Tak terasa si kecil sudah mulai tumbuh besar dan memasuki usia sekolah. Sebelum itu Anda semua yang mendidik dan menjadi temannya dalam melakukan segala aktivitas. Di sekolah nanti, ia akan menemui banyak teman baru, lingkungan baru, kegiatan baru, dan guru yang akan membantu Anda dalam mengajarinya banyak hal. Beberapa orangtua mengalami kesulitan saat mempersiapkan anak di hari pertama sekolah. Biasanya hal ini terjadi karena si anak merasa takut bila Anda tak ada di dekatnya, tapi ada pula yang merasa antusias dengan hari pertamanya.

Ilustrasi seorang ibu mengantarkan anaknya sekolah hari pertama
Ilustrasi seorang ibu mengantarkan anaknya sekolah hari pertama

Agar rasa takutnya tidak berkelanjutan, Anda harus membantunya untuk mempersiapkan diri. Tim Pricearea sudah memiliki strategi jitu mempersiapkan anak di hari pertama sekolah, berikut detailnya:

1. Jangan Terburu-buru di Pagi Hari

Bangun terlambat akan menyebabkan Anda terburu-buru mempersiapkan perlengkapan anak, panik, dan bisa jadi membuat si kecil ikut paranoid melihat Anda. Untuk itu, bangunlah lebih pagi khususnya di hari pertama ia sekolah serta lakukan aktivitas seperti rutinitas biasa agar dia merasa nyaman.

 

2. Datang Lebih Awal

Tiba di sekolah lebih awal akan memberikan banyak keuntungan bagi anak Anda. Dengan cara ini, ia bisa mengamati terlebih dahulu ruang kelas, lingkungan sekolah, teman-teman, dan mengenal gurunya, sehingga dia bisa mempersiapkan diri sebelum jam sekolah dimulai.

 

3. Bawa Barang Kesayangannya

Jika pihak sekolah memperbolehkan untuk membawa barang kesayangannya, biarkanlah dia membawanya. Hal ini akan membuatnya merasa tenang dengan beranggapan sekolah tidak terkesan terlalu menakutkan. Namun bila pihak sekolah melarang membawa barang-barang tersebut, bantu si kecil agar tetap merasa aman di sekolah barunya.

 

4. Selalu Tersenyum

Tak bisa dipungkiri bahwa bukan hanya si kecil yang merasa cemas, tetapi ternyata Anda pun ikut khawatir terhadap si buah hati. Kecemasan tersebut merupakan hal yang alamiah, asalkan jangan biarkan ia menyadarinya. Bila Anda terlihat optimis maka dia pun akan merasa yakin untuk melangkahkan kaki di sekolah barunya. Buatlah diri Anda selalu tersenyum untuk meyakinkan dan menenangkannya.

 

5. Menemani di Sekolah

Ada beberapa sekolah yang memperbolehkan orangtua menemani anaknya di dalam kelas pada hari-hari pertama. Namun bukan berarti Anda harus sekalu berada di sebelahnya. Apabila ia sudah mulai berinteraksi dengan temannya atau sudah merasa nyaman dengan lingkungan barunya, sebaiknya Anda secara bertahap tidak lagi menunggunya selama jam sekolah.

 

6. Ucapkan Salam Perpisahan

Saat jam belajar akan dimulai, ucapkan salam perpisahan untuknya. Kebanyakan para orangtua, terutama ibu, akan merasa terharu dan cemas untuk meninggalkan anaknya untuk pertama kali dan susah untuk tidak menangis. Usahakan agar hal ini tidak sampai terjadi sekalipun menunjukkan wajah sedih dan khawatir agar tidak membuatnya bingung. Beritahu dia kapan Anda akan datang untuk menjemputnya sehingga dia yakin bahwa Anda akan datang.

 

Mengantar buah hati ke sekolah untuk pertama kalinya memang membuat orangtua menjadi terharu, bangga, dan senang dalam waktu yang bersamaan. Pastinya Anda menginginkan kalau dia menjadi anak yang berprestasi serta mendapatkan lingkungan sekolah dan teman yang baik untuknya. Maka pastikan Anda sudah mendaftarkan ia ke sekolah yang berkualitas. Pengawasan Anda pun masih sangat diperlukan untuk terus mengetahui perkembangannya, ajaklah ia untuk bercerita bagaimana kegiatannya di sekolah, teman-temannya, gurunya, dan apakah ia merasa senang. Ayah dan Bunda juga jangan melewatkan tips-tips seputar mendidik buah hati. Lengkapi juga hari awal sekolahnya dengan peralatan sekolah yang aman, seperti tas ransel, alat tulis, dan sepatu anak yang bisa dibeli.

Comments

comments