Teknologi masa kini dan pengaruhnya bagi umat manusia – Kehadiran globalisasi, dewasa ini dapat dirasakan dalam semua aspek kehidupan. Hadirnya globalisasi ini tidak luput jugadengan hadirnya berbagai macam teknologi yang secara bertahap mengalami penyempurnaan dari segi fungsi, aplikasi, dan penggunaannya.

Modernisasi tidak hanya dalam ruang lingkup kecil, akan tetapi modernisasi dalam lingkup luas, dari teknologi industry, teknologi informasi, teknologi transportasi. Dewasa ini kecepatan perkembangan arus teknologi informasi semakin membanjiri segala aspek kahidupan, sehingga seolah-olah kita terus diberikan dan dicekoki oleh perkembangan teknologi yang secara terus-menerus meningkat, sehingga kita tidak dapat memfilter mental.

Semakin canggih dukungan teknologi informasi, arus informasi semakin meluber membanjiri rana kehidupan manusia di dunia. Semua dapat diakses dengan mudah,dan semua dapat didapat dengan bebas (free). Arus informasi yang semakin besar dan dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat ini dapat manimbulkan pengaruhdan dampak yang signifikan dalam aspek kehidupan, secara umum dapat mencakup semua aspek kehidupan dari basic sederhana sampai dengan spesifikasinya.

Ilustrasi Teknologi Masa Kini Dan Pengaruhnya Bagi Umat Manusia
Ilustrasi Teknologi Masa Kini Dan Pengaruhnya Bagi Umat Manusia

Dewasa ini teknologi informasi sudah berkembang sangat cepat, untuk spesifikasi informasi, diawali dengan brik, dimana brik dulu digunakan sebagai alat komunikasi sebelum adanya telegram. Setelah kemunculan brik dan telegram kemudian disusul dengan adanya telephone near kabel, kemudian disusul lagi dengan adanya dimana sekarang handphone sudah menjadi alat komunikasi globalyang terus menerus mengalami modifikasi-modifikasi atau penyempurnaan-penyempurnaan sehingga sekarang ada beberapa system dalam handphone, yaitu android, java, symbian, dan ada yang dikenal dengan smartphone.

Kemajuan teknologi tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan seimbang dengan berjalannya kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap penemuan baru diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia agar mendapatkan suatu hal yang lebih mudah, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.

Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh penemuan-penemuan yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.

Contoh dalam posisi positif berkembangnya teknologi: manusia sebagai pengguna teknologi tersebut mendapatkan kemudahan misalnya seperti karyawan menggunakan sistem komputer sebagai alat primer di bidangnya dan contoh dampak negatif yang telah di timbulkan oleh berkembangnya teknologi dalam kehidupan manusia misalnya seperti: penyebaran virus dalam dunia maya / internet yang di sebabkan oleh error-nya suatu data dan menyebar di dalam suatu jaringan.

Kemunculan juga merupakan titik awal kemunculan internet. Perkembangan teknologi informasi yang sangat meningkat dan semakin canggih dan modern juga menimbulkan dampak di dalam aspek kehidupan. Dampak yang diberikan dengan adanya perkembangan teknologi informasi dapat berupa dampak positif dan dampak negative.

Dampak positif teknologi informasi adalah perubahan tata nilai dan pola berpikir, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, dan tingkat kehidupan yang lebih baik. Adanya perkembangan teknologi informasi secara modern dalam zaman sekarang ini bisa dilihat dari cara berpikir masyarakat yang irasional menjadi rasional.

Cara berpikir masyarakat yang rasional diakibatkan karena dengan adanya perkembangan teknologi informasi, masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi darisegala penjuru dan sudut pandang dengan cepat dan mudah.

Berupa hanya pola pikir masyarakat ini karena dengan adanya perkembangan teknologi informasi,masyarakat dapat mengetahui hal-hal yang baru yang mungkin duahulu mereka anggap tidak ada dan tidak akan pernah terjadi, akan tetapi setelah adanya teknologi informasi, masyarakat dapat membaca atau bahkan melihat jendela luas tentengperkembangan peradaban zaman yang mereprentasikan hal-hal yang beru dan terus berkembang.

Hal itulah yang dapat merubah pola pikir masyarakat yang semula berawal dari irasional menjadi pola pikir yang rasional.Dampak positif dari perkembangan teknologi informasi yang kedua adalah berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju dalam meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan waktu sekarang ini.

Sehingga dapat dikatakan bahwa, dengan adanya perkembangan teknologi informasi masyarakat dapat meningkatkan motifasi untukmemajukan life skill dari sumber daya manusia. Dan dengan adanya motifasi dan upaya dari masyarakat ntuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut andiimbangi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, masyarakat akanlebih prodiktif dan inovatif.

RUBEN HINA MBILIYORA
RUBEN HINA MBILIYORA

Latest posts by RUBEN HINA MBILIYORA (see all)

Comments

comments