Melalui Samsung NX3000, masyarakat awam dan pemula di bidang fotografi bisa mendapatkan kamera yang lebih berkualitas daripada kamera saku. Ini adalah kamera mirrorless dari Samsung yang memiliki sensor gambar setara dengan sensor yang digunakan di kamera DSLR. Dikarenakan termasuk sistem kamera, maka pengguna juga bisa mengganti lensa sesuai kebutuhan dan hasil foto yang ingin didapatkan.

Desain

Dari segi desain, Samsung NX3000 bergaya retro atau seperti kamera rangefinder zaman film dahulu. Bagian atas kamera terbuat dari casing tipis, ada hotshoe untuk flash/aksesoris dan roda mode dial, serta ada tombol on/off dan mobile (untuk WiFI dan lainnya). Bahan untuk bagian atas kamera ini sangat bagus dan terbuat dari logam, sedangkan untuk bagian bawah materialnya dari plastik bertekstur.

Samsung-NX3000
Samsung-NX3000 | http://allaboutsamsung.de/

NX3000 tersedia dalam beberapa warna, salah satunya coklat yang kalau dari jauh terlihat seperti kulit. Kamera ini relatif kecil dan ringan karena bobotnya hanya 230 gram dan juga merupakan salah satu kamera yang paling nyaman untuk digenggam.

[listingterkait judul=’Samsung NX3000′]

Fitur

Meskipun kamera Samsung NX3000 termasuk untuk pemula, tapi ada banyak tombol yang tersedia untuk akses cepat, sehingga tidak perlu sering masuk ke menu untuk mengganti settingannya . Tombol-tombol yang tersedia antara lain: Fn (semacam quick menu), Mode AF, drive mode, display, custom menu (bisa diprogram), dan playback (untuk meninjau gambar). Selain itu, di bagian lensa ada tombol i-Fn yang memungkinkan kita untuk mengubah setting seperti bukaan, ISO, white balance, dan kompensasi eksposur dengan memutar ring fokus di lensa.

Mengakomodir peminat selfie alias potret diri, layar LCD NX3000 bisa diputar ke atas 180 derajat. Layar LCD-nya cukup besar yaitu 3 inch dan jelas, meski resolusinya bukan standar yang terbaik saat ini, hanya 460.000 titik. Layar Samsung NX3000 juga tidak touchscreen, jadi tidak bisa mengganti setting atau area fokus dengan menyentuh layar LCD secara langsung. Uniknya, jika layar dilipat ke atas, kamera akan otomatis menyala tanpa harus menekan tombol on.

Samsung-NX3000-Tampak-Belakang
Samsung-NX3000 | http://allaboutsamsung.de/

Kualitas Gambar

Untuk kualitas gambar, hasilnya kurang lebih setara dengan kamera DSLR bersensor APS-C. Noise cukup sedikit sampai dengan ISO 1600, tapi dari ISO 200-400 noise hampir tidak terlihat, kecuali di-zoom 100% di daerah yang gelap. Seperti kamera mirrorless/DSLR, NX3000 juga dapat merekam gambar dengan format RAW untuk fotografer berpengalaman yang ingin memproses foto sesuai keinginan dan gaya masing-masing.

Tersedia juga beberapa mode proses pengolahan foto yang dinamakan Picture Wizard. Beberapa mode tersebut antara lain: standard, portrait, vivid, landscape, forest, retro, cool, calm, classic, dan tiga mode kustom. Juga ada fungsi filter antara lain, seperti: Miniature vinyeting, sketch, dan fisheye. Lalu ada fungsi dynamic range expansion dan mode HDR yang bisa digunakan saat memotret di kondisi cahaya yang kontras seperti sunset dan sunrise.

Kesimpulan

Samsung NX3000 relatif mudah digunakan dan memiliki fitur-fitur dasar yang membantu pemula untuk memulai belajar fotografi. Harganya memang terasa sedikit lebih tinggi pada awalnya dibandingkan dengan kamera DSLR pemula, tapi jika diamati lebih seksama, ia jauh lebih ringan dan praktis dibawa jalan-jalan.

Fitur WiFi dan NFC juga merupakan fitur andalan dari kamera ini, dimana Anda dapat segera mengirimkan foto dari kamera ke satu atau empat ponsel/tablet sekaligus via group share. Selain itu, kamera ini juga dibundel dengan software Adobe Lightroom versi 5 (terbaru) original, yang harganya Rp 1 juta lebih.

[adsense2]

Comments

comments