Teknologi internet sebagai wadah berekspresi – Teknologi yang semakin hari semakin berkembang seakan menuntut manusia untuk lebih kreatif dalam menciptakan kreasi – kreasi baru sebagai bentuk kemajuan teknologi. Kemajuan tersebut sekaligus sebagai wadah yang memberikan kebebasan kepada manusia untuk bisa lebih mudah berekspresi.

Media teknologi internet salah satunya,  seakan menjadi pintu besar bagi banyak orang untuk bisa memperlihatkan apa yang mereka sukai, apa yang mereka kuasai atau apapun dalam bentuk apapun kepada orang – orang disekitarnya. Hal tersebut tentu menjadi kemajuan yang sangat dinantikan bagi orang – orang yang selama ini mencari wadah untuk berekspresi.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak situs-situs yang memberikan kebebasan kepada kita sebagai pengguna untuk berbagi hal kepada orang lain dalam bentuk yang sangat beragam seperti, photography, video rekaman, musik, cerita dan perangkat elektronik lainnya.

Ilustrasi Teknologi Internet Sebagai Wadah Berekspresi
Ilustrasi Teknologi Internet Sebagai Wadah Berekspresi

Bahkan kita sebagai pengguna dapat memilih situs – situs yang ingin kita gunakan dan atau sekedar mengunjungi sesuai dengan keperluan dan keinginan. Soundcloud.com salah satunya, situs yang mulai diperkenalkan pada Agustus 2007 tersebut memungkinkan seniman untuk meng-unggah musik mereka dengan URL khusus yang kemudian dapat didengar oleh semua pengunjung situs soundcloud tanpa harus terlebih dahulu terdaftar sebagai member.

Contoh lain kita bisa lihat pada salah satu situs besar dunia yaitu, Youtube.com. Berbeda dengan soundcloud, situs yang diperkenalkan oleh Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim yang pada saat itu masih berstatus sebagai karyawan PayPal ini memiliki keunggulan tersendiri, karena format yang diusung sebagai objek berbagi – pakai dalam situs ini adalah audio visual. Dengan keunggulan tersebut, para pengguna situs ini tentu akan merasa lebih bebas dalam berekspresi.

Hal tersebut terlihat dari keberagaman video yang diunggah oleh para pengguna situs yang mulai diperkenalkan pada tahun 2005 ini. Mulai dari kejadian aneh atau lucu yang terekam secara tidak sengaja atau sengaja direkam, video tutorial bermain alat musik, tutorial memasak, video clip lagu, dan masih sangat banyak jenis – jenis video yang ada dalam situs video player terbesar di dunia ini.

Situs – situs diatas jika dipergunakan dengan baik tentu bisa menjadi wadah sempurna untuk menyalurkan bakat kita yang bertindak sebagai pengguna sekaligus pengunjung situs tersebut. Bayangkan, untuk mengunjungi situs tersebut bisa dilakukan dengan mudah hanya melalui handphone yang dilengkapi dengan fitur koneksi data.

Banyak orang-orang yang mulai merambah dunia hiburan setelah video pribadi mereka diupload dalam situs youtube.com. Setelah keahlian dalam bernyanyi atau keahlian dalam bermain peran yang mereka coba perlihatkan dalam video pribadi mereka tersebut berhasil menarik penonton yang cukup banyak dan sukses menjadi perbincangan di lingkup masyarakat luas.

Sebut saja Greyson Chance, salah satu penyanyi internasional yang namanya dibesarkan oleh situs  Youtube. Bermula saat ia meng-unggah video dirinya  saat sedang menyanyikan lagu Paparazzi yang dipopulerkan oleh Lady Gaga di Cheyenne Middle School. Video tersebut berhasil menarik lebih dari 30 juta pasang mata pengunjung Youtube. Dua lagu ciptaanya sendiri yaitu Stars dan Broken Heart yang diunggah ke Youtube juga sukses hingga ditonton oleh jutaan pasang mata di dunia.

Tak ketinggalan kisah awal kesuksesan sang bintang besar Justin Bieber, namanya mulai dikenal luas setelah video yang memperlihatkan aksi panggung Justin dalam kompetisi menyanyi lokal “Stratford Star” di kota kelahirannya Ontario Canada, diunggah pada tahun 2007 oleh ibu kandungnya di Youtube.

Pada tahun 2009 video tersebut berhasil membuat salah satu agen pencari bakat Scooter Braun tertarik untuk memberikan kesempatan untuk mempertemukan Justin bersama Usher sekaligus ikut audisi bersama Usher sampai pada akhirnya single pertama Justin “One Time” dirilis dan berhasil menduduki peringkat 30 besar di lebih dari 10 negara.

Tak mau ketinggalan, fenomena serupa juga muncul dari dalam negrei, tercatat beberapa nama penyanyi dan artis dalam deretan orang – orang yang sukses dikenal oleh jutaan rakyat negeri berkat video unggahan-nya dalam situs Youtube. Duet kakak adik Gamaliel dan Audrey salah satunya.

Berawal dari keisengan keduanya untuk mengunggah video mereka di Youtube saat bernyanyi, ternyata menjadikan mereka sebagai bintang baru dalam belantika musik Indonesia. Itu semua tentu tak lepas dari peran sebuah komputer dan layanan satelit internet yang mampu mempermudah segalanya hingga menjadi terkenal sekalipun.

Tanpa menutup mata, disamping semua nilai positif yang bisa kita dapatkan dari kemajuan teknologi tersebut, tentu nilai – nilai negatif juga turut mengiringi keberadaannya.

Karena selalu hadir orang – orang yang dengan sengaja menghadirkan nilai – nilai negatif untuk mencari keuntungan golongan atau pribadinya, atau orang – orang yang bisa kita anggap sebagai orang yang hanya kurang mampu menciptakan nilai positif terhadap kemajuan teknologi.

Situs – situs pornografi, situs – situs yang memberikan kebebasan pengunjung situs untuk bisa meng-unduh file – file secara ilegal, perampokan melalui internet atau masih banyak contoh negatif lainnya. Hal tersebut tentu sangat disayangkan, dimana kemajuan yang pada hakikatnya dimunculkan untuk memudahkan kegiatan manusia malah di salah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Saat ini contoh – contoh nilai negatif diatas memang belum bisa diabaikan, dalam hal ini tentu  sangat diperlukan peran orang tua kepada anak – anaknya untuk lebih mengontrol kegiatan anak mereka dalam menggunakan kemajuan teknologi sejak dini. Dimana hal tersebut akan membangun sikap bijaksana dalam diri anak untuk bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada dengan baik.

Karena saat manfaat kemajuan teknologi bisa digunakan dengan bijak, kita sebagai pengguna dan penikmat kemajuan dapat merasakan begitu banyak hal – hal positif yang sudah sejak awal menjadi garis besar jawaban kenapa kemajuan teknologi sangat diperlukan manusia.

Gerry Fathullah

Latest posts by Gerry Fathullah (see all)

Comments

comments