Seperti Apa Mobil Google Itu? Simak Ini
Ilsutrasi-Mobil-Otonomos-Google

Google tak henti-hentinya berkarya dalam bidang teknologi, kali ini para jenius di sana membuat mobil canggih. Walaupun sudah sangat sukses menciptakan berbagai penemuan yang mengguncang dunia dalam hal gadget, seperti smartphone, smartwatch, dan google glass, mereka masih belum mau berhenti. Bersaing dengan para pebisnis di bidang otomotif, mobil yang mereka keluarkan ini digadang memiliki spesifikasi mutakhir.

Dengan nama Mobil Otonomos Google, mereka menghadirkan prototipe mobil otomatis. Ini artinya mobil Google tersebut tidak memiliki kemudi, pedal gas, dan rem seperti mobil pada umumnya. Saat diperkenalkan pada konferensi pers di Rancho Palos Verdes, California, Co-Founder Google Sergey Brin menyatakan, ada 100 unit bertenaga listrik yang akan digunakan untuk mengenalkan teknologi tersebut lebih dekat kepada masyarakat.

UJI COBA

Pihak Google sendiri menjelaskan bahwa uji coba dimulai pada musim panas ini (April–Oktober). Jika versi produksi bisa datang lebih cepat, berarti mereka bisa mengungguli produsen otomotif seperti Volvo Car Corp dan Nissan Motor Corp yang menyatakan siap memasarkan produk otonomos mereka secepatnya pada 2020.

Riset Google sudah dilakukan sejak tahun 2009. Awalnya, mereka hanya menggunakan kendaraan yang dilengkapi sensor, laser, radar, komputer pintar yang bisa membuat pemetaan, serta perangkat lunak untuk mengendalikan fungsi mobil secara otomatis. Kata mereka, unit itu telah mengarungi perjalanan lebih dari 1,1 juta km.

CARA KERJA MOBIL OTONOMOS GOOGLE

Berdasarkan foto di atas, mobil Google mirip dengan Smart ForTwo dengan dua pintu dan dua tempat duduk. Tidak ada kemudi atau pedal gas dan rem. Saat berjalan, mobil diarahkan oleh sensor laser dan radar di data kamera. Kendaraan tersebut juga bisa dikendalikan dengan menggunakan smartphone atau tablet melalui sebuah aplikasi khusus. Tentunya teknologi canggih itu bergantung pada peta jalan Google atau Google Maps.

Sudah dilengkapi program data peta jalan khusus dengan GPS, ia akan bisa menerima alamat yang diberikan oleh si penumpang, lalu mengantarkannya sampai tujuan dengan aman.

DESAIN EKSTERIOR

Dari segi eksterior, Otonomos Google tidak dilengkapi kap seperti mobil tradisional. Roda mobil terletak berdekatan di ujung belakang dan depan, sedangkan bagian front-end mobil didesain aman bagi pejalan kaki, karena memiliki material yang terbuat dari bahan yang mirip busa. Desain front-end tersebut juga membuat kaca depan mobil lebih fleksibel, sehingga membantu mengurangi potensi kecelakaan. Dengan tenaga listrik yang dibawanya, ia hanya dapat melaju maksimal 40 kilometer/jam sebagai pertimbangan keselamatan penumpang.

SUPPORT

Banyak yang mendukung rencana ini agar bisa menurunkan angka kemacetan, polusi, serta potensi kecelakaan. Namun, Sven Beker, selaku direktur eksekutif dari pusat riset Otomotif Stanford memperingatkan, mobil tanpa sopir itu masih memerlukan campur tangan manusia dalam hal darurat dan kondisi ekstrem. Misalnya, saat komputer tidak berfungsi.

Estimasi harga pasaran per unit ’’cuma’’ Rp 81 juta–Rp 116 juta pada 2025. Mengapa murah? Sebab, pada masa itu teknologi tersebut bukan lagi barang istimewa yang harus dihargai tinggi. Ini berdasarkan analisis yang dibeberkan IHS Automotive, yang mengatakan lebih dari dua dekade sejak sekarang kendaraan otonomos akan mendominasi pasar saat unit baru pada 2035 bisa mencapai 11,8 juta unit. Kemudian, pada 2050, semua kendaraan adalah otonomos.

Tidak sabar ya untuk melihat mobil ini hadir di pasar Indonesia? Semoga saja benar Otonomos dari Google tersebut bisa menjadikan perubahan yang positif untuk dunia, terutama Indonesia yang memiliki angka kecelakaan dan kemacetan yang tinggi.

Mobil Otonomos Google
Mobil Otonomos Google

Untuk Anda yang sedang mencari spare part mobil atau aksesoris mobil, dapat membelinya di http://www.pricearea.com/harga/mobil/onderdil-mobil dan http://www.pricearea.com/harga/mobil/aksesoris-mobil. berbagai pilihan kendaraan beroda empat juga banyak tersedia di Pricearea, tepatnya di link http://www.pricearea.com/harga/mobil.

Comments

comments