Teknologi adalah bahasa universal – Kehadiran globalisasi memberi penekanan pada legitimasi media dan dunia digital di abad modern saat ini.  Hal tersebut mendorong terjadinya hasrat inovatif dari berbagai kompetitor dan setiap individu dalam berbagai orientasi kapital ataupun bisnis.

Status dalam diri manusia di era modern saat ini tidak terlepas dari esensi teknologi sebagai ruang berekspresi. Kuatnya peran globalisasi seakan memberi wadah universal serta kebebasan yang utuh dalam ruang dan waktu. Dalam kehidupan sehari-hari, aspek teknologi membawa angin perubahan khususnya gaya hidup dalam peradaban. Persaingan, gaya hidup, dan budaya trend westernisasi menjadi faktor lahiriah yang melabelkan eksistensi globalisasi yang telah memberi warna bagi perkembangan dunia.

Aspek teknologi informasi dan komunikasi mempercepat akselerasi dari proses globalisasi. Salah satu contoh transformasi mutakhir dari kemajuan teknologi adalah inovasi dari telepon kabel menjadi telepon genggam atau dikenal dengan sebutan handphone. Media komunikasi yang satu ini dapat dikatakan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari rutinitas masyarakat di seluruh dunia. Dan jika teknologi adalah bahasa universal, boleh jadi.

Ilustrasi Teknologi Adalah Bahasa Universal
Ilustrasi Teknologi Adalah Bahasa Universal

 

Sebab, hampir semua lini masyarakat agaknya mengerti benar dengan bahasa teknologi yang hadir hingga saat inim khususnya yang tengah tren, misalnya penggunaan ponsel pintar berbasis sistem operasi Android, iOS atau windows phone, secara keseluruhan, fungsi dan kinerja yang dimiliki bisa dilakukan oleh semua orang, meski pada tahap awal agak beradaptasi terlebih dulu, namun itu hal yang cukup wajar.

Namun tahukah Anda bahwa bagaimana titik awal serta gagasan diciptakannya handphone? Sebelum abad modern, kebanyakan orang belum familiar dengan istilah handphone. Media layanan komunikasi yang digunakan sebagai pengantar pesan masih bersifat audio (radio dua arah yang dikenal dengan walkie talkie dan produk elektronik lainnya). Kemajuan teknologi yang pesat mendorong ide inovatif yang kemudian dimodifikasi sesuai tuntutan zaman dan trend modern yaitu seperti perangkat audio visual dengan desain fitur yang lengkap dan praktis dibawa kemana-mana.

Handphone atau perangkat portabel melalui transmisi kabel tersebut merupakan salah satu penemuan dalam dunia teknologi komunikasi. Ilustrasi sederhana tersebut dimaksudkan untuk mendeskripsikan sejarah singkat sebelum diciptakannya handphone. Belum lagi dengan produk lainnya baik otomotif seperti sepeda motor, atau mobil. Kemudian perekam gambar atau kamera, masih banyak yang hingga saat ini telah ber evolusi hingga menjadikan sebuah perangkat canggih.

Peran media massa dalam kehidupan pribadi (privasi) ataupun sosial,  terutama dalam masyarakat modern merupakan sesuatu hal yang sulit dibantah atau dihindari oleh siapapun. Dalam konteks teknologi adalah bahasa universal, globalisasi teknologi adalah sebuah bahasa universal bagi seluruh penduduk di seluruh belahan dunia yang menjadi aktor penggerak legitimasi teknologi pada abad ini dan masa yang akan datang.

 

Everd Daniel

Latest posts by Everd Daniel (see all)

Comments

comments