Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2017 ini tentu saja menjadi momen yang penuh kekompakan, dimana hari perayaan nasional yang serempak dirayakan oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk memperingati hari batik sebagai Warisan Kemanusiaan Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia salah satu Negara yang memiliki budaya Batik terbaik hingga terkenal diseluruh manca negara.

Bahkan kepopuleran baju batik melekat hingga ke tanah Afrika dimana pemimpin Nelson Mandela salah satu tokoh paling mencintai batik Indonesia. Seperti yang kita tahu di Indonesia sendiri memakai baju batik saat hari jum’at dan sabtu sudah menjadi tradisi yang kental, bahkan saat pesta dan perayaan hari besar lainnya, batik senantiasa hadir. Buat kamu pecinta batik rasanya kurang lengkap jika hanya mengenakan saja, untuk itu mari kenali beberapa koleksi batik diseluruh nusantara.

1. Batik Aceh
Karakteristik atau ciri khas yang terdapat pada batik Aceh adalah penggunaannya yang senantiasa memadukan antara unsur alam dengan budaya milik daerah Aceh tersebut. Untuk urusan warna, batik aceh lebih cenderung mememiliki warna yang cerah.

Dari keberaniaan mengolah warna tersebutlah yang membuat batik terdapat kesan glamor serta khas. Selai itu Aceh termasuk daerah yang di dalamnya terdapat pengaruh ajaran Islam yang sangat kental. Maka dari itu sangat jarang jika kita menjumpai masyarakat Aceh yang menggunakan motif hewan, karena hal tersebut adalah larangan yang ada pada agama Islam.

2. Batik Bali
Ciri khas batik ini terletak pada motif nya yang mencampurkan antara motif tradisional dan theme masa kini. Selain itu kain batik Bali memiliki cir khas simbol-simbol daerah seperti naga, burung, bangau,kura-kura dan hewan lainnya. Batik Bali sendiri terinspirasi oleh segala hal yang terdapat dari Bali.

3. Batik Banyuwangi
Motif batik Banyuwangi termasuk sebuah perwujudan terkait bermacam-macam hal-hal yang berhubungan dengan karakteristik khas daerah Banyuwangi. Batik Banyuwangi mempunyai nilai keindahan yang begitu mempesona. Semua nama batik original yang ada di Banyuwangi ini faktanya sebagian besar dipengaruhi oleh suasana alam.

 

Diantara desain kain batik Banyuwangi cuma mengutamakan nilai keindahan dan juga menggambarkan jati diri mengenai masyarakat Banyuwangi sendiri.

4. Batik Brebes
Brebes termasuk wilayah yang populer akan telor asin serta bawang merahnya. Disamping itu dapat kita temukan pada daerah ini motif batik original yang tidak jauh lebih indah dan menarik jika dibandingkan batik pada daerah yang lain. Batik Brebes lebih kita kenal dengan nama batik salem atau orang sana bilang batik brebesan.

Sebagian besar yang mempengaruhi karakteristik unik dari batik Brebes diantaranya ialah batik Pekalongan, Yogyakarta, Tegal, Solo, serta Banyumas. Terkait masalah pewarnaan sendiri, batik salem lebih cenderung menggunakan warna cokelat, hitam, dan putih disertai motif kopi pecah, ukel dan manggar.

4. Batik Betawi
Ciri khas batik Betawi diantaranya ialah sifat khas yang ada di warnanya yang terlihat ramai dan sesuai dengan selera masyarakat Betawi. Motif batik Betawi tidak terlepas oleh budaya yang tumbuh di sana.

Disamping itu, motif batik Betawi juga terkena pengaruh dari Budaya budaya bangsa asing misalnya saja Arab, China, Belanda serta India.

Terkait pewarnaan, batik Betawi lebih cenderung menggunakan jenis warna yang cerah misalnya saja biru terang, pink, hijau, serta orange. Batik Betawi amat jarang memakai warna yang gelap sebab mereka menganggap sendiri kalau warna merupakan ekspresi dari kesedihan.

5. Batik Solo
Ciri khas batik Solo terletak pada perpaduan warna yang sebagian besar memilih warna sogan. Warna sogan sendiri adalah perpaduan antara warna coklat muda, coklat tua, coklat kekuningan, coklat kehitaman, serta coklat kemerahan.

Batik Solo sangat populer akan corak pola tradisionalnya entah itu batik cap maupun batik tulis, yang masyarakat kenali dengan pola sidomukti dan sidoluruh.

Baca Lainnya:

Itu dia beberapa Kain Batik yang terkenal diseluruh Nusantara, aneka batik tersebut sering dijadikan bermacam fashion mulai dari, Kemeja batik, Busana batik, Tas batik, dan berbagai fashion batik lainnya yang unik. Nah, buat kamu yang ingin mengkoleksi beragam fashion batik silahkan kunjungi PriceArea.com tersedia bermacam produk batik sesuai kebutuhanmu tentunya dengan harga yang relevan dan lengkap dari berbagai toko online di Indonesia.

Summary
Selamat Hari Batik Nasional! Saatnya Koleksi Batik Dari Nusantara
Article Name
Selamat Hari Batik Nasional! Saatnya Koleksi Batik Dari Nusantara
Description
Bahkan kepopuleran baju batik melekat hingga ke tanah Afrika dimana pemimpin Nelson Mandela salah satu tokoh paling mencintai batik Indonesia. Seperti yang kita tahu di Indonesia sendiri memakai baju batik saat hari jum'at dan sabtu sudah menjadi tradisi yang kental, bahkan saat pesta dan perayaan hari besar lainnya, batik senantiasa hadir. Buat kamu pecinta batik rasanya kurang lengkap jika hanya mengenakan saja, untuk itu mari kenali beberapa koleksi batik diseluruh nusantara.
Author

Comments

comments