Ilustrasi-Mengemudi-Mabuk
Ilustrasi-Mengemudi-Mabuk | http://www.legalfundsnow.com/

Sopir mobil (http://www.pricearea.com/mobil/) yang mabuk menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan di Amerika Serikat. Tak ingin kasus tersebut terus meningkat, maka pemerintah AS pun berpikir keras untuk mencari solusinya. Akhirnya muncullah ide untuk merancang sistem yang bisa mendeteksi alkohol oleh Lembaga Nasional Administrasi Keselamatan Jalan Raya (NHTSA).

Ide ini masih dalam proses pengerjaan yang rencananya bisa mendeteksi alkohol melalui sentuhan dan nafas pengemudi. Jadi bila seseorang habis menenggak minuman keras, maka mobil dengan otomatis akan menolak untuk dikendarai. Peneliti NHTSA, Nay Beuse, mengatakan pihaknya sedang mempelajari teknologi pendeteksi sopir mabuk tersebut, dimana mereka bakal menggandeng vendor yang bisa menghasilkan sistem yang ditanamkan di setiap kendaraan roda empat atau lebih.

Beuse menilai, teknologi pendeteksi alkohol yang sudah diintegrasikan ke dalam kendaraan diharapkan akan mampu menurunkan jumlah kematian akibat kecelakaan yang berhubungan dengan alkohol di jalanan AS, secara signifikan. Penemuan ini juga sebagai pendamping sistem pengereman darurat otomatis yang sudah mulai banyak diterapkan di beberapa mobil. Pada 2011 lalu saja, NHTSA telah menggelontorkan dana US$2,2 juta dan mengajak Takata Corp dan Autoliv sebagai pemasok produk keamanan untuk mengembangkan perangkat pengukur ketenangan pengendara.

Jadi kapan sistem canggih ini bisa mulai dipakai?

MULAI 2018

NHTSA menjadwalkan teknologi pendeteksi sopir mabuk bisa mulai dipakai 2018 mendatang. Namun, Beuse menjelaskan ia belum mengetahui apakah sistem itu akan langsung menonaktifkan kendaraan atau hanya sekadar mengeluarkan peringatan. Ditambahkan lagi, NHTSA sangat berharap para produsen mobil juga punya rancangan teknologi yang terkait dengan keamanan kendaraan. Jadi mobil yang beredar di AS pada masa mendatang, sudah memiliki teknologi yang bisa mengurangi kecelakaan mematikan dari berbagai sebab termasuk alkohol.

Ilustrasi-Kecelakaan-Mobil
Ilustrasi-Kecelakaan-Mobil | http://mcmullenanddrury.com/

Teknologi pendeteksi sopir mabuk ini memang dirancang untuk negara Amerika Serikat, tapi semoga saja bisa diterapkan juga untuk negara lainnya, termasuk Indonesia. Namun sebagai pengemudi, Anda pun perlu selalu rutin mengecek kondisi mobil Anda, seperti spare part mobil (http://www.pricearea.com/mobil/?scat=onderdil-mobil). Dengan begitu jumlah angka kecelakaan kendaraan bermotor di tanah air dapat berkurang. Ingin tahu mengenai info mobil lebih banyak? Buka saja laman web http://artikel.pricearea.com/category/produk-review/mobil-product-reviews/.

Comments

comments