Serunya Mengajari Anak Naik Sepeda dengan 4 Langkah ini
Mengajari-Anak-Bersepeda

Setiap anak pasti ingin bisa naik sepeda, tapi sayangnya tak semua orangtua memiliki waktu luang yang cukup untuk mengajari mereka. Bahkan sebuah riset yang dilakukan di Inggris menyatakan bahwa 50% anak berusia 6 tahun masih belum bisa naik sepeda dan kesibukan orangtua menjadi salah satu penyebabnya. Padahal mengajarkan anak bersepeda bisa meningkatkan kualitas waktu bersama buah hati, walaupun memang melatihnya bersepeda itu tak gampang dan instan.

Tentunya Anda tidak mau si kecil tidak bisa ikut main sepeda dan diolok-olok teman-temannya gara-gara hal ini, kan? Empat langkah mudah berikut bisa Anda praktekkan untuk mengajari anak naik sepeda:

Jangan Pakai Sepeda Baru

Serunya Mengajari Anak Naik Sepeda dengan 4 Langkah ini
Tak-Harus-Baru-Sepeda-Bekas-Juga-Bisa-Untuk-Anak

Inilah kesalahan yang kerap dilakukan orangtua saat mengajari anaknya bersepeda,  membelikan anak sepeda baru roda dua dan langsung meminta anak belajar menaikinya. Dengan sepeda baru ini, anak belum merasa terbiasa sehingga dia akan sulit beradaptasi. Jadi sebaiknya gunakan dulu sepedanya yang lama atau bila belum pernah memiliki sepeda, belikan ia yang beroda empat sebagai permulaan. Saat anak sudah siap untuk belajar, lepaskan roda yang berada di kiri dan kanan. Lakukan dengan rutin sampai anak sudah terbiasa dengan sepeda lamanya ini yang sudah beroda dua, baru berikan ia sepeda baru untuk menambah semangatnya belajar bersepeda.

Sepeda dengan Roda Tambahan

Serunya Mengajari Anak Naik Sepeda dengan 4 Langkah ini
Roda-Tambahan-SET-Untuk-Anak-Belajar-Sepeda

Umumnya sepeda untuk pemula dilengkapi dengan roda tambahan di samping kiri dan kanan, sehingga bisa membantu si kecil menjaga keseimbangannya saat belajar bersepeda. Dengan metode ini, anak bisa belajar bagaimana mengarahkan pedal sepeda pertamanya tanpa harus khawatir menjaga keseimbangan sepeda. Sekali ia telah menguasai cara mengayuh dan kemudi, Anda bisa secara bertahap meninggikan roda tambahan tersebut agar sepeda sedikit lebih tidak stabil dan ia akan belajar beradaptasi.

Pakai Sepeda dengan Ukuran yang Lebih Kecil

Serunya Mengajari Anak Naik Sepeda dengan 4 Langkah ini
Sepeda-Dengan-Ukuran-Lebih-Kecil

Metode yang ini berkebalikan dengan yang sebelumnya. Sebelum mengajarkan anak untuk menyeimbangkan sepeda sebelum dia belajar untuk mengayuh pedal dan mengarahkan stang, Anda bisa memulainya dengan sepeda kecil atau menurunkan jok sepeda agar kaki anak bisa menapak tanah. Seringnya mereka selalu merasa takut dan panik bila kaki mereka terlalu tinggi dari tanah, sehingga akan lama untuk mengajarinya. Setelah ia terbiasa dengan keseimbangan, Anda bisa mulai sedikit demi sedikit meninggikan joknya agar ia lebih nyaman.

Lepas dan Beri Dorongan

Serunya Mengajari Anak Naik Sepeda dengan 4 Langkah ini
Lepas-Dan-Beri-Dorongan-Ketika-Belajar-Naik-Sepeda

Namun ada juga anak yang menolak naik sepeda berukuran kecil atau bila Anda tidak memilikinya, Anda dapat mencoba cara lama ini. Buat anak tenang untuk bisa mengayuh sepedanya tanpa roda tambahan. Sama seperti metode roda tambahan, Anda harus menggunakan strategi untuk membantu si kecil belajar mengayuh dan mengatur kemudi. Arahkan ia untuk fokus terlebih dahulu pada keseimbangannya, kemudian bimbing selama ia mulai mengayuh dari belakang dengan mendorongnya secara hati-hati sambil tetap mengarahkan kemudinya. Perlahan-lahan lepaskan pegangan Anda dari sepeda, dan akhirnyaAnda dapat mulai melepaskan dan membiarkan anak Anda untuk menyeimbangkan sendiri.

Untuk keamanan si kecil selama belajar ini, Anda juga perlu membekalinya dengan perlengkapan keamanan, seperti helm, pelindung siku dan lutut, serta sepatu. Saat ia terjatuh dan terluka, tetap arahkan ia untuk semangat dan pantang menyerah karena itu merupakan sebuah proses. Anda pun harus dengan rutin mengajari anak naik sepeda, jangan ada jeda terlalu lama yang dapat membuatnya lupa tentang pelajaran yang sudah Anda berikan. Dukung aktivitas barunya ini dengan ragam pilihan dari Pricearea (http://www.pricearea.com/result/sepeda) yang terdiri dari berbagai merk, termasuk sepeda Polygon (http://www.pricearea.com/result/sepeda+lipat+polygon). Bila ia sedang bosan, ajaklah bersepeda di tempat baru dengan membawa sepeda lipat agar praktis dibawa (http://www.pricearea.com/result/sepeda+lipat).

Comments

comments