Apa yang berkembang begitu pesat? Jawabannya adalah teknologi.
Ya, teknologi bagaikan sebuah roket yang melambung begitu cepatnya. Sekarang yang populer adalah gadget, smartphone, dan tablet dengan suara yang dihasilkan begitu jernih dan sudah berupa music atau lantunan nada. Namun kalau dahulu? Dulu yang ada hanyalah suara-suara klasik dari teknologi ‘jadul’.

Akui saja kalau beberapa di antara Anda pasti ada yang merindukan suara-suara tersebut hadir di sekeliling Anda. Suara memang memiliki kemampuan ajaib yang mampu menghipnotis kita. Kalau kini kita mendengar suara klasik akan membawa kita bernostalgia kembali ke masa lalu. 5 suara teknologi ini sudah mulai punah, padahal dulu terdengar sangat khas. Berikut adalah suara-suara yang sudah terdengar asing untuk anak-anak jaman sekarang:

  1. Suara Telepon Putar

Telepon-Putar
Telepon-Putar | http://plasticsguy.com/

Di awal kemunculannya sebagai alat komunikasi jarak jauh, Telepon yang ada hanyalah telepon putar, bukan telepon tombol seperti zaman sekarang. Jadi, untuk bisa menghubungi sebuah nomer telepon, kita tidak memasukkan nomer tujuan dengan cara menekan tombol, tapi dengan memutar angka.Walau melelahkan, tapi suaranya yang antik malah membuat kita rindu untuk mendengarkannya lagi.

  1. Suara Disket Floppy

Floppy-Disket
Floppy-Disket| http://upload.wikimedia.org/wikipedia/

Dulu memiliki disket floppy sudah menjadikan kita serasa yang paling canggih. Ada suara ‘klik’ yang muncul saat memasukannya ke dalam CPU computer. Kini keberadaannya sudah ‘dimuseumkan’ dan telah tergantikan oleh flash drive atau komputasi awan. Mungkin anak-anak kita tida akan mengenali disket berbentuk kotak itu bila melihatnya.

 

  1. Suara Mesin Tik

Mesin-Ketik
Mesin-Ketik | http://typewriterheaven.blogspot.com/

Tik tik tik tring. Ingatkah Anda dengan bunyi itu? Suara mesin yang khas ini dulu menjadi satu-satunya alat ketik pada setiap kesempatan. Ya, itu adalah bunyi mesin ketik yang telah tergantikan oleh computer, sehingga sudah tidak ada lagi suara musical tersebut saat kita mengetik.

[listingterkait judul=’telepon’]

  1. Suara Tuner Radio Antik

Radio-Tunel
Radio-Tunel | https://waynesradios.files.wordpress.com/

Dengungan bernada tinggi dan statis serta musik yang samar-samar terdengar merupakan bunyi yang kita dengar ketika mencari frekuensi radio AM secara manual menggunakan radio antik. Dan kini, suara tersebut telah menjadi sesuatu yang begitu langka terdengar, karena stereo modern dilengkapi dengan tombol pencari frekuensi.

 

  1. Suara Video Game

Video-Game-Klasik
Video-Game-Klasik | http://herbertdeveloper.files.wordpress.com/

Ini dia yang terakhir untuk suara teknologi punah, video game. Video game klasik tidak selalu memiliki musik latar. Dalam permainan itu, yang ada hanyalah sedikit efek suara ditambah kesunyian. Cukup aneh untuk didengarnya sekarang, sebab game modern selalu diciptakan dengan latar belakang musik yang cukup ramai, sehingga membuat permainan bertambah seru untuk dimainkan.

[adsense2]

Comments

comments