati alam bebas dengan menggunakan motor bersama teman-teman menikmati sepanjang jalan pemandangan alam.

Kini sebagian besar masyarakat telah menjadi pecandu teknologi bahkan sebagian kalangan memujanya sekalipun. Mereka menganggap itu semacam generator pembangkit daya yang akan menunjang kelangsungan hidup mereka seterusnya. Tidak ada satupun diantara kita yang mampu mencegah perkembangan tekhnologi, karena perkembangan tekhnologi ini satu-satunya jawaban mengapa era ini telah berubah menjadi eraglobalisasi.

Semua aktifitas yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari keikutsertaan tekhnologi dalam menunjang kemudahan mengakses berbagai informasi. Dengan hadirnya tekhnologi yang multifungsi akan lebih mempermudah pekerjaan kita. Tuntutan sekolah, tuntutan kerja dan tuntutan rumah tangga akan dapat mudah teratasi dengan hadirnya tekhnologi.

“Jika diibaratkan tekhnologi itu Oksigen (O2) dan keinginan itu adalah aliran darah kita, seolah-olah nafas yang kita miliki tanpa akses tekhnologi dalam sehari-hari seakan-akan ingin berhenti karena pasokan Oksigen yang dibutuhkan oleh darah untuk dialirkan keseluruh tubuh berhenti atau pasokan oksigennya kurang karena gangguan dibagian pernafasan yang menghambat oksigen masuk kedalam paru-paru (pulmo)”

Begitulah teknologi telah menggebrak dunia manusia menjadi dunia robot, menggebrak dunia manusia yang dulunya berada di jaman tuas dan katrol sekarang telah berubah menjadi era-mesin yang sangat canggih dan juga lebih mutakhir. Sebagai generasi umat manusia dalam peradaban tentunya kita harus lebih banyak mengadopsi sisi positif dari perkembangan era-teknologi, karena akan lebih bagus jika generas-generasi penerus bangsa akan terlahir menjadi generasi dengan skill yang cukup berkompeten dan terlebihnya lagi tidak gagap teknologi (Gaptek).

Gaptek
Gaptek

 

Kita harus lihai menggunakan tekhnologi untuk mempermudah menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Sekarang begitu banyak produk-produk tekhnologi baru yang beredar dipasaran. Mulai dari handphone yang dwifungsi sampai dengan handphone yang multifungsi, bukan hanya handphone, tersedia pula berbagai macam gadget lain seperti Iphone, aplle, tablet dan banyak jenis laptop serta komputer yang dengan fiturnya yang sangat canggih bisa mengalahkan produk-produk yang bentuknya lebih besar daripada fungsi yang sesungguhnya.

Mungkin hal lain yang harus kita pertimbangkan, bahwa jika kita terlahir menjadi manusia yang telah dilengkapi dengan akal maka ada sedikit hal yang mesti kita fikirkan, bahwa teknologi itu hadir dari ciptaan dan keintelektualan yang dimiliki oleh manusia.  Maka harusnya skil kita tidak boleh teralih fungsikan oleh kecanggihan tekhnologi.

Harusnya kita harus tetap lebih pintar dan berkompeten dalam segi berfikir dan segi bertindak dibandingkan dengan kemajuan tekhnologi yang ada saat sekarang ini.

Kita boleh menggunakan teknologi dalam memudahkan aktifitas, bahkan sekalipun boleh jika teknologi telah mengubah life style kita. Akan tetapi jangan sampai tekhnologi menjadi bumerang yang akan menimbulkan dampak yang  berefek negatif pada diri kita sendiri.

“Selamat datang dunia mesin yang telah menunjang kehidupan kita, selamat datang era-globalisasi yang mengubah gaya hidup siapa saja, Selamat datang tekhnologi mutakhir yang mendongkrak peradaban manusia, dan selamat datang era-globalisasi modern yang membuat perkembangan tekhnologi menjadi makanan sehari-hari dan generator pembangkit bagi siapa saja yang menggunakannya.”

Hal terakhir semoga dengan hadirnya teknologi bukan hanya mengubah gaya hidup, bukan sebagai momok yang dipergunakan untuk saling menghancurkan antara satu sama lain, akan tetapi tekhnologi hadir untuk membawa pola fikir dan perubahan-perubahan skill-skill manusia yang lebih berkompeten, tekhnologi ada untuk memudahkan bertukar  informasi dari belahan dunia lain.

Teknologi ada agar tingkat peradaban yang maju akan semakin maju, jika peradaban manusia maju maka otomatis Sumber Daya Manusia (SDM) akan maju dan tidak bisa dipungkiri jika SDM suatu negara maju maka itulah titik puncak keberhasilah dan kemajuan suatu negara. Berharap teknologi ini merupakan ajang dan jembatan bagi era-dunia yang lebih baik, lebih aman dan lebih tentram dari sebelum-sebelumnya.

Jadi marilah kita mengadopsi teknologi pendongkrak peradaban manusia selayaknya dan mengambil beberapa manfaatnya dan itu akan lebih baik dalam menunjang kehidupan kita. Semoga bermanfaat.

Comments

comments