Sepatu atau alas kaki sudah banyak menjadi trend dan juga benda favorit di berbagai kalangan. Namun pernahkah anda berpikir bagaimana teka-teki awal mula sepatu itu ada. Mungkin sekarang anda mulai bertanya-tanya mengenai awal mula adanya sepatu. Di kesempatan kali ini, kami ingin sedikit mengulas mengenai sepatu yang memiliki sejarah panjang. Simak ulasannya berikut ini.

Sepatu Jaman Nabi

Di jaman Nabi, masih banyak orang belum mengenal adanya sepatu. Kebanyakan dari mereka masih bertelanjang kaki untuk bepergian ke berbagai tempat. Ada juga yang menggunakan kuda atau unta sebagai sarana transportasi utama untuk menempuh jarak yang relatif jauh, dengan menggunakan jasa hewan ini, tentu saja mereka tidak perlu merasakan panasnya pasir padang gurun yang menyengat ketika siang hari.

Ribuan tahun lalu sepatu mulai dikenal sebagai salah satu benda untuk melindungi kaki dari sengatan panas matahari atau duri tajam yang berada di jalanan. Di awal mulanya, alas kaki ini terbuat dari kulit hewan yang dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk pelindung bagi kaki. Sepatu ini mulai popular di jaman Nabi dikarenakan pada jaman itu banyak digunakan untuk bepergian jauh, bahkan hijrah menuju kota atau bahkan Negara lain. Tentunya sepatu ini akan sangat membantu dalam melindungi kaki dari sengatan panasnya gurun pasir di timur tengah sana.

Awal Mula Sepatu

Bahkan salah satu sepatu peninggalan Nabi Muhammad SAW pernah menginjak surga. Sepatu yang sangat bersejarah itu pun masih tersimpan rapi di salah satu museum ternama di timur tengah sana. Sepatu tersebut sangatlah sederhana, hanya terbuat dari kulit hewan dan dibentuk sedemikian rupa sehingga memiliki desain dan bentuk yang disesuaikan dengan bentuk kaki Nabi.

Sepatu di Perancis

Di belahan bumi lain, ternyata trend sepatu ini juga mewabah. Namun sepatu generasi selanjutnya ini memiliki bahan material yang sedikit berbeda dari sepatu pada jaman Nabi. Salah satu seatu yang unik dan memiliki desain yang tidak biasa dapat ditemui di Perancis. Sepatu ini menjadi trend di abad ke 9 dengan mengambil desain sepatu yang memiliki tanduk di bagian depan. Biasanya sepatu unik ini diberikan sebagai hadiah untuk pasangan. Semakin tinggi tanduk sepatu, menunjukkan semakin tinggi pula rasa cinta kita terhadap seseorang. Sepatu ini terbuat dari kayu sehingga bersifat kaku. Berbeda dengan sepatu di jaman Nabi yang memiliki bahan material berasal dari kulit sehingga bersifat lentur dan fleksibel.

Awal Mula Sepatu

Alas Kaki Unik dari India

Lain lagi di India, alas kaki di jamannya memiiki nama Padukas. Berbentuk seperti bakiak yang terbuat dari kayu, gading, besi atau benda lainnya. Alas kaki ini memiliki bentuk yang unik karena memang didesain untuk masokisme. Masokisme adalah suatu proses mendapatkan kepuasan seksual dengan memberikan rasa sakit. Aneh memang, namun inilah yang terjadi di India. Setelah rasa sakit berlangsung selama 20-40 menit, tubuh akan menghasilkan zat yang bernama opiate yakni zat anestesi alami bagi tubuh untuk mengurangi rasa sakit dan menimbulkan perasaan gembira yang dapat meningkatkan sensitivitas.

Awal Mula Sepatu

Sepatu Asli Italia

Di Italia juga terdapat sepatu unik yang didesain khusus untuk para wanita. Sepatu ini memiliki desain yang hampir sama dengan high heel modern. Namun perbedaannya sepatu ini terbuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa sehingga membuat pemakainya terlihat anggun telihat lebih tinggi. Tidak heran jika tinggi dari sepatu ini mulai dari 10 hingga 18 cm. Biasanya orang menambahkan rumbai-rumbai atau renda yang berasal dari perak, paku paying, dan sutera sebagai hiasan dari sepatu unik ini. Sepatu ini populer pada abad ke 17. Tidak banyak foto mengenai wanita yang mengenakan sepatu ini dikarenakan sepatu ini akan tertutupi oleh gaun ketika dipakai.

Awal Mula Sepatu

Itulah beberapa sepatu atau alas kaki sejarah yang dimiliki berbagai bangsa di Dunia sebagai salah satu bentuk fashion pria dan wanita. Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia juga memiliki alas kaki yang unik yang diberi nama “bakiak”. Mungkin adakah dari pembaca semua yang mengenakan bakiak untuk kegiatan sehari-hari? Jika ya silahkan berikan komentar anda melalui kolom di bawah ini.

Comments

comments