Sebagai salah satu brand smartphone raksasa, Samsung seolah tak pernah kehabisan ide untuk meluncurkan produk smartphone-nya setiap tahun. Tidak terhitung berapa seri yang sudah dibuat Samsung sejak ponsel pintar berbasis Android mereka yang pertama. Di awal tahun 2015 lalu, Samsung kembali meluncurkan seri smartphone terbarunya Samsung Galaxy J1. Ponsel ini merupakan ponsel untuk kelas menengah ke bawah dari Samsung dengan harga sekitar Rp. 1,5 jutaan. Tapi, walaupun harga hp Samsung terbaru tersebut relatif murah, bukan berarti spesifikasi yang ditawarkan ‘seadanya’. Justru Samsung Galaxy J1 ini hadir dengan spek yang lumayan untuk harga entry level dengan brand sekelas Samsung. Ingin lebih tahu spesifikasi lengkapnya? Simak ulasannya berikut.

Samsung Galaxy J1, Budget Phone Jempolan

Samsung Galaxy J1
Desain
Desain ponsel Samsung Galaxy J1 hampir mirip dengan semua seri Galaxy yang lain. Ada frame alumunium yang membentuk seperti border di ujung semua sisinya. Ponsel ini termasuk pas di genggaman dengan dimensi panjang 12,9 cm x lebar 6,82 cm x tebal 0,89 cm. Sementara berat bodinya sekitar 122 g. warna putih nampaknya akan menjadi warna dasar untuk ponsel ini seperti seri smartphone Samsung lainnya.

Layar
Samsung Galaxy J1 menggunakan layar ukuran 4,3 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel. Itu artinya, kerapatan layar di ponsel ini berada di angka 217 ppi. Tipe layarnya menggunakan TFT capacitive toucscreen dengan 16 juta warna. Jika dilihat dari kualitas layarnya memang tidak terlalu spesial. Tapi, dengan teknologi dari Samsung, kualitas tampilan baik ketajaman warna dan kerapatan piksel akan lebih baik.

Dapur Pacu
Untuk urusan dapur pacu, Samsung menggunakan chipset Speadtrum di seri Galaxy J1 ini. Dengan prosesor dual core 1.2 GHz Cortex-A7, smartphone Samsung Galaxy J1 ini akan memiliki kemampuan yang lumayan cepat. Ditambah lagi GPU Mali-400 yang akan mendukung kualitas grafis dari ponsel saat anda bermain game atau memutar video. Ponsel tebaru dari Samsung ini pun sudah menggunakan OS Android yang cukup up to date, yaitu v4.4.4 KitKat. Dengan dapur pacu seperti itu, Samsung Galaxy J1 mempunyai kemampuan yang cukup memadai untuk menjalankan aplikasi dan game yang menengah dan tidak terlalu besar.

Memori
Penyimpanan adalah elemen penting dalam sebuah smartphone. Seri ponsel murah dari Samsung ini memiliki kapasitas penyimpanan internal atau ROM sebesar 4 GB. Cukup kecil memang, tapi anda bisa menambahnya dengan adanya slot microSD untuk eksternal memori sehingga anda bisa menambah kapasitas penyimpanannya hingga 128 GB. Sayangnya, Samsung Galaxy J1 masih menggunakan RAM 512 MB yang terbilang kecil untuk ponsel sekelas Samsung.

Kamera
Tidak ada yang sangat spesial di kamera Samsung Galaxy J1 ini. Mungkin karena Samsung meletakan ponsel pintarnya ini di kelas menengan ke bawah. Pun begitu, Samsung Galaxy J1 masih memiliki kamera utama 5 MP dengan resolusi 2592 x 1944 piksel yang dilengkapi dengan autofocus dan LED Flash serta fitur-fitur seperti Geo-tagging, touch focus dan face detection.

Baca Juga: Lenovo A7000, Ponsel Hebat Harga Merakyat

Konektivitas
Di tengah maraknya promosi jaringan 4G LTE di Indonesia, ternyata pihak Samsung belum berani menggunakannya di Samsung Galaxy J1 ini. Ya, ponsel dual SIM ini masih bermain di jaringan 2G GPRS dan 3G HSDPA. Selain itu, terdapat pula WLAN yang bisa digunakan untuk mengakses internet Wi-Fi maupun bisa digunakan sebagai Wi-Fi hotspot. Untuk koneksi transfer data, beberapa fitur pelengkap smartphone ditambahkan, seperti Bluetooth, GPS dan Micro USB v2.0

Comments

comments