Sabun cuci tangan adalah sesuatu yang sengat direkomendasikan oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO dalam upaya pencegahan virus corona. Meskipun virus corona cukup berbahaya dan penularannya terbilang cukup cepat, namun ternyata selama sebelum masuk kedalam tubuh virus ini bisa dibunuh dengan mudah menggunakan sabun.

Mengapa mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan sangat disarankan? Hal ini karena kita tahu bahwa penyebaran virus corona adalah melalui droplets dari seorang postiv corona. Dan bisa jadi droplets tersebut telah menempel di banyak tempat, dan kemungkinan tangan kita menyentuh benda-benda tersebut sangatlah besar.

Setelah tangan menyentuh droplets memang tidak serta merta membuat kita terjangkit Covid 19, akan tetapi jika tangan tersebut menyentuh 3 pintu masuk corona dalam tubuh, yakni mulut, hidung dan mata, maka kemungkinan besar kita juga akan tertular virus tersebut. Karena itulah penting untuk selalu  menjaga kebersihan tangan.

Setelah Anda memegang barang-barang, terutama dari tempat umum ada baiknya Anda menahan tangan Anda untuk tidak menyentuh mulut, hidung dan mata. Setelah sampai dirumah Anda bisa langsung mencuci tangan dengan menggunakan sabun cuci tangan atau sabun apa saja yang ada di rumah.

Untuk cara mencuci tangan menggunakan sabun untuk membunuh virus sebenarnya juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Setidaknya ada 6 langkah-langkah mencuci tangan yang benar sesuai anjuran organisasi kesehatan dunia, Anda bisa mencarinya secara langsung di internet, disana akan ada banyak poster-poster langkah-langkah mencuci tangan.

Selain memperhatikan langkah-langkah cuci tangan menggunakan sabun cuci tangan, hal lain yang juga harus diperhatikan adalah durasi mencuci tangan. Untuk bisa memastikan kuman-kuman di tangan Anda mati, setidaknya Anda harus mencuci tangan selama 20 detik lamanya, dengan dan membilasnya dengan menggunakan air yang mengalir.

Kemudian untuk masalah sabun sebenarnya tidak harus khusus sabun cuci tangan anti bacterial, karena berdasarkan penuturan beberapa ahli, sabun apapun sudah cukup untuk membunuh virus corona yang menempel ditangan. Anda bahkan juga bisa menggunakan sabun mandi Anda.

Mencuci tangan menggunakan sabun memang bukan suatu hal yang merepotkan ketika kita ada di rumah, atau tempat umum yang memang menyediakan tempat untuk mencuci tangan, dan juga menyediakan sabun cuci tangan. Akan tetapi jika sedang berada di tempat umum yang tidak memfasiltasi kegiatan mencuci tangan hal tersebut jelas membuat kita tidak memungkinkan untuk cuci tangan.

Jika Anda sedang dalam keadaan genting dan tidak memungkinkan seperti yang kami jelaskan diatas maka antiseptik atau handsanitizer adalah solusi paling tepat yang bisa Anda pilih. Antiseptik yang satu ini tidak memerlukan bilasan, dengan kandungan alkohol dan beberapa zat lainnya tentu ia sudah bisa diandalakan untuk membunuh semua kuman dan virus corona yang ada di tangan.

Handsanitizer juga memiliki berbagai macam ukuran, mulai dari yang besar hingga yang berukuran 60ml sangat kecil dan praktis untuk bisa dibawa kemana-mana. Karenanya menggunakan antispetik ditempat umum memang lebih nyaman ketimbang harus mencari-cari tempat untuk melakukan cuci tangan.

Baca Juga >> Mengenal Ventilator dan Tes Swab Untuk Pasien Corona

Dikarenakan kewaspadaan masyarakat atas penyebaran virus corona pada awal Maret lalu stock handsanitizer sempat kosong dimana-diamana. Banyak orang parno dan belum teredukasi sepenuhnya sehingga memborong handsanitizer di berbagai toko, padahal jika Anda tidak bisa menemukan handsanitizer Anda masih bisa menggunakan sabun cuci tangan untuk langkah antisipasi pencegahan Covid 19.

Comments

comments