Pada Era Modern seperti sekarang ini tidak bisa lepas atau boleh dikatakan Kita sangat membutuhkan yang namanya INTERNET, apalagi teknologi komputerisasi kian merasuk dalam kehidupan sehari-hari masyarakat termasuk di Indonesia dan Tablet PC menjadi salah satu bukti kecanggihan teknologi saat ini. Benarkah?

Perkembangan teknologi membawa perubahan besar bagi apa yang disebut Personal Computer atau biasa disebut dengan PC yang telah berlanjut untuk membuat jenis komputer portable bernama laptop atau notebook. Disusul kemudian laptop berkembang lagi mengeluarkan komputer portable yang lebih ringkas yang sekarang dikenal dengan nama Tablet PC.

Dari berbagai teknologi diantaranya laptop, tablet, hingga telepon pintar atau yang lebih dikenal dengan smartphone menjadi semacam kebutuhan pokok dalam berkomunikasi setiap Orang. Begitu pentingnya teknologi bagi kehidupan. Tak jarang terlihat Orang membawa lebih dari satu perangkat karena setiap perangkat memiliki kelebihan dan fungsi masing-masing.

Tablet merupakan salah satu perangkat komunikasi yang saat ini sedang naik daun untuk memenuhi kebutuhan kegiatan sehari-hari para pecinta teknologi. Berbagai jenis tipe dan merek, tablet diterbitkan dengan kecanggihan teknologi yang berbeda. Bahkan hampir perusahaan seluler merek Cina turut berlomba menerbitkan tablet demi memenuhi permintaan para konsumennya.

Semua tertuju pada satu ide dasar yaitu membuat laptop menjadi lebih ringan dan memiliki daya kinerja otak prosesor yang lebih mumpuni. Dari otak prosesor yang lebih mumpuni ini membuat tablet internet akan memiliki aplikasi-aplikasi yang lebih komplek dan lebih realistis seperti halnya jika kita menggunakan laptop.

TABLET PC MENJADI SALAH SATU BUKTI KECANGGIHAN TEKNOLOGI
Tablet PC

Tablet menjadi primadona konsumen selain karena menggunakan otak prosesor dan sistem operasi seperti smartphone tetapi tablet memiliki layar yang lebih lega dan bentuk yang lebih tipis sehingga mudah dibawa (mobilitas tinggi). Kelegaan layar dan daya tahan baterai yang lebih lama dari pada laptop menjadikan tablet nyaman untuk berselancar di internet, nonton video YouTube, maupun membaca surat elektronik.

Menariknya lagi, tablet memiliki layar sentuh yang penggunaannya biasa menggunakan jari atau pen digital sehingga menjadikan tablet sebagai komputer mobile pertama untuk mencapai keberhasilan komersial di seluruh dunia. Tablet PC telah menjelma menjadi perangkat untuk menikmati konten yang ideal.

Bayangkan Kita dapat melakukan segala aktivitas seperti pekerjaan, bermain game, atau nonton film sembari bersantai atau makan pagi dsb. Cukup dengan menenteng tablet PC, nyalakan,mainkan, letakkan, dan dapat juga melakukan aktivitas lainnya. Tak hayal tablet PC menjadi salah satu bukti kecanggihan teknologi di dunia untuk sementara ini.

Bagaimana dapat bosan? Begitu banyak manfaat dan kemudahan yang disuguhkan dengan tablet untuk kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari kepraktisan, kemudahan dalam penggunaan dan pengoprasian tablet, bobot tablet yang lebih ringan, dan tentunya dapat membuat menjadi terlihat prestige, sangat menunjang karir dan personalitas.

Kata pepatah tiada gading yang tak retak. Tidak ada sesuatu yang sempurna. Demikian pula dengan tablet. Layaknya sebuah mesin motor yang diciptakan oleh tangan manusia, tablet memiliki kekurangan, dibalik berbagai kelebihannya. Ukurannya yang lebih tipis dan lebih mungil dari laptop yang menjadikannya memiliki nilai lebih dalam kepraktisannya namun ini juga yang sekaligus menjadi titik kelemahan sebuah tablet.

Namun tetap saja setiap Orang selalu menginginkan sesuatu yang praktis dan ringan terutama yang memang kesehariannya tidak bisa lepas dari komputer dan internet. Melihat tablet PC menjadi salah satu bukti kecanggihan teknologi, kedepannya pastilah para produsen dari masing-masing tablet PC akan selalu berusaha melengkapi kekurangan pada produknya demi persaingan.

Untuk menghasilkan ukuran yang lebih tipis dan ringan tentunya ada yang harus dikorbankan. Performa perangkat keras yang tertanam pada tablet memang masih ditunjukkan sebagai perangkat portable yang digunakan sebagai perangkat penggantisaat sedang dalam perjalanan atau diluar ruang kerja utama, sehingga tentu saja kinerja yang didapatkan tidak sekuat perangkat utama atau laptop.

Begitu juga kapasitas penyimpanan data. Karena keterbatasan ukuran dan ruang ini pula tentu saja kapasitas penyimpanan yang disediakan sebuah tablet belum dapat menyaingi PC, notebook, laptop yang menggunakan harddisk sebagai media penyimpanan.

Dengan demikian bisa diasumsikan bahwa tablet PC menjadi salah satu bukti kecanggihan teknologi bagi kehidupan masyarakat saat ini dengan segala kelebihan dan kekurangannya yang mampu memadupadankan dari fungsionalitas sebuah komputer dan kepraktisan dari sebuah gadget. Bahkan pada perkembangannya tablet dapat dikatakan merupakan perpaduan dari sebuah komputer dan smartphone.

Ya, banyak yang menggolongkannya sebagai sebuah komputer namun banyak juga yang memasukkannya ke dalam keluarga smartphone. Kemajuan teknologi di  era modern akan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang lebih menggemari kepraktisan dan kemajuan akan teknologi.

Apalagi kedepannya teknologi dari tablet akan semakin bermanfaat dan berkembang. Dimasa depan diperkirakan sekitar 10 tahun lagi, dari sisi bodi maupun fitur-fiturnya akan semakin berguna bagi para penggunanya. Prediksi teknologi yang akan ada di tablet PC masa depan yang akan mempunyai kapasitas sensor untuk mengetahui apa yang terjadi di tubuh pengguna maupun lingkungan sekitarnya, seperti keadaan cuaca.

Seorang profesor dari Rice University pun mengungkapkan bahwa sensor wireless akan dipasangkan di tubuh pengguna yang terhubung dengan si tablet. Tablet pun akan merasakan kalau pengguna terkena gejala penyakit tertentu dan memberikan peringatan. Dari hasil riset Twitter pun dilakukan untuk mencari tahu alasan sebabnya banyak Orang memilih menggunakan tablet. Ditemukan 82% konsumen memberikan alasan kepraktisan serta kenyamanan dalam penggunaannya. Tak jarang juga Orang yang sudah memiliki laptop juga memiliki tablet hingga tablet PC menjadi salah satu bukti kecanggihan teknologi. Bagaimana dengan Kalian sendiri?

Bherty Kartika Sari

Latest posts by Bherty Kartika Sari (see all)

Comments

comments