Smartphone RAM 4 GB sudah mulai banyak beredar di pasaran. Penggunaan Smartphone yang memiliki RAM super besar mulai populer di kalangan pengguna ponsel Android. Banyaknya fitur, social media dan aplikasi serta game berat yang sering digunakan mendasari adanya ponsel yang memiliki kapasitas memory RAM besar ini untuk menghindari lag atau tersendatnya proses pengolahan aplikasi atau data pada ponsel.

Belum lama, Pricearea sempat menghadirkan ulasan singkat mengenai kehadiran ponsel tandingan dari Asus Zenfone 2 yang lebih dahulu keluar. Ulasan lengkapnya dapat dilihat di artikel berjudul Lenovo K80 Smartphone Monster Saingan Asus Zenfone 2. Ponsel tandingan tersebut yakni adalah Lenovo K80. Smartphone miliki Lenovo ini juga ternyata dibekali dengan kapasitas RAM yang sangat besar. Bayangkan saja kapasitas RAM-nya mencapai 4 GB. Sangat besar jika dipergunakan untuk kelas smartphone Android. Kali ini, kami ingin menghadirkan ulasan yang lebih mendalam terkait kedua ponsel super ini. Bagi anda yang masih bingung akan membeli salah satu pilihan ponsel ini, ada baiknya anda membaca ulasan kami sehingga dapat memberikan pencerahan bagi anda. Simak ulasannya berikut ini.

Adu Smartphone RAM 4 GB-Asus vs Lenovo

Desain

Dari segi desain, Asus Zenfone 2 masih menggunakan desain yang bisa dibilang identik dengan generasi Asus Zenfone sebelumnya. Jika dilihat sekilas, desainnya hampir mirip dengan Asus Zenfone 5 atau 6. Terdapat tekstur alumunium di bagian belakang ponsel ini. Hal ini yang membuat Asus Zenfone 2 ini terlihat sangat cantik di bagian desain. Ditambah layar pada ponsel ini yang sudah dibekali dengan perlindungan ekstra Corning Gorilla Glass. Pelindung layar ini sayangnya tidak ditemukan pada varian Lenovo K80.

Smartphone RAM 4 GB

Jika dibandingkan dengan Lenovo K80, desain Asus jauh lebih atraktif. Hal ini dikarenakan oleh material casing yang digunakan oleh Lenovo yang terbuat dari plastik. Hal ini menambah kesan ponsel murah dan juga ringkih pada ponsel Lenovo K80. Namun Lenovo lebih unggul pada bagian dimensi. Lenovo K80 jauh lebih tipis dibandingkan dengan Asus Zenfone 2. Padahal kapasitas baterai kedua ponsel ini terpaut cukup jauh, Asus Zenfone 2 dibekali kapasitas baterai sebesar 3000 mAh (non-removable), sedangkan Lenovo K80 dibekali baterai yang jauh lebih besar yakni mencapai 4000 mAh.

Smartphone RAM 4 GB

Dari masing-masing ponsel memiliki desain tersendiri. Jika anda lebih mementingkan desain atau tampilan, maka Asus sangatlah cocok untuk anda. Namun jika anda mengidamkan keawetan baterai yang sedikit mengindahkan masalah penampilan, maka Lenovo akan menjadi teman setia anda dalam perjalanan.

Hardware

Pertarungan kedua Smartphone RAM 4 GB beda pabrikan ini terbilang seimbang di segi hardware. Hal ini dikarenakan keduanya menggunakan platform yang sama-sama berbasis Intel. Prosesor ini tergolong masih baru di dunia Smartphone. Kebanyakan masih berasal dari Qualcomm dan MediaTek sebagai penyedia prosesor murah dan ternama dunia.

Asus Zenfone 2 menggunakan 2 varian prosesor berbeda pada produknya. Untuk versi RAM yang 2 GB, ponsel ini memiliki prosesor yang lebih kecil dibandingkan versi 4 GB-nya. Pada varian 2 GB, prosesor yang digunakan adalah Intel Atom Z3560 Quad Core 1.8 GHz. Sedangkan pada varian 4 GB, prosesor andalannya menggunakan Intel Atom Z3580 yang memiliki kapasitas Quad Core 2,3 GHz. Kedua varian ponsel Asus Zenfoe 2 di atas menggunakan kartu grafis yang sama yakni bertajuk PowerVR G6430. Komposisi hardware ini nantinya menjadikan ponsel ini menjadi terlihat jauh lebih powerful. Bermain game HD menggunakan handphone ini akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan bagi anda.

Smartphone RAM 4 GB

Sedangkan Lenovo K80 menggunakan prosesor Quad Core berkapasitas 1.8 GHz saja. Dari segi prosesor sudah jelas bahwa Asus Zenfone 2 lebih bisa diandalkan dibandingkan lenovo K80. Namun untuk keperluan sehari-hari perbedaan clock sejauh itu belum begitu terasa. Hanya akan terasa pada penggunaannya untuk bermain game berat.

Layar

Interface dari kedua Smartphone RAM 4 GB ini menggunakan bentang layar yang sama besar. Layar sebesar 5.5 inci tersebut dapat menyajikan gambar yang menawan mata. Namun dari kedua ponsel tersebut sudah pasti ada yang memiliki kapasitas yang mumpuni untuk penggunaan multimedia. Lagi-lagi di sisi ini Lenovo harus bertekuk lutu kepada Asus Zenfone 2 yang sudah dibekali dengan layar yang memiliki teknologi IPS panel dan juga dilengkapi dengan perlindungan ekstra yakni Corning Gorilla Glass 3. Anda tidak lagi khawatir akan tergoresnya layar ketika memasukkan ponsel tersebut ke dalam saku yang bercampur dengan kunci ataupun koin.

Smartphone RAM 4 GB

Berbeda dengan Lenovo yang membiarkan layar ponselnya terbuka bebas tanpa adanya perlindungan yang berarti. Hal ini menuntut anda untuk memasangkan screen protector untuk menghindari terjadinya goresan akibat dari benda asing yang menggores ponsel anda. Lenovo menyematkan layar yang memiliki teknologi sama dengan rivalnya yaitu Asus Zenfone 2. Namun karena kurangnya perlindungan dari layar tersebut, lagi-lagi Asus Zenfone 2 masih lebih unggul dibandingkan dengan Lenovo K80.

Kamera

Fitur pengambil gambar dari kedua Smartphone RAM 4 GB ini sama-sama dibekali dengan resolusi 13 MP. LED Flash pada keduanya juga sudah dibekali dengan dual LED flash sehingga membuat pencahayaan ketika pengambilan gambar di lingkungan yang cukup gelap dapat dilakukan. Sayangnya, Lenovo K80 tidak memberikan gambaran resmi mengenai spesifikasi kameranya secara mendetail.

Smartphone RAM 4 GB

Keduanya bisa dikatakan seimbang dikarenakan memiliki resolusi kamera yang cukup besar di kelasnya. Pada kamera depan atau kamera secondary, baik Asus Zenfone 2 maupun Lenovo K80 sudah dilengkapi dengan perangkat untuk berselfie ria. Asus menyematkan kamera depan sebesar 5 MP. Sedangkan Lenovo K80 tidak memberikan keterangan secara spesifik mengenai resolusi kamera depannya. Namun jika dilihat dari spesifikasinya yang sangat mumpuni, Lenovo seharusnya menyematkan kamera depan yang tidak jauh berbeda dari resolusi 5 MP sebagai tandingan utama Asus Zenfone 2.

Kesimpulan

Kedua ponsel di atas memiliki berbagai macam keunggulan masing-masing. Baik dari segi desain, hardware, layar, dan kamera. Ditambah lagi keduanya memiliki modul yang dapat menangkap jaringan 4G/LTE. Nantinya fitur ini menjadi fitur wajib yang harus ada di setiap ponsel karena nantinya semua jaringan membutuhkan kecepatan tersebut untuk berselancar di dunia maya dengan lebih cepat lagi.

Kedua Smartphone RAM 4 GB di atas menawarkan value for money yang cukup bagus. Ditambah lagi dengan build quailty yang sangat baik, maka kedua ponsel ini layak untuk dimiliki. Lenovo K80 dijual di pasaran di kisaran Rp 3.1 juta untuk kapasitas RAM 2 GB, dan Rp 3.7 juta untuk varian RAM 4 GB. Sedangkan Asus Zenfone 2 ternyata memiliki kisaran harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan yang ditawarkan oleh Lenovo K80. Asus membanderol produknya dengan harga Rp 4.5 juta untuk varian RAM 4 GB. Namun untuk varian RAM 2 GB justru lebih murah dibandingkan dengan Lenovo K80 yang sama-sama memiliki kapasitas RAM 2 GB. Anda hanya perlu membayar sebanyak Rp 3 juta untuk meminang produk Asus, atau Rp 3.1 juta untuk mempertimbangkan Lenovo K80 sebagai teman setia anda dalam berbagai macam situasi dan suasana.

Baca Juga: ASUS Zenfone 2 Review, Harga & Spesifikasi Lengkap

Dengan berbagai pertimbangan dan keunggulan dari masing-masing ponsel, maka pemenang duel maut ini jatuh pada Asus Zenfone 2 yang jauh lebih murah dan masuk akal dalam segi fitur, kualitas dan harga yang lebih terjangkau tentunya.

Itulah sedikit ulasan komparasi mengenai Smartphone RAM 4 GB yang memiliki harga cukup terjangkau. Semua keputusan ada di tangan anda, apakah anda akan membeli handphone Lenovo atau Asus ini. Semua produk pastilah memiliki kekurangan, tidak ada hal yang sempurna di setiap produk handphone tersebut. Be a smart buyer dengan membandingkan harga terlebih dahulu merupakan hal yang sangat bijak.

Comments

comments