Facebook-Messenger
Facebook-Messenger | http://phandroid.s3.amazonaws.com/

Facebook terus melakukan perubahan pada sistemnya untuk mempermudah para penggunanya. Perubahan juga diberikan pada Messenger mereka. Aplikasi berkirim pesan tersebut berubah menjadi platform yang bisa dipasangi aplikasi lain di dalamnya.

Dalam blog resminya, Kamis (26/3/2015), mereka mengumumkan sudah ada lebih dari 40 aplikasi buatan pihak ketiga yang dapat dipasang di dalam Facebook Messenger. Seluruhnya berfungsi memberikan nuansa berbeda pada percakapan antar-pengguna.

Contohnya, bila sebelumnya pengguna hanya bisa berkirim stiker, kali ini mereka bisa memasang aplikasi Giphy untuk mengirimkan gambar GIF yang bergerak-gerak. Selain GIF, ada juga pilihan aplikasi lain seperti foto, video, dan cuplikan suara.

Aplikasi Messenger Platform bisa menampilkan pilihan memasang aplikasi lain di dalam Messenger, atau pengguna juga bisa membalas pesan menggunakan konten yang ada dalam alikasi dimaksud. Jika penerima pesan belum memiliki aplikasi yang sesuai, mereka bisa memilih opsi Install yang akan langsung membuka toko online aplikasi yang tepat di halaman yang dicari. Artinya, orang-orang akan bisa menemukan aplikasi sesuai rekomendasi temannya melalui percakapan alami.

Facebook Messenger Jadi Facebook Phone

Facebook pernah memiliki ambisi mengeluarkan ponsel milik mereka sendiri. Ambisi tersebut telah sempat menghasilkan HTC First, Facebook Home, bahkan Messenger Chat Heads. Kini, dilansir dari TheNextWeb, perubahan baru pada Messenger ini bisa dikatakan sebagai cara baru untuk mewujudkan Facebook Phone. Alasannya adalah kemampuan aplikasi tersebut untuk menyematkan aplikasi lain di dalamnya.

Aplikasi milik Facebook Messenger memiliki tanda khusus di sisi kanan bawah ikonnya. Setiap aplikasi yang terhubung atau dipasang dari dalam Messenger, akan memiliki tanda khusus di sisi kanan bawahnya. Tanda tersebut adalah ikon Facebook Messenger. Ini disinyalir akan mengubah pola pemasangan aplikasi orang-orang, mereka akan memiliki sejumlah aplikasi yang tidak menyatu dengan Facebook Messenger, serta sejumlah lain yang menyatu dengannya.

Nantinya, ponsel pengguna pun seperti berubah menjadi Facebook Phone seiring makin banyak aplikasi yang menyatu dengan Messenger dan menampilkan ikon khas mereka di sisi kanan bawah.

Comments

comments