Teknologi Narsis Untuk Eksis – Apakah pengaruh teknologi dalam kehidupan? Tentu saja banyak hal. Salah satu bidang yang terpengaruh kuat dengan kecanggihan teknologi adalah dunia fashion.

Apakah Anda pernah mendengar profesi sebagai Fashion Blogger? Atau pernah mendengar profesi sebagai Endorser Online Shop? Kedua profesi ini adalah contoh kecil profesi yang hadir karena hobi dan kecanggihan teknologi. Profesi ini hadir dari adanya keisengan atau memang kesengajaan untuk menjadi trend setter di dunia maya, khususnya sosial media atau jejaring sosial.

Fashion Blogger adalah seseorang yang memiliki minat atau hobi dalam merancang sebuah trend fashion yang kemudian dibagikan kepada semua orang melalui blog-nya. Sementara Endorser Online Shop adalah seseorang yang juga memiliki minat atau hobi sama dalam dunia fashion dan lebih fokus pada penggunaan media sosial untuk memposting kreatifitasnya dalam dunia fashion. Para Endorser ini memiliki banyak follower sehingga menarik minat para owner online shop untuk menggunakan jasa mereka sebagai salah satu media promosi.

Ilustrasi Teknologi Narsis Untuk Eksis
Ilustrasi Teknologi Narsis Untuk Eksis

Kedua profesi tersebut erat hubungannya dengan dunia fashion dan pernah booming menjadi trend setter di dunia maya. Orang-orang yang berkecimpung dan menggeluti profesi ini, baik secara serius maupun hanya iseng, pasti mendapatkan banyak manfaat. Ketenaran dan keuntungan pun akan segera didapatkan dengan mudah. Cukup dengan memanfaatkan handphone, berpose dengan barang-barang fashion yang disukai, upload ke sosial media atau posting ke blog, dan tunggulah hal tersebut menjadi trend setter.

Semudah itukah? Tentu saja, kenapa tidak? Bukankah sudah ada kecanggihan teknologi yang membuat semua hal menjadi mungkin? Komputer dengan segala fasilitas dan aplikasinya dapat membuat dunia fashion semakin berwarna. Editing pun dapat dilakukan dengan mudah, murah, cepat dan akurat. Let’s make all of things will being more perfect with software in your computer. Handphone sendiri juga tidak kalah bersaing dengan kecanggihan komputer, berbagai fitur dan aplikasi yang memudahkan proses editing menjadikan telepon genggam masa kini lebih menarik dan sulit untuk dipisahkan dari kehidupan.

Mudahnya Adaptasi Fitur Teknologi serta Produk Lainya

Blogger yang pada awal permulanya lebih terfokus pada komputer (yang tekoneksi dengan internet) untuk meng-eksis-kan dirinya lewat posting-an tulisan atau foto, mulai beralih haluan dan cenderung lebih menyukai menggunakan telepon seluler untuk melanjutkan aktifitas nge-blog-nya. Berbagai tipe ponsel, mulai dari handset yang konvensional, hingga android atau iPhone telah dapat memberikan support untuk mengedit atau mengolah foto yang berhubungan dengan dunia fashion.

Dengan menggunakan handphone, proses posting tulisan di blog dapat dilakukan dimana pun, kapan pun, dan dalam keadaan bagaimana pun. Blogger akan selalu dapat eksis di dunia maya melalui blog-nya. Berbagai pose yang fashionable dapat ditambahkan agar tulisan menjadi lebih atraktif dan interaktif.

Proses editing foto yang dilakukan dengan menggunakan fitur yang ada di handphone tidak sulit dilakukan, siapa saja dapat melakukannya dengan hasil yang cukup memuaskan. Hasil editing menggunakan ponsel dapat membuat foto tersebut menjadi semakin eye catching dan semakin menarik minat orang lain.

Apakah itu untuk memberikan kesan black and white, efek blur, efek sephia, cropping, dramatisir, atau menambahkan frame agar foto menjadi lebih menarik.

Acara berfoto menggunakan kamera digital menjadi lebih mengasyikkan. Bersenang-senang dengan diri sendiri, mengeksplor karakter diri, berekspresi, mengeluarkan kreatifitas, bangga dengan hasil karya, bahagia menjadi diri sendiri, dan tentu saja mendapatkan keuntungan.

Perusahaan yang bergerak di bidang fashion pasti melirik dan tertarik dengan Fashion Blogger ini. Secara tidak langsung, pekerja bidang ini melakukan promosi produk melalui postingan tulisannya di blog yang me-rewiew produk tersebut. Salah satu cara promosi yang murah meriah tapi tepat sasaran.

Tidak heran bila saat ini banyak perusahaan yang mengundang blogger dalam acara launching produk terbarunya, dengan tujuan agar para blogger dapat melakukan review produk mereka ke dalam postingan blog-nya. Bahkan tema tentang Fashion Blogger ini pernah ditayangkan di salah satu acara di stasiun televisi lokal.

Ilsutrasi Gaya Selebritis Narsis
Ilsutrasi Gaya Selebritis Narsis

Narsis Untuk Eksis

Para Endorser pun tidak mau kalah dengan Fashion Blogger yang telah lebih dulu menjadi trend setter. Endorser fokus pada telepon seluler dan sosial media. Narsis untuk eksis adalah moto mereka. Jadi tidak heran bila kita sering melihat wanita yang berpakaian sangat fashionable berpose di berbagai tempat, apakah itu di mall, di kantor, di taman, di jalan raya, di pusat olah raga, atau dimana pun tempat yang layak untuk berpose.

Dalam sekejap mata foto-foto mereka mulai memenuhi jejaring sosial. Dengan menampilkan barang-barang fashion yang sedang in, mulai dari dress atau gaun, baju, rok, celana, hijab atau kerudung, topi, bandana, kacamata, perhiasan, aksesoris, tas, sepatu, syal, hingga make up. Dan semuanya itu adalah gratis alias diberikan secara cuma-cuma oleh owner online shop untuk mempromosikan produk mereka. Wow, hal yang sangat menyenangkan bukan?

Para owner online shop tidak perlu menyewa model cantik dan mahal untuk berpose dan menjual produk-produk mereka. Mereka hanya memberikan beberapa sample produk kepada Endorser dan membiarkan Endorser bekerja sesuai dengan keahliannya, yaitu me-narsis-kan dirinya. Berpose, berfoto, eksis di sosial media, dan produk tersebut menjadi incaran para konsumen.

Baik Fashion Blogger atau Endorser Online Shop maupun profesi lainnya yang berhubungan dengan dunia fashion di dunia maya, mendapatkan keuntungan dari kecanggihan teknologi. Perusahaan pun ikut mendapatkan keuntungan, terlepas apakah perusahaan itu berskala kecil atau besar, tetap bisa memasarkan dan mempromosikan produknya dengan cara yang lebih mudah karena perwakilan teknologi narsis untuk eksis telah menanti untuk dipergunakan.

Irda Handayani

Latest posts by Irda Handayani (see all)

Comments

comments