Jika kita bicara tentang pembaharuan dari asal techno dan logos pasti semua orang akan terfokus pada sebuah perangkat mobile dengan segala kemampuannya, karena tidak dapat kita pungkiri bahwa piranti yang semula diciptakan dalam bentuk perangkat keras dengan desain dan bentuk yang super gede, dalam kurun waktu kurang dari satu abad kini telah berubah menjadi sebuah perangkat yang mudah dibawa kemanapun. Sepertinya teknologi diciptakan untuk membantu kehidupan manusia itu benar adanya.

Ilustrasi Teknologi yang disciptakan mendiang Steve Job
Ilustrasi Teknologi yang disciptakan mendiang Steve Job

Sebelum beranjak lebih jauh, sejenak Kita ingat kembali apa yang istimewa dari tanggal 5 Oktober 2013, ini merupakan tepat dua tahun mendiang bapak revolusioner teknologi “steve paul jobs”. Menurut Saya, dialah orang yang paling berpengaruh dalam perkembangan era toknologi sekarang ini.

Berawal dari produk apple1 yang ia ciptakan bersama steve woz mark, perangkat komputer terebut menjadi awal kebangkitan personal komputer yang bisa dan mudah dimiliki oleh banyak orang, tidak hanya dimiliki oleh kalangan elit seperti pejabat pemerintah, tetapi penjual toko juga bisa memilikinya. Sampai akhirnya pada tahun 2007, steve job memperkenalkan smartphone berbasis touch screen yang juga menjadi awal perubahan teknologi mobile yang sampai saat ini kita bisa merasakannya.

Internet

Internet, siapa sangka bahwa teknologi ini semula diciptakan hanya untuk kebutuhan komunikasi antariksa, namun seiring dengan waktu teknologi ini berubah menjadi sebuah media komunikasi yang bisa menyampaikan informasi dan menghubungkan banyak perangkat keras khususnya komputer.

Pemakaian internet di awal perkembangannya hanya sekedar memanfaatkan internet untuk keperluan email antar pemerintahan di berbagai negara, yang digunakan oleh para pejabat tinggi dari instansi pemerintah, kini dapat digunakan untuk keperluan apapun dan oleh siapapun.

Steve job memang bukanlah orang yang pertama kali menemukan internet  tetapi sejak diperkenalkan smartphone besutannya iPhone pada tahun 2007, teknologi nirkabel mulai dibenamkan pada teknologi handphone. Dengan fitur yang super canggih dan konektifitas mumpuni terebut, banyak perusahaan dan pengembang ingin menyaingi kemampuan tersebut. Coba kita lihat sekarang, teknologi nirkabel ini bisa kita temukan pada banyak gadget yang kita miliki, mulai dari telepon genggam, tablet internet, TV, jam tangan, bahkan kacamata.

Dengan semakin banyaknya perangkat yang memiliki konektifitas nirkabel seperti bluetooth, wireless, dan NFC, beberapa gadget bisa Kita hubungkan satu dengan yang lain. Kita bisa menghubungkan televisi dengan ponsel, komputer dengan telepon seluler, kamera dengan laptop, dimana semuanya itu untuk membantu memudahkan kita dalam melakukan aktifitas.

Dengan semakin mudahnya mendapatkan gadget dan konektifitas nirkabel WIFI-Hotspot yang sekarang semakin mudah kita dapatkan di berbagai tempat, semakin mudah juga kita terhubung dengan internet. Hal ini dimanfaatkan oleh sebagian besar orang dan bahkan hampir semua orang.

Coba saja kita lihat, kita mau cari apapun, kita ingin tahu apapun, semuanya bisa kita cari di internet, karena banyak orang membuat tulisan dan artikel di internet yang biasa Kita kenal dengan blogging. Mulai dari tulisan dari para penulis besar sampai dengan penulis kawakan, semuanya bisa dicari di internet.

Pelajar bisa dengan mudah membuat tugas dengan mencari referensi di internet, tidak perlu lagi datang ke perpustakaan untuk meminjam banyak buku. Ibu rumah tangga tidak perlu pusing untuk menyiapkan menu makan setiap harinya karena bisa mencari resep makanan di internet. Pebisnis tidak perlu lagi datang ke Bank untuk melakukan transaksi ataupun melihat kurs dolar, cukup mengakses internet semuanya bisa dilakukan.

Tidak hanya blogging, social media juga sebuah tren aplikasi jejaring sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini, karena dengan social media memudahkan kita untuk selalu terhubung dengan teman yang jauh. Yang semula hanya bisa chatting dengan model teks dan hanya bisa berkomunikasi untuk satu orang teman, sekarang bisa berkirim animasi, file, suara, dan bahkan video ke banyak teman dalam sebuah group. Dengan social media kita bisa mencari teman lama kita saat masih SD, SMP, SMA, bahkan ada juga yang memanfaatkan social media untuk mencari jodoh.

Ilustrasi Aplikasi dan Teknologi Internet
Ilustrasi Aplikasi dan Teknologi Internet

Aplikasi Internet dan Teknologi yang Terkait

Bisnis penjualan online juga kini mulai membanjir, mulai dari lapak kecil-kecilan lewat social media, sampai yang membuat toko online, mulai dari fashion, perlengkapan bayi dan anak, mobil, sampai properti semuanya bisa dicari di toko online. Transaksinya pun juga bervariasi, mulai dari mobile banking sampai internet banking, uang dalam bentuk fisik mulai terganti dengan nominal saldo yang bisa selalu dibawa kemanapun.

Lihat saja gaya hidup yang sekarang ini, jika kita sudah bosan dengan barang yang kita miliki, kita bisa menjualnya secara online, tidak perlu lagi membuang ataupun menyimpan barang bekas yang kita miliki di dalam gudang dan hanya memenuhi gudang, kita hanya perlu membuat iklan dan memasangnya di toko online. Dengan melihat iklan dan melakukan penawaran antara kita dengan pembeli maka jutaan rupiah bisa kita dapatkan hanya dengan menjual barang bekas kita.

Teknologi diciptakan untuk membantu kehidupan manusia, perubahan besar di era teknologi sekarang ini memang semakin memudahkan kita untuk melakukan banyak hal, semakin membantu kita dalam menjalani hidup, tetapi tidak sedikit yang memanfaatkannya untuk hal yang negatif. Jadi manfaatkanlah teknologi dengan bijak sebab teknologi diciptakan untuk membantu kehidupan manusia.

dody nugroho

Latest posts by dody nugroho (see all)

Comments

comments